Comscore Tracker

6 Bek Hebat yang Pernah Dijual Valencia ke Klub Besar Eropa

Semuanya tampil hebat bersama Valencia

Salah satu posisi yang penting namun sering tak diperhatikan oleh para pecinta sepak bola adalah posisi bek. Apabila sebuah klub memiliki bek yang hebat, maka peluang untuk menang atau juara akan terbuka lebar.

Karena dalam sepak bola, mencetak satu gol tanpa kebobolan itu sudah berarti menang. Di era sepak bola modern ini kebutuhan bek benar-benar penting. Banyak transfer bernilai besar yang melibatkan pemain dengan posisi bek.

Salah satu klub sepak bola yang memiliki banyak bek hebat adalah Valencia. Klub asal Spanyol ini juga berhasil menjual mahal beberapa beknya ke klub-klub besar Eropa. Lantas, siapa saja mereka? Check this out!

1. Nicolas Otamendi 

6 Bek Hebat yang Pernah Dijual Valencia ke Klub Besar EropaNicolas Otamendi (skysports.com)

Nicolas Otamendi merupakan salah satu bek hebat yang pernah dijual Valencia. Pemain asal Argentina ini dikenal sebagai bek tengah yang sangat tangguh dalam bertahan dan juga memiliki kemampuan passing yang luar biasa.

Selain itu, ia juga memiliki fisik yang kuat dan suka melakukan aksi tekel. Pemain kelahiran Buenos Aires ini bergabung dengan Valencia pada musim panas 2014.

Otamendi tampil sangat bagus bersama Valencia. Ia pun dilirik oleh Manchester City. Akhirnya, Valencia menjual Nicolas Otamendi ke Manchester City pada musim panas 2015 dengan harga sebesar 44,5 juta euro atau saat ini sekitar Rp726 miliar.

2. Shkodran Mustafi 

6 Bek Hebat yang Pernah Dijual Valencia ke Klub Besar EropaShkodran Mustafi (skysports.com)

Shkodran Mustafi merupakan pemain Jerman berdarah Albania. Ia merupakan sosok bek yang cukup agresif. Mustafi merupakan tipe pekerja keras yang tak malas untuk mengejar bola.

Selain itu, ia juga cukup taktis serta mampu membaca permainan. Hebatnya, Mustafi merupakan bagian dari skuat Jerman ketika menjuarai Piala Dunia 2014.

Shkodran Mustafi bergabung ke Valencia pada musim panas 2014. Kala itu, ia dibeli dari klub Italia, Sampdoria. Karena tampil bagus bersama Valencia, Mustafi menjadi incaran klub-klub besar Eropa, salah satunya Arsenal.

Pada musim panas 2016, Valencia menerima tawaran Arsenal yang ingin membeli Shkodran Mustafi. Pihak Arsenal akhirnya bisa memboyong Mustafi ke Liga Inggris dengan mahar sebesar 41 juta euro atau saat ini sekitar Rp668 miliar.

3. Joao Cancelo

6 Bek Hebat yang Pernah Dijual Valencia ke Klub Besar EropaJoao Cancelo (fedenerazzurra.net0

Joao Cancelo merupakan pemain Portugal yang berperan sebagai bek kanan. Cancelo merupakan bek yang sangat sempurna. Ia bisa bertahan dengan baik dan juga mampu membuat skema serangan. Terlebih, Cancelo bisa bermain sisi kanan maupun sisi kiri dengan sama baiknya.

Joao Cancelo bergabung dengan Valencia pada musim panas 2014 sebagai pemain pinjaman dari Benfica. Karena dirasa cocok dengan kualitas Cancelo, Valencia kemudian mempermanenkan status Cancelo di musim berikutnya.

Joao Cancelo sempat dipinjamkan ke Inter Milan pada musim panas 2017. Pemain Portugal tersebut akhirnya dijual Valencia ke Juventus pada musim panas 2018. Harga transfernya cukup mahal, yakni sebesar 40,4 juta euro atau saat ini sekitar Rp659 miliar.

Baca Juga: 5 Pemain Valencia yang Dibeli Barcelona dengan Harga Mahal

4. Jeremy Mathieu

6 Bek Hebat yang Pernah Dijual Valencia ke Klub Besar EropaJeremy Mathieu (skysports.com)

Jeremy Mathieu merupakan bek tengah asal Prancis. Bek jangkung ini sangat piawai dalam mengamankan daerah pertahanan. Ia bisa beroperasi di segala posisi di lini pertahanan. Posisi aslinya adalah bek kiri, namun ia kemudian memantapkan diri untuk menjadi bek tengah.

Jeremy Mathieu mulai dikenal publik Eropa ketika ia diboyong Valencia pada musim panas 2009 dari klub asal Prancis, Toulouse dengan status bebas transfer. Pada musim panas 2014, Valencia setuju untuk menjual Mathieu ke Barcelona seharga 20 juta euro atau saat ini sekitar Rp326 miliar.

Barcelona sendiri merekrut Jeremy Mathieu untuk menggantikan posisi Carles Puyol yang pensiun. Sayangnya, Mathieu malah tampil buruk bersama Barcelona. Bahkan, ia sering mencetak gol bunuh diri.

5. Raul Albiol

6 Bek Hebat yang Pernah Dijual Valencia ke Klub Besar EropaRaul Albiol (skysports.com)

Raul Albiol merupakan pemain Spanyol yang berposisi sebagai bek tengah. Ia merupakan salah satu bek terbaik Eropa meskipun banyak orang yang meremehkannya. Albiol memiliki pergerakan yang sangat cepat dan piawai dalam duel udara. Selain itu, ia juga bisa membaca permainan dengan baik.

Raul Albiol merupakan jebolan akademi Valencia. Ia berhasil promosi ke tim utama pada musim panas 2004. Namun, Valencia tidak langsung memainkannya ke tim utama melainkan meminjamkan Albiol ke Getafe terlebih dahulu.

Setelah pulang dari masa peminjaman, Raul Albiol berkembang menjadi bek yang hebat. Ia pun diminati oleh Real Madrid. Pada musim panas 2009, Valencia setuju menjual Albiol ke Real Madrid dengan harga sebesar 15 juta euro atau saat ini sekitar Rp244 miliar.

6. Jordi Alba

6 Bek Hebat yang Pernah Dijual Valencia ke Klub Besar EropaJordi Alba (skysports.com)

Jordi Alba merupakan bek kiri asal Spanyol. Posisi awal Jordi Alba sebenarnya adalah penyerang sayap. Namun, kemudian Alba berganti posisi menjadi bek kiri. Ia pun sukses menjadi bek kiri yang sangat spektakuler.

Selain memiliki kecepatan, Alba juga rajin mencetak gol. Jordi Alba memulai karier sepak bolanya dengan menimba ilmu di akademi Barcelona, Cornella, dan Valencia. Pada musim panas 2008, Jordi Alba berhasil promosi ke tim utama Valencia.

Sekitar satu bulan kemudian, Alba dipinjamkan ke Gimnastic de Tarragona. Pada musim panas 2009, Alba pulang ke Valencia dari masa peminjaman. Jordi Alba kemudian menjalani musim yang bagus bersama Valencia.

Ia mulai dipanggil timnas Spanyol dan juga diincar oleh klub-klub besar Eropa, termasuk Barcelona. Pada musim panas 2012, Alba resmi dijual Valencia ke Barcelona dengan harga sebesar 14 juta euro atau saat ini sekitar Rp228 miliar.

 

Itulah deretan bek hebat yang pernah dijual Valencia. Mereka semua memiliki masa-masa yang indah bersama Valencia.

Baca Juga: 10 Pemain Top yang Pernah Membela Barcelona dan Valencia

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya