Comscore Tracker

6 Bek Berharga Mahal yang Pernah Dibeli Real Madrid

Tiga pemain dibeli dari FC Porto!

Bek memiliki peranan penting dalam menjaga pertahanan dari gempuran lawan. Para bek harus siap menghalau bola agar gawang tidak kebobolan. Selain itu, bek juga harus bisa menguasai bola dengan baik serta memiliki umpan-umpan lambung yang akurat. Bek juga harus memiliki kemampuan menyundul bola yang baik. Hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk menghalau bola udara yang tidak bisa dijangkau dengan kaki. Selain itu, kemampuan menyundul bola juga bisa dimanfaatkan untuk mencetak gol dalam situasi bola mati.

Ketika klub sepak bola memiliki bek yang handal maka kemungkinan untuk kalah akan semakin kecil. Sebaliknya, kemungkinan untuk menang akan lebih besar karena para penyerang bisa lebih fokus untuk menjalankan tugasnya. Karena itulah, bek terbaik sering menjadi rebutan klub-klub top Eropa.

Real Madrid merupakan salah satu klub sepak bola yang memiliki bek handal. Salah satunya Sergio Ramos yang baru saya menghabiskan kontraknya bersama Real Madrid. Ramos sudah 16 musim bersama Real Madrid. Melihat sejarah, Real Madrid pernah beberapa kali membeli bek dengan harga yang mahal. Lantas, siapa saja mereka? Check this out!

1. Eder Militao - 50 juta euro

6 Bek Berharga Mahal yang Pernah Dibeli Real MadridEder Militao (marca.com)

Eder Militao merupakan bek tengah yang direkrut Real Madrid dari FC Porto pada bulan Juli 2019. Kala itu, Militao dibeli dengan harga 50 juta euro atau sekitar Rp854 miliar. Ia didatangkan untuk peremajaan skuat Real Madrid. Hingga saat ini, Militao telah tampil sebanyak 41 kali bersama Real Madrid dengan torehan 2 gol dan 1 assist di semua kompetisi.

Saat ini usia Eder Militao masih terbilang sangat muda, yakni 23 tahun. Ia dipercaya bakal menjadi bek andalan Real Madrid di masa depan. Musim 2020/2021 kemarin, bek asal Brasil tersebut tampil sangat luar biasa. Ia sukses menggantikan peran Sergio Ramos yang dilanda cedera. Real Madrid sepertinya tak perlu khawatir lagi setelah ditinggal Sergio Ramos. Sebab, mereka punya sosok bek tangguh dan cepat pada diri Eder Militao.

2. Ferland Mendy - 48 juta euro

6 Bek Berharga Mahal yang Pernah Dibeli Real MadridFerland Mendy (bleacherreport.com)

Pada bulan Juli 2019 lalu, Real Madrid mendatangkan bek kiri asal Prancis, Ferland Mendy. Real Madrid membeli Ferland Mendy dari Olympique Lyon dengan harga 48 juta euro atau sekitar Rp820 miliar. Mendy diplot sebagai pesaing Marcelo di sisi kiri pertahanan Real Madrid. Mendy pun tampil cemerlang bersama Real Madrid, bahkan mampu menggeser posisi Marcelo. Hingga saat ini, Mendy telah tampil sebanyak 70 kali bersama Real Madrid dengan torehan 3 gol dan 4 assist.

Musim 2021/2022 yang akan datang, Ferland Mendy harus berjuang keras untuk menjadi bek kiri utama Real Madrid karena klub berjuluk Los Blancos tersebut baru saja mendatangkan David Alaba. Sebagaimana kita ketahui, Alaba adalah pemain serba bisa. Alaba bisa berperan sebagai bek tengah maupun bek kiri sama baiknya. Apalagi Marcelo juga memutuskan untuk bertahan di Real Madrid. Persaingan di posisi bek kiri akan semakin ketat.

3. Danilo - 31,5 juta euro

6 Bek Berharga Mahal yang Pernah Dibeli Real MadridDanilo (skysports.com)

Danilo datang ke Real Madrid pada bulan Juli 2015. Real Madrid membeli pemain asal Brasil ini dari FC Porto dengan harga 31,5 juta euro atau sekitar Rp538 miliar. Danilo dibeli Real Madrid untuk menjadi pesaing Dani Carvajal di posisi bek kanan. Sayangnya, penampilan Danilo sangat jauh dari ekspektasi Real Madrid. Ia juga kalah bersaing dengan Dani Carvajal. Selama bermain untuk Real Madrid, Danilo mencatatkan 56 penampilan dengan torehan 3 gol dan 9 assist di semua kompetisi.

Pada bulan Juli 2017, Danilo dijual ke Manchester City dengan biaya transfer sebesar 30 juta euro atau sekitar Rp512 miliar. Bersama Manchester City, Danilo membuat 60 penampilan dengan torehan 4 gol dan 3 assist. Kemudian pada bulan Agustus 2019, Danilo memutuskan untuk menerima pinangan Juventus. Kepindahan Danilo ke Juventus memakan biaya sebesar 37 juta euro atau sekitar Rp632 miliar. Saat ini, Danilo masih aktif sebagai pemain Juventus. Kontraknya akan berakhir pada bulan Juni 2024.

Baca Juga: Pakai Nomor Punggung Ramos di Real Madrid, Alaba: Saya Termotivasi

4. Alvaro Odriozola - 30 juta euro

6 Bek Berharga Mahal yang Pernah Dibeli Real MadridAlvaro Odriozola (spainsnews.com)

Real Madrid membeli Alvaro Odriozola dari Real Sociedad pada bulan Juli 2018. Ketika itu ia masih berusia 22 tahun. Real Madrid membeli Odriozola dengan harga 30 juta euro atau sekitar Rp512 miliar. Real Madrid membeli Odriozola karena tertarik dengan performanya saat membela Real Sociedad. Sayangnya, Odriozola tidak mampu menunjukkan performa terbaiknya ketika membela Real Madrid.

Hingga kini, Alvaro Odriozola tampil sebanyak 43 kali bersama Real Madrid dengan torehan 3 gol dan 10 assist di semua kompetisi. Bisa dibilang, performa Odriozola sangat jauh dari ekspektasi Real Madrid. Real Madrid sempat meminjamkan Odriozola ke Bayern Munchen pada bulan Januari 2020.

Setelah kembali ke Real Madrid, Alvaro Odriozola tetap gagal menjadi penerus maupun pelapis Dani Carvajal di posisi bek kanan. Bahkan, ketika Carvajal cedera, justru Lucas Vazquez yang menggantikannya, padahal posisi Vazquez adalah seorang penyerang sayap. Meskipun begitu, Real Madrid tidak ada rencana untuk menjual Odriozola. Real Madrid akan mempertahankannya untuk mengisi posisi bek kanan bersama Dani Carvajal dan juga Lucas Vazquez di musim 2021/2022 mendatang.

5. Fabio Coentrao - 30 juta euro

6 Bek Berharga Mahal yang Pernah Dibeli Real MadridFabio Coentrao (bleacherreport.com)

Performa Fabio Coentrao yang cemerlang bersama Benfica membuat Real Madrid mendatangkannya pada bulan Agustus 2015. Pemain asal Portugal ini dibeli dengan harga 30 juta euro atau sekitar Rp512 miliar. Sayangnya, pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini sering mengalami cedera sehingga tidak bisa tampil maksimal bersama klub berjuluk Los Blancos tersebut.

Real Madrid sempat meminjamkan Fabio Coentrao ke AS Monaco dan Sporting Lisbon. Hingga pada akhirnya Coentrao pindah ke Rio Ave dengan status bebas transfer. Selama berkarier bersama Real Madrid, Coentrao tampil sebanyak 106 kali dengan torehan 1 gol dan 11 assist di semua kompetisi. Saat ini, Coentrao sedang tanpa klub karena kontraknya bersama Rio Ave berakhir pada bulan Juni 2021 kemarin.

6. Pepe - 30 juta euro

6 Bek Berharga Mahal yang Pernah Dibeli Real MadridPepe (sempreinter.com)

Selanjutnya ada Pepe yang dibeli Real Madrid dari FC Porto pada bulan Juli 2007. Pemain berkewarganegaraan Portugal ini dibeli Real Madrid dengan harga 30 juta euro atau sekitar Rp512 miliar. Pepe menjadi bek tengah andalan Real Madrid kala itu. Ia mampu membuktikan bahwa dirinya adalah salah satu bek terbaik dunia. Ia terkenal sebagai bek yang beringas bahkan kerap meluapkan emosinya dengan adu fisik.

Selama sepuluh musim bersama Real Madrid, Pepe mencatatkan 334 pertandingan dengan torehan 15 gol dan 20 assist di semua kompetisi. Pada bulan Juli 2017, Pepe memutuskan untuk pindah ke Liga Turki bersama Besiktas dengan biaya bebas transfer. Pepe sempat berstatus tanpa klub hingga akhirnya bergabung ke klub lamanya FC Porto pada bulan Januari 2018. Saat ini, Pepe masih aktif sebagai pemain FC Porto. Kontraknya akan berakhir pada bulan Juni 2023.

Mereka merupakan para bek yang beli Real Madrid dengan harga yang mahal. Meskipun dibeli dengan harga mahal, ternyata banyak dari mereka yang tidak bisa menunjukkan performa terbaiknya. Setelah kepergian Sergio Ramos, Real Madrid memang baru saja mendapatkan bek baru, yakni David Alaba. Akan tetapi, Real Madrid kemungkinan besar juga akan ditinggal Raphael Varane. Apakah Real Madrid akan bergerak mencari bek baru lagi? 

Baca Juga: 5 Rekrutan Terburuk Real Madrid Satu Dekade Terakhir, Gagal Bersinar!

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya