5 Bek yang Dijual Mahal Southampton dengan Harga Mahal, Untung Besar!

Ada tiga bek asal Inggris

Southampton merupakan klub medioker English Premier League (EPL). The Saints belum pernah meraih gelar juara EPL. Mereka bahkan berada di posisi juru kunci di klasemen sementara pada 2022/2023 ini.

Meski belum pernah meraih gelar juara, Southampton boleh berbangga dalam hal penjualan pemain. The Saints kerap menjual pemainnya dengan harga mahal. Padahal, Southampton sebelumnya membeli mereka dengan harga murah.

Ada juga beberapa pemain berposisi bek yang dijual mahal Southampton dengan harga mahal. Itu termasuk Virgil van Dijk yang melejit bersama Liverpool belakangan ini.

1. Virgil van Dijk

5 Bek yang Dijual Mahal Southampton dengan Harga Mahal, Untung Besar!potret Virgil van Dijk (instagram.com/virgilvandijk)

Virgil van Dijk merupakan bek tengah termahal yang pernah dijual Southampton. The Saints menjualnya ke Liverpool pada Januari 2018.

Proses kepindahannya memakan biaya sebesar 84,65 juta euro atau setara dengan Rp1,3 miliar. Southampton sendiri membeli Van Dijk dari Celtic dengan harga sebesar 15,7 juta euro (Rp255 miliar) saja pada September 2015.

Sebagai bek tengah, Virgil van Dijk sangat impresif, kuat, dan cepat. Bahkan, ia bisa mencetak gol.

Selama menjadi penggawa Southampton, bek tengah asal Belanda itu tampil dalam 80 laga dengan koleksi 8 gol di semua kompetisi. Tak heran Liverpool berani membelinya dengan harga mahal.

2. Luke Shaw

5 Bek yang Dijual Mahal Southampton dengan Harga Mahal, Untung Besar!potret Luke Shaw (southamptonfc.com)

Berikutnya, ada sosok Luke Shaw, bek kiri asal Inggris. Pemain berusia 27 tahun itu dijual Southampton pada Juli 2014 seharga 37,5 juta euro (Rp609 miliar). Pembelinya adalah salah satu klub top Inggris, Manchester United.

Shaw merupakan jebolan akademi Southampton. Ia promosi ke tim utama pada November 2012. Selama menjadi penggawa Southampton, Luke Shaw memainkan 67 laga di semua kompetisi dengan mencetak 2 assist.

Baca Juga: Dibeli Murah, 5 Pemain Ini Dijual Mahal Shakhtar Donetsk

3. Dejan Lovren

5 Bek yang Dijual Mahal Southampton dengan Harga Mahal, Untung Besar!potret Dejan Lovren (southamptonfc.com)

Southampton juga mendapatkan untung besar dari penjualan Dejan Lovren. The Saints menjualnya ke Liverpool dengan harga 25,3 juta euro atau setara dengan Rp411 miliar pada Juli 2014.

Southampton hanya mengeluarkan 10 juta euro (Rp162 miliar) untuk memboyong Lovren ke St Mary's Stadium. Bek tengah asal Kroasia itu didatangkan dari Olympique Lyon pada Juli 2013.

Lovren mampu menyumbang 1 gol dan 1 assist dalam 31 penampilan untuk Southampton. Namun, ia tidak mendapat prestasi apa pun di sana.

4. Calum Chambers

5 Bek yang Dijual Mahal Southampton dengan Harga Mahal, Untung Besar!potret Calum Chambers (southamptonfc.com)

Calum Chambers merupakan bek tengah asal Inggris. Ia jebolan akademi Southampton. Chambers promosi ke tim utama pada Juli 2013.

Sang pemain termasuk bek yang dijual mahal Southampton. The Saints menjualnya ke Arsenal seharga 20,23 juta euro atau setara dengan Rp329 miliar pada Juli 2014.

Calum Chambers hanya semusim menjadi penggawa Southampton. Ia mencetak 1 assist dari 25 penampilan bersama The Saints.

5. Nathaniel Clyne

5 Bek yang Dijual Mahal Southampton dengan Harga Mahal, Untung Besar!potret Nathaniel Clyne (southamptonfc.com)

Di urutan terakhir, ada nama Nathaniel Clyne, bek kanan asal Inggris. Pemain berusia 31 tahun itu hengkang dari Southampton ke Liverpool pada Juli 2015.

The Reds menebusnya dengan harga 17,7 juta euro atau setara dengan Rp287 miliar. Southampton sendiri mendapatkan Clyne dari Crystal Palace dengan harga 3,2 juta euro (Rp52 miliar) saja.

Selama 2 musim bersama Southampton, Nathaniel Clyne tampil dalam 104 pertandingan. Ia menorehkan 5 gol dan 8 assist.

Southampton benar-benar mendapatkan untung besar dalam hal penjualan pemain. Bek-bek di atas menjadi sumber uang mereka.

Baca Juga: 5 Rekor Pembelian Bek Tengah Termahal Chelsea, Performa Sesuai Harga?

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya