Comscore Tracker

5 Bek yang Pernah Direkrut Manchester United dari Klub Eredivisie

Termasuk dua bek yang baru bergabung pada musim panas ini

Manchester United merupakan salah satu klub besar di Inggris. Banyak gelar yang sudah diraih oleh Manchester United, baik di kancah domestik maupun Eropa. Tercatat, The Red Devils mampu meraih 20 gelar juara Liga Inggris, 2 gelar juara Liga Champions Eropa, dan beberapa gelar bergengsi lainnya.

Untuk menjaga eksistensinya, Manchester United selalu mengincar para pemain dengan kualitas terbaik. The Red Devils berburu pemain ke berbagai klub di seluruh penjuru dunia, termasuk klub Eredivisie. Beberapa pemain yang direkrut Manchester United dari klub Eredivisie berperan sebagai bek, termasuk dua bek yang baru saja didatangkan pada musim panas 2022 ini.

1. Jaap Stam

5 Bek yang Pernah Direkrut Manchester United dari Klub Eredivisiepotret Jaap Stam (manutd.com)

Pada Juli 1998, Manchester United merekrut Jaap Stam dari Ajax Amsterdam dengan harga transfer sebesar 17 juta euro atau saat ini sekitar Rp251 miliar. Berperan sebagai bek tengah, Stam mampu meraih kejayaan bersama Manchester United.

Selama membela The Red Devils, Stam mampu memenangkan 3 gelar juara Liga Inggris, 1 gelar juara Piala FA, 1 gelar juara Liga Champions Eropa, dan 1 gelar juara Piala Interkontinental. Stam mencatatkan 127 penampilan bersama Manchester United dengan torehan 1 gol dan 3 assist di semua kompetisi. Pada Oktober 2007, Stam memutuskan gantung sepatu. Ajax Amsterdam menjadi klub terakhir dalam kariernya.

2. Alexander Buttner

5 Bek yang Pernah Direkrut Manchester United dari Klub Eredivisiepotret Alexander Buttner (skysports.com)

Berikutnya ada nama Alexander Buttner yang berperan sebagai bek kiri. Ia direkrut Manchester United dari Vitesse Arnhem pada Agustus 2012. Transfer tersebut senilai 5 juta euro atau saat ini sekitar Rp73 miliar.

Buttner didatangkan Manchester United untuk menjadi suksesor dari Patrice Evra. Sayangnya, ia tampil tak mentereng dan sering duduk di bangku cadangan. Pada Juli 2014, Manchester United menjual Buttner ke Dinamo Moscow seharga 5,5 juta euro atau saat ini sekitar Rp81 miliar.

Buttner hanya mencatatkan 28 penampilan bersama Manchester United dengan koleksi 2 gol dan 3 assist di semua kompetisi. Kini, Buttner bermain untuk De Graafschap, klub Eerste Divisie atau kasta kedua Liga Belanda.

Baca Juga: 6 Gelandang Manchester United pada 2022/2023, Ada Tenaga Baru

3. Daley Blind

5 Bek yang Pernah Direkrut Manchester United dari Klub Eredivisiepotret Daley Blind (premierleague.com)

Daley Blind merapat ke Manchester United pada September 2014. Kala itu, ia dibeli dari Ajax Amsterdam seharga 17,5 juta euro atau saat ini sekitar Rp258 miliar. Blind mempunyai tugas utama sebagai bek tengah. Ia juga bisa dipasang sebagai bek kiri maupun gelandang bertahan.

Pada masa kepelatihan Louis van Gaal, Blind menjadi bek andalan Manchester United. Kariernya bersama The Red Devils mulai meredup ketika posisi pelatih diambil alih oleh Jose Mourinho. Bahkan, Blind kerap menjadi penghangat bangku cadangan.

Pada Juli 2018, Blind memutuskan pindah ke klub lamanya Ajax Amsterdam dengan biaya transfer sebesar 16 juta euro atau saat ini sekitar Rp236 miliar. Selama empat musim bersama Manchester United, Blind tampil sebanyak 141 kali dengan raihan 6 gol dan 10 assist semua kompetisi. Bersama Manchester United, Blind meraih 1 gelar juara Piala FA, 1 gelar juara Piala Liga Inggris, dan 1 gelar juara Liga Europa.

4. Tyrell Malacia

5 Bek yang Pernah Direkrut Manchester United dari Klub Eredivisiepotret Tyrell Malacia (manutd.com)

Selanjutnya ada sosok Tyrell Malacia yang baru saja di datangkan pada Juli 2022 ini. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri itu dibeli Manchester United dari Feyenoord Rotterdam seharga 15 juta euro atau sekitar Rp221 miliar

Malacia tampil cukup bagus bersama Manchester United. Untuk sementara, ia berhasil menggeser posisi Luke Shaw di posisi bek kiri Manchester United. Ia tampil menawan baik ketika bertahan maupun menyerang. Malacia sudah memainkan 3 laga bersama Manchester United sejauh ini.

5. Lisandro Martinez

5 Bek yang Pernah Direkrut Manchester United dari Klub Eredivisiepotret Lisandro Martinez (manutd.com)

Lisandro Martinez menjadi bek teranyar yang didatangkan Manchester United. Ia direkrut Manchester United dari Ajax Amsterdam dengan harga yang sangat mahal. Biaya yang dikeluarkan Manchester United untuk mendapatkan Martinez mencapai 57,37 juta euro atau sekitar Rp847 miliar.

Martinez tampil sangat ciamik bersama Manchester United. Dari 3 penampilan bersama Manchester United sejauh ini, Martinez mampu menjadi Man of the Match sebanyak 2 kali. Martinez terlihat agresif, tangguh dalam menjaga pertahanan dan juga sigap ketika melancarkan tekel.

Bek-bek di atas merupakan pemain yang direkrut Manchester United dari klub Eredivisie. Tyrell Malacia dan Lisandro Martinez yang baru saja direkrut sudah mulai menunjukkan secercah harapan untuk kebangkitan Manchester United. Menurutmu, mampukah keduanya membawa Manchester United meraih gelar musim 2022/2023 ini?

Baca Juga: 5 Pemain Termahal Barcelona yang Digaet dari Klub Liga Inggris

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya