6 Eks Arsenal asal Spanyol yang Masih Aktif di Liga Top Eropa

Banyak yang mampu meraih trofi bersama Arsenal

Arsenal adalah salah satu klub terbaik dalam sejarah sepak bola Inggris. The Gunners tercatat telah mengoleksi 13 gelar Liga Inggris, 14 gelar Piala FA, 2 Gelar Piala Liga Inggris, 16 gelar Piala Super Inggris, dan beberapa gelar bergengsi lainnya.

Arsenal pernah mengandalkan para pemain Spanyol untuk memperebutkan berbagai gelar. Namun, pada 2021/2022 ini, tak ada satu pun pemain Spanyol yang menghuni skuad mereka. Meskipun begitu, Arsenal memakai jasa pelatih asal Spanyol, yakni Mikel Arteta.

Banyak pemain Arsenal asal Spanyol yang sudah berganti klub. Kebanyakan dari mereka masih bermain di liga top Eropa.

1. Fran Merida

6 Eks Arsenal asal Spanyol yang Masih Aktif di Liga Top Eropapotret Fran Merida (rcdespanyol.com)

Fran Merida tercatat pernah berkiprah bersama Arsenal. Pemain Spanyol yang beroperasi sebagai gelandang tengah ini merupakan jebolan akademi Arsenal. Ia berhasil promosi ke tim utama pada Juli 2007.

Merida gagal bersinar bersama Arsenal. Pada Januari 2008, ia dipinjamkan ke Real Sociedad selama setengah musim. Pada Juli 2010, Arsenal akhirnya melepas Merida ke Atletico Madrid dengan status bebas transfer.

Berdasarkan data Transfermarkt, Merida mencatatkan 17 penampilan bersama Arsenal dengan torehan 2 gol dam 2 assist di semua kompetisi. Kini, ia berkiprah bersama Espanyol. Kontrak Merida bersama Espanyol akan berakhir pada Juni 2022 nanti.

2. Cesc Fabregas

6 Eks Arsenal asal Spanyol yang Masih Aktif di Liga Top Eropapotret Cesc Fabregas (instagram.com/cescf4bregas)

Cesc Fabregas pernah berlatih bersama tim akademi Barcelona. Pada September 2003, pria Spanyol tersebut pindah ke akademi Arsenal dengan biaya transfer sebesar 3,2 juta euro atau saat ini sekitar Rp48 miliar. Fabregas berhasil promosi ke tim utama pada Juli 2004.

Bersama Arsenal, Fabregas berkembang menjadi gelandang hebat. Ia berhasil menyumbangkan 1 gelar piala FA dan 2 gelar Piala Super Inggris untuk The Gunners. Berdasarkan data Transfermarkt, ia mencatatkan 304 penampilan bersama Arsenal dengan torehan 57 gol dam 95 assist di semua kompetisi.

Pada Agustus 2011, Fabregas resmi meninggalkan Arsenal untuk bergabung ke klub masa mudanya, Barcelona. Transfer tersebut memakan biaya sebesar 34 juta euro atau saat ini sekitar Rp519 miliar. Fabregas kini berstatus sebagai pemain AS Monaco dengan sisa kontrak hingga Juni 2022 nanti.

3. Lucas Perez

6 Eks Arsenal asal Spanyol yang Masih Aktif di Liga Top Eropapotret Lucas Perez (instagram.com/10lp)

Pemain Spanyol berusia 33 tahun ini pernah merumput bersama Arsenal pada Agustus 2016. Kala itu, ia dibeli dari Deportivo La Coruna seharga 20 juta euro atau saat ini sekitar Rp305 miliar. Selama berkiprah di Arsenal, Perez sukses menjuarai Piala FA 2016/2017.

Pada Agustus 2018, Lucas Perez dijual ke West Ham United seharga 4,4 juta euro atau saat ini sekitar Rp67 miliar. Pemain yang berposisi sebagai penyerang tengah itu kini bermain untuk Cadiz. Ia memiliki kontrak bersama Cadiz hingga Juni 2023.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal yang Mendapat Kartu Merah pada 2021/2022

4. Denis Suarez

6 Eks Arsenal asal Spanyol yang Masih Aktif di Liga Top Eropapotret Denis Suarez (instagram.com/denissuarezfernandez)

Denis Suarez berperan sebagai gelandang serang. Pria Spanyol ini pernah bermain untuk Arsenal pada Januari 2019. Ia direkrut dari Barcelona sebagai pemain pinjaman selama setengah musim.

Sayangnya, Denis Suarez hanya jadi pemanis di bangku cadangan Arsenal. Berdasarkan data Transfermarkt, ia tampil sebanyak enam kali saja. Tak ada gol maupun assist yang disumbangkannya.

Pada Juni 2019, Denis Suarez akhirnya pulang ke Barcelona. Ia kini memperkuat Celta Vigo dan masih terikat kontrak hingga Juni 2024.

5. Nacho Monreal

6 Eks Arsenal asal Spanyol yang Masih Aktif di Liga Top Eropapotret Nacho Monreal (marca.com)

Selanjutnya, ada Nacho Monreal, seorang bek kiri. Pemain Spanyol berusia 36 tahun ini pernah bermain untuk Arsenal pada Januari 2013. Kala itu, ia didatangkan dari Malaga seharga 10 juta euro atau saat ini sekitar Rp152 miliar.

Bersama Arsenal, Monreal mampu meraih banyak gelar juara, yakni 3 Piala FA dan 3 Piala Super Inggris. Berdasarkan data Transfermarkt, ia mencatatkan 251 penampilan bersama Arsenal dengan torehan 10 gol dan 20 assist di semua kompetisi.

Pada Agustus 2019, Real Sociedad membelinya dari Arsenal seharga 250 ribu euro atau saat ini sekitar Rp3,8 miliar. Bersama Real Sociedad, Monreal berhasil memenangi Copa del Rey 2019/2020. Kontraknya bersama Real Sociedad akan berakhir Juni 2022 ini.

6. Dani Ceballos

6 Eks Arsenal asal Spanyol yang Masih Aktif di Liga Top Eropapotret Dani Ceballos (instagram.com/danifuli10)

Dani Ceballos bergabung dengan Arsenal pada Juli 2019 sebagai pemain pinjaman dari Real Madrid. Ceballos tampil cukup baik bersama Arsenal. Ia berhasil membawa Arsenal memenangi Piala FA 2019/2020.

Berdasarkan data Transfermarkt, Ceballos mencatatkan 77 penampilan bersama Arsenal dengan koleksi 2 gol serta 5 assist di semua kompetisi. Pada Juni 2021 lalu, Ceballos kembali ke Real Madrid.

Bersama Real Madrid pada 2021/2022 ini, Ceballos berhasil memenangi gelar juara LaLiga Spanyol dan berpeluang menjuarai Liga Champions Eropa. Real Madrid bakal bertemu dengan Liverpool pada babak final. Ceballos sendiri masih terikat kontrak dengan Real Madrid hingga Juni 2023.

Mereka merupakan eks Arsenal asal Spanyol yang masih aktif bermain di liga top Eropa. Beberapa dari mereka terbilang sukses saat bermain bersama Arsenal dengan memenangi trofi bergengsi.

Baca Juga: 5 Pemain Muda Andalan Arsenal Musim 2021/2022, Wonderkid Bertalenta!

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya