5 Gelandang Serang Top yang Pernah Membela Chelsea

Banyak dari mereka yang sukses bersama Chelsea

Gelandang serang sangat dibutuhkan dalam sepak bola. Mereka bertugas memberi umpan kepada para penyerang dan membantu serangan. Selain itu, gelandang serang harus piawai dalam menggiring bola, mengatur tempo permainan, menciptakan peluang, plus memiliki tendangan jarak jauh yang keras.

Chelsea merupakan salah satu klub English Premier League (EPL) yang memiliki gelandang serang top dunia, di antaranya Kai Havertz, Hakim Ziyech, dan Mason Mount. Mereka masih muda dan memiliki masa depan yang cerah. Sebelum mereka, Chelsea juga pernah memiliki sederet gelandang serang top.

1. Frank Lampard

5 Gelandang Serang Top yang Pernah Membela ChelseaFrank Lampard (skysports.com)

Frank Lampard lebih sering berposisi sebagai gelandang tengah. Namun, ia juga sangat piawai jika ditempatkan sebagai gelandang serang. Lampard direkrut Chelsea dari West Ham United pada Juli 2001. Ia ditebus dengan mahar sebesar 16 juta euro atau saat ini sekitar Rp251 miliar.

Bersama Chelsea, Lampard mengoleksi 3 gelar Liga Inggris, 4 gelar Piala FA, 2 gelar Piala Liga, 2 gelar Piala Super Inggris, 1 gelar Liga Champions, dan 1 gelar Liga Europa. Berdasarkan data Transfermarkt, Lampard mencatatkan 648 pertandingan bersama Chelsea dengan torehan 211 gol dan 150 assist di semua kompetisi.

Pada Agustus 2014, Lampard meninggalkan Chelsea untuk bergabung ke New York City dengan status bebas transfer. New York City sempat meminjamkan Lampard ke Manchester City pada Juni 2015. Ia akhirnya pensiun di New York City pada Februari 2017.

2. Joe Cole

5 Gelandang Serang Top yang Pernah Membela ChelseaJoe Cole (skysports.com)

Joe Cole bergabung dengan Chelsea pada Agustus 2003. Gelandang serang asal Inggris tersebut dibeli Chelsea dari West Ham United seharga 9,9 juta euro atau saat ini sekitar Rp155 miliar. Bersama Chelsea, Cole memenangi 3 gelar Liga Inggris, 3 gelar Piala FA, 2 gelar Piala Liga, dan 2 gelar Piala Super Inggris.

Berdasarkan data Transfermarkt, Cole mencatatkan 281 pertandingan bersama Chelsea dengan torehan 40 gol dan 42 assist di semua kompetisi. Pada Juli 2010, Cole resmi meninggalkan Chelsea untuk bergabung ke Liverpool dengan status bebas transfer. Ia sudah pensiun sebagai pemain sepak bola sejak Desember 2018. Klub terakhir yang ia bela adalah Tampa Bay Rowdies.

Baca Juga: 6 Gelandang yang Pernah Membela Chelsea dan Liverpool

3. Deco

5 Gelandang Serang Top yang Pernah Membela ChelseaDeco (premierleague.com)

Chelsea membeli Deco dari Barcelona pada Juli 2008 seharga 10 juta euro atau saat ini sekitar Rp156 miliar. Deco merupakan gelandang serang asal Portugal. Sebelum bergabung ke Chelsea, Deco sudah memenangi Liga Champions sebanyak dua kali, yakni bersama FC Porto 2003/2004 dan bersama Barcelona 2005/2006.

Bersama Chelsea, Deco juga memenangi trofi, di antaranya 1 gelar Liga Inggris, 2 gelar Piala FA, dan 1 gelar Piala Super Inggris. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Deco mencatatkan 58 pertandingan dengan torehan 6 gol dan 5 assist di semua kompetisi.

Pada Agustus 2010, Deco meninggalkan Chelsea untuk bergabung ke Fluminense dengan status bebas transfer. Pada Agustus 2013, ia pensiun sebagai pemain sepak bola. Ia menjadikan Fluminese sebagai klub terakhirnya.

4. Juan Mata

5 Gelandang Serang Top yang Pernah Membela ChelseaJuan Mata (skysports.com)

Juan Mata meupakan gelandang asal Spanyol. Chelsea merekutnya dari Valencia pada Agustus 2011. Kala itu, Mata dibeli dengan harga sebesar 26,7 juta euro atau saat ini sekitar Rp418 miliar. Bersama Chelsea, Mata memenangkan 1 gelar Piala FA, 1 gelar Liga Champions, dan 1 gelar Liga Europa.

Berdasarkan data Transfermarkt, Mata mencatatkan 135 pertandingan bersama Chelsea dengan torehan 32 gol dan 58 assist di seua kompetisi. Pada Januari 2014, Manchester United membeli Mata dengan harga yang cukup mahal, yakni 44,73 juta euro atau saat ini sekitar Rp701 miliar. Kini Mata masih membela Manchester United. Kontraknya bersama The Red Devils akan berakhir pada Juni 2022 nanti.

5. Kevin De Bruyne

5 Gelandang Serang Top yang Pernah Membela ChelseaKevin De Bruyne (skysports.com)

Kevin De Bruyne merupakan salah satu gelandang serang andalan Manchester City dan timnas Belgia. Ia menjadi salah satu yang terbaik di dunia saat ini. Pada Januari 2012, Chelsea membeli Kevin De Bruyne dari KRC Genk seharga 8 juta euro atau saat ini sekitar Rp125 miliar. Saat itu, ia masih berusia 20 tahun. Namun, De Bruyne tak langsung membela Chelsea. Ia tinggal dulu di KRC Genk sebagai pemain pinjaman.

Kevin De Bruyne juga pernah dipinjamkan Chelsea ke klub Jerman, Werder Bremen, pada Agustus 2012. De Bruyne tampil cukup bagus bersama Werder Bremen. Ternyata performa ciamik De Bruyne saat dipinjamkan ke Werder Bremen menarik minat klub jerman lainya, yakni Wolfsburg. Pada Januari 2014, Wolfsburg membeli De Bruyne dari Chelsea seharga 10 juta euro atau saat ini sekitar Rp156 miliar. Selama membela Chelsea, De Bruyne hanya tampil sebanyak 9 kali dan mencetak 1 assist.

Di Jerman, De Bruyne benar-benar menunjukkan performa luar biasa. Ia pun mulai diincar oleh klub-klub besar Eropa. Pada Agustus 2015, Manchester City membeli De Bruyne dari Wolfsburg dengan harga yang sangat mahal, yakni 76 juta euro atau saat ini sekitar Rp1,1 miliar. De Bruyne pun menjadi pemain andalan Manchester City hingga saat ini. Ia masih terikat kontrak dengan Manchester City hingga Juni 2025.

6. Oscar

5 Gelandang Serang Top yang Pernah Membela ChelseaOscar (skysports.com)

Oscar bergabung dengan Chelsea pada Juli 2012. Gelandang serang asal Brasil tersebut dibeli Chelsea dari Internacional dengan harga sebesar 32 juta euro atau saat ini sekitar Rp501 miliar. Bersama Chelsea, Oscar memenangi 2 gelar Liga Inggris, 1 gelar Piala Liga Inggris, dan 1 gelar Liga Europa.

Berdasarkan data Transfermarkt, Oscar mencatatkan 203 pertandingan bersama Chelsea dengan torehan 38 gol dan 37 assist di semua kompetisi. Pada Januari 2017, Chelsea menjual Oscar ke klub China, Shanghai SIPG (kini Shanghai Port), dengan harga sebesar 60 juta euro atau saat ini sekitar Rp940 miliar.

Saat ini, Oscar masih menjadi pemain Shanghai Port. Ia terikat kontrak dengan mereka hingga November 2024.

Mereka merupakan gelandang serang top yang pernah membela Chelsea. Kebanyakan dari mereka berhasil meraih kesuksesan bersama klub asal London tersebut. Hanya Kevin De Bruyne yang gagal bersinar bersama Chelsea. Namun, De Bruyne berhasil menunjukan kualitasnya ketika pindah ke klub lain.

Baca Juga: 5 Gelandang Bertahan Terbaik yang Pernah Membela Chelsea, Tangguh!

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya