6 Eks Manchester City asal Amerika Latin yang Masih Aktif di Eropa

Ada dua pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang

Manchester City telah menjelma menjadi salah satu klub sepak bola terkuat di dunia. Koleksi gelar klub asal Inggris ini makin bertambah tiap tahun. Manchester City kini mengoleksi 7 gelar Liga Inggris, 6 gelar Piala FA, 8 gelar Piala Liga Inggris, 6 gelar Piala Super Inggris, dan 1 gelar Piala Winners.

Dalam berburu gelar, Manchester City kerap mengandalkan para pemain Amerika Latin. Beberapa pemain sudah memutuskan pensiun. Namun, ada juga yang masih aktif bermain di liga top Eropa.

1. Felipe Caicedo

6 Eks Manchester City asal Amerika Latin yang Masih Aktif di Eropapotret Felipe Caicedo (skysports.com)

Felipe Caicedo merupakan penyerang tengah asal Ekuador. Caicedo bergabung ke Manchester City pada Januari 2008. Kala itu, ia direkrut dari FC Basel seharga 7 juta euro atau saat ini sekitar Rp106 miliar.

Berdasarkan data Transfermarkt, Caicedo memainkan 35 pertandingan bersama Manchester City dengan torehan 7 gol di semua kompetisi. Manchester City sempat meminjamkan sang pemain ke beberapa klub, yakni Sporting Lisbon, Malaga, dan Levante.

Pada Juli 2011, Caicedo akhirnya resmi meninggalkan Manchester City setelah Levante membelinya seharga 1 juta euro atau saat ini sekitar Rp15 miliar. Caicedo kini bermain untuk Inter Milan dengan status pemain pinjaman dari Genoa.

2. Willy Caballero

6 Eks Manchester City asal Amerika Latin yang Masih Aktif di Eropapotret Willy Caballero (skysports.com)

Berikutnya, ada nama Willy Caballero, penjaga gawang asal Argentina. Caballero bergabung ke Manchester City pada Juli 2014. Kala itu, ia didatangkan dari Malaga seharga 8 juta euro atau saat ini sekitar Rp121 miliar.

Bersama Manchester City, Caballero memenangi Piala Liga Inggris 2015/2016. Berdasarkan data Transfermarkt, ia tampil 48 kali bersama Manchester City dengan koleksi 16 clean sheets dan kebobolan sebanyak 55 gol di semua kompetisi.

Pada Juli 2017, Manchester City melepas Caballero ke Chelsea dengan status bebas transfer. Sempat tanpa klub, ia kini membela Southampton.

3. Fernando

6 Eks Manchester City asal Amerika Latin yang Masih Aktif di Eropapotret Fernando (skysports.com)

Fernando merumput bersama Manchester City pada Juli 2014. Kala itu, ia didatangkan dari FC Porto dengan biaya transfer sebesar 15 juta euro atau saat ini sekitar Rp228 miliar.

Fernando juga memenangi Piala Liga Inggris 2015/2016. Berdasarkan data Transfermarkt, pemain asal Brasil ini tampil 32 kali bersama Manchester City dengan koleksi 1 gol dan 1 assist di semua kompetisi.

Pada Agustus 2017, Fernando resmi berpisah dengan Manchester City untuk bergabung dengan Galatasaray. Transfer tersebut memakan biaya sebesar 6 juta euro atau saat ini sekitar Rp91 miliar. Fernando kini melanjutkan kariernya bersama Sevilla.

Baca Juga: 5 Pemain Muslim di Manchester United dan Manchester City

4. Danilo

6 Eks Manchester City asal Amerika Latin yang Masih Aktif di Eropapotret Danilo (skysports.com)

Danilo berposisi sebagai kanan. Ia berasal dari Brasil. Manchester City merekrut Danilo dari Real Madrid pada Juli 2017. Kala itu, ia dihargai sebesar 30 juta euro atau saat ini sekitar Rp457 miliar.

Bersama Manchester City, Danilo memenangi 2 gelar Liga Inggris, 1 gelar Piala FA, 2 gelar Piala Liga Inggris, dan 1 gelar Piala Super Inggris. Berdasarkan data Transfermarkt, Danilo memcatatkan 60 pertandingan dan berhasil membukukan 4 gol serta 3 assist di semua kompetisi

Pada Agustus 2019, Manchester City menjual Danilo ke Juventus seharga 37 juta euro atau saat ini sekitar Rp563 miliar. Ia masih menjadi bagian Juventus hingga saat ini. Danilo memiliki kontrak bersama I Bianconeri hingga Juni 2024.

5. Claudio Bravo

6 Eks Manchester City asal Amerika Latin yang Masih Aktif di Eropapotret Claudio Bravo (skysports.com)

Ada pula sosok Claudio Bravo, penjaga gawang asal Chile. Bravo bergabung ke Manchester City pada Agustus 2016. Saat itu, ia dibeli dari Barcelona seharga 18 juta euro atau saat ini sekitar Rp274 miliar.

Selama berkarier bersama Manchester City, Bravo berhasil memenangi 1 gelar Liga Inggris, 1 gelar Piala FA, 3 gelar Piala Liga Inggris, dan 2 gelar Piala Super Inggris. Berdasarkan data Transfermarkt,  Bravo tampil sebanyak 61 kali bersama Manchester City dengan koleksi 20 clean sheets dan kebobolan sebanyak 60 gol di semua kompetisi.

Pada Agustus 2020, Manchester City melepas Claudio Bravo ke Real Betis dengan status bebas transfer. Ia masih memiliki kontrak bersama Real Betis hingga Juni 2023.

6. Nicolas Otamendi

6 Eks Manchester City asal Amerika Latin yang Masih Aktif di Eropapotret Nicolas Otamendi (skysports.com)

Nicolas Otamendi merupakan bek tengah asal Argentina. Ia direkrut Manchester City dari Valencia pada Agustus 2015. Kala itu, Manchester City membeli Otamendi seharga 44,5 juta euro atau saat ini sekitar Rp678 miliar.

Berdasarkan data Transfermarkt, Otamendi tampil sebanyak 210 laga bersama Manchester City dengan torehan 11 gol dan 4 assist di semua kompetisi. Selama itu, ia meraih 2 gelar Liga Inggris, 1 gelar Piala FA, 4 gelar Piala Liga Inggris, dan 2 gelar Piala Super Inggris.

Manchester City menjual Otamendi ke Benfica pada September 2020 seharga 15  juta euro atau saat ini sekitar Rp228 miliar. Otamendi sendiri masih memperkuat Benfica. Kontraknya akan berakhir pada Juni 2023.

Para pemain di atas merupakan eks Manchester City yang berasal dari Amerika Latin. Mereka masih aktif bermain di liga top Eropa sampai saat ini. Dari daftar pemain di atas, Otamendi menjadi pemain Amerika Latin dengan perolehan trofi terbanyak.

Baca Juga: 6 Talenta Muda yang Dibeli Manchester City dari Klub Amerika Latin

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya