6 Pemain Real Madrid yang Gratis Dilepas ke Klub Serie A

Ada tiga pemain pemenang Ballon d'Or  

Real Madrid merupakan klub kaya raya di dunia yang mengoleksi 13 gelar Liga Champions ini sering memecahkan rekor transfer demi mendapatkan pemain yang diinginkan. Real Madrid sering membeli pemain top mahal untuk menjadi klub terbaik dunia. Proyek ambisius tersebut diprakarsai oleh Florentino Perez yang dinamai proyek Los Galacticos.

Meskipun begitu, Real Madrid lihai menjual pemain. Real Madrid banyak mendapatkan keuntungan besar dari penjualan pemain ke klub-klub Serie A. Namun ternyata, Real Madrid juga kerap melepas pemain-pemain top ke klub Serie A secara gratis. Lantas, siapa saja pemain-pemain tersebut?

1. Ivan Zamorano

6 Pemain Real Madrid yang Gratis Dilepas ke Klub Serie AIvan Zamorano (sportmob.com)

Ivan Zamorano, pemain top yang pernah dimiliki Real Madrid berkewarganegaraan Chili tersebut dibeli dari Sevilla Juli 1992 seharga 3,5 juta euro atau sekitar Rp58 miliar. Ivan Zamorano merupakan penyerang yang sangat mematikan dan memiliki tembakan sangat akurat.

Bersama Real Madrid, Ivan Zamorano berhasil memenangkan 1 gelar Liga Spanyol, 1 gelar Copa Del Rey, dan 1 gelar Piala Super Spanyol. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Zamorano telah memainkan 173 pertandingan dengan torehan 98 gol dan 2 assist di semua kompetisi bersama Real Madrid.

Juli 1996, Real Madrid melepas Ivan Zamorano ke Inter Milan secara gratis. Zamorano memutuskan pensiun sebagai pemain sepak bola pada bulan Juli 2003. Klub terakhir yang ia bela ialah klub asal Chili, Colo Colo.

2. Esteban Cambiasso 

6 Pemain Real Madrid yang Gratis Dilepas ke Klub Serie AEsteban Cambiasso (90min.com)

Gelandang bertahan jebolan akademi Real Madrid ini berhasil promosi ke skuad utama pada Juli 2002. Sepak terjang Esteban Cambiasso di Real Madrid tidak begitu mentereng. Ia sering duduk di bangku cadangan Real Madrid. Menurut catatan Transfermarkt, Cambiasso memainkan 67 pertandingan dengan torehan 1 gol dan 6 assist di semua kompetisi.

Pada bulan Juli 2004, Real Madrid melepas Esteban Cambiasso ke Inter Milan secara gratis. Karier Cambiasso justru meningkat ketika membela Inter Milan. Ia menjadi pemain penting bagi Inter Milan. Cambiasso telah bermain 431 kali bersama Inter Milan, mencetak 51 gol dan 34 assist di semua kompetisi bersama Inter Milan.

Esteban Cambiasso meraih banyak kesuksesan bersama Inter Milan, ia berhasil memenangkan 5 gelar Liga Italia, 4 gelar Coppa Italia, 4 gelar Piala Super Italia, 1 gelar Liga Champions, dan beberapa gelar bergengsi lainnya.

Saat ini, Esteban Cambiasso juga sudah pensiun sebagai pemain sepak bola. Klub asal Liga Yunani, Olympiacos Piraeus menjadi klub yang terakhir yang dibela oleh Cambiasso.

3. Luis Figo 

6 Pemain Real Madrid yang Gratis Dilepas ke Klub Serie ALuis Figo (barcauniversal.com)

Juli 2015, Real Madrid melepas Luis Figo ke Inter Milan secara gratis, pemain sayap asal Portugal tersebut merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Real Madrid. Menariknya, Los Blancos mendapatkan Figo dari Barcelona yang notabene rival abadi mereka.

Real Madrid membeli Luis Figo dari Barcelona pada Juli 2000 seharga 60 juta euro atau sekitar Rp1 triliun. Figo dicap pengkhianat oleh para pendukung Barcelona. Meskipun begitu, Figo memiliki kebahagiaan baru bersama Real Madrid. Figo menjadi  pemain yang diandalkan oleh Real Madrid dan tercacat sebagai pemenang Ballon d'Or 2000 berkat performa yang luar biasa bersama Real Madrid.

Berdasarkan catatan Transfermarkt, Luis Figo telah memainkan 245 pertandingan bersama Real Madrid dan berhasil mencetak 56 gol serta 93 assist di semua kompetisi. Bersama Real Madrid, Figo juga berhasil memenangkan 2 gelar Liga Spanyol, 1 gelar Liga Champions, dan beberapa gelar bergengsi lainnya.

Ketika pindah ke Inter Milan, Figo sudah berusia 32 tahun. Namun ternyata, performa Figo masih cukup bagus. Figo memainkan 140 pertandingan bersama Inter Milan dan berhasil mencetak 10 gol dan 29 assist di semua kompetisi.

Bersama Inter Milan, Figo berhasil memenangkan 4 gelar Liga Italia, 1 gelar Coppa Italia, dan 3 gelar Piala Super Italia. Figo menjadikan Inter Milan sebagai klub terakhirnya. Ia memutuskan pensiun sebagai pemain sepak bola pada bulan Juli 2009.

Baca Juga: Kenapa Luis Figo Sebut Euro 2020 akan Lebih Spesial?

4. Fabio Cannavaro

6 Pemain Real Madrid yang Gratis Dilepas ke Klub Serie AFabio Cannavaro (skysports.com)

Fabio Cannavaro pernah dinobatkan sebagai peraih penghargaan Ballon d'Or 2006. Penghargaan tersebut tak lepas dari kontribusinya dalam membawa Italia menjadi juara Piala Dunia 2006.

Selesai dari Piala Dunia 2006, Fabio Cannavaro diboyong Real Madrid ke Santiago Bernabeu. Real Madrid membelinya dari Juventus seharga 7 juta euro atau sekitar Rp116 miliar. Kala itu, Cannavaro sudah berusia 35 tahun.

Meskipun sudah tidak muda, Fabio Cannavaro tampil cukup bagus untuk Real Madrid. Ia memainkan 118 pertandingan bersama Real Madrid di semua kompetisi. Bersama Real Marid, Cannavaro berhasil memenangkan 2 gelar Liga Spanyol dan 1 gelar Piala Super Spanyol.

Pada bulan Juli 2009, Real Madrid melepas Fabio Cannavaro ke klub lamanya Juventus secara gratis. Fabio Cannavaro sudah pensiun sebagai pemain sepak bola sejak bulan Maret 2012. Klub terakhir yang ia bela adalah klub asal India, Bengal Tuskers Siliguri. Saat ini, Cannavaro sedang melatih klub Liga China, Guangzhou FC

5. Kaka

6 Pemain Real Madrid yang Gratis Dilepas ke Klub Serie AKaka (bleacherreport.com)

Kaka didatangkan Real Madrid dengan harga yang sangat mahal. Pemain asal Brasil tersebut dibeli Real Madrid dari AC Milan pada bulan Juli 2009 seharga 67 juta euro atau sekitar Rp1,1 triliun.

Kaka bagian dari Proyek Los Galacticos jilid II. Kala itu, Kaka didatangkan bersama Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, dan Xabi Alonso. Real Madrid membeli Kaka karena performanya yang luar biasa bersama AC Milan. Kaka adalah pemenang Ballon d'Or 2007.

Kaka mencatatkan 307 pertandingan bersama AC Milan. Berhasil mencetak 104 gol dan 85 assist untuk AC Milan di semua kompetisi. Bersama AC Milan, Kaka memenangkan 1 gelar Liga Italia, 1 gelar Liga Champions, dan beberapa gelar bergengsi lainnya.

Ketika membela Real Madrid, Kaka tidak bisa menunjukkan performa terbaiknya. Cedera menjadi alasan utama meredupnya karier kaka di Real Madrid. Kaka mencatatkan 120 pertandingan bersama Real Madrid dengan torehan 29 gol 39 assist di semua kompetisi.

Kaka akhirnya dilepas Real Madrid secara gratis ke klub lamanya AC Milan. Saat ini, Kaka juga sudah pensiun sebagai pemain sepak bola. Klub terakhir yang ia bela adalah Orlando City SC.

6. Sami Khedira

6 Pemain Real Madrid yang Gratis Dilepas ke Klub Serie ASami Khedira (goal.com)

Sami Khedira juga termasuk pemain top yang dilepas Real Madrid ke Klub Serie A secara gratis. Juventus menjadi klub Serie A yang beruntung bisa mendapatkan jasa Khedira tanpa harus membayar biaya transfer. Kepindahan Khedira ke Juventus terjadi pada bulan Juli 2015.

Kontribusi Khedira untuk Real Madrid juga cukup lumayan. Berdasarkan catatan Transfermakt, Khedira telah memainkan 161 pertandingan bersama Real Madrid dengan torehan 9 gol dan 13 assist di semua kompetisi.

Bersama Real Madrid, Khedira berhasil memenangkan 1 gelar Liga Spanyol, 2 gelar Copa Del Rey, 1 gelar Liga Champions, dan beberapa gelar bergengsi lainnya. Alasan Real Madrid melepas Khedira karena sang pemain mulai sering cedera dan juga mengalami penurunan performa.

Kepindahan Khedira ke Juventus ternyata membuahkan hasil yang baik bagi sang pemain. Khedira kembali mengalami peningkatan performa. Khedira mencatatkan 145 pertandingan bersama Juventus dengan torehan 21 gol dan 13 assist di semua kompetisi.

Selama membela Juventus, Khedira berhasil memenangkan 5 gelar Liga Italia, dan 1 gelar Piala Super Italia. Saat ini, Khedira juga sudah pensiun sebagai pemain sepak bola. Klub terakhir yang ia bela adalah Hertha Berlin.

Mereka adalah pemain top Real Madrid yang dilepas ke klub Serie A secara gratis. Saat ini, Real Madrid juga memiliki beberapa pemain top yang kemungkinan besar akan dilepas secara gratis musim depan. Mereka ialah Isco, Gareth Bale, Marcelo, dan Luka Modric. Apakah mereka juga akan dilepas ke klub Serie A secara gratis?

Baca Juga: Jalan Berliku Ricardo Kaka, Sosok Religius di Atas Lapangan Hijau

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya