6 Mantan Pemain Arsenal yang Kini Bela Klub Medioker Inggris

Mulai dari Iwobi hingga Fabianski

Arsenal merupakan salah satu klub terbaik dalam persepakbolaan Inggris. Tercatat, klub berjuluk The Gunners tersebut telah memenangkan 13 gelar Liga Inggris, 14 gelar Piala FA, 2 gelar Piala Liga, dan 16 Piala Super Inggris.

Akan tetapi, Arsenal sudah lama tidak meraih gelar Liga Inggris. Terakhir kali, The Gunners meraihnya pada musim 2003/2004. Kala itu, Arsenal tampil luar biasa dengan rekor tak terkalahkan dalam satu musim Liga Inggris. Setelah itu, Arsenal belum pernah menjuarai Liga Inggris sampai saat ini.

Bahkan, Arsenal kesulitan untuk finis di empat besar Liga Inggris. Hal tersebut membuat Arsenal sering absen di Liga Champions. Dalam periode sulit tersebut, Arsenal sering merombak pemain. Sayangnya, banyak pemain yang gagal mengangkat prestasi Arsenal.

Banyak pemain yang akhirnya dilepas ke klub lain. Beberapa dari mereka kini membela klub medioker Liga Inggris. Lantas, siapa saja mantan pemain Arsenal yang kini membela klub medioker Liga Inggris tersebut? Langsung simak ulasannya berikut ini, yuk!

1. Lukasz Fabianski 

6 Mantan Pemain Arsenal yang Kini Bela Klub Medioker InggrisLukasz Fabianski (skysports.com)

Pertama ada nama Lukasz Fabianski, penjaga gawang asal Polandia. Fabianski direkrut Arsenal dari klub Polandia, Legia Warszawa pada musim panas 2007.

Ia membela Arsenal selama tujuh tahun. Pada musim panas 2014, Fabianski memutuskan untuk berpisah dengan Arsenal untuk bergabung bersama Swansea City secara dengan status bebas transfer.

Lukasz Fabianski menceritakan bahwa dirinya kesulitan untuk mendapatkan menit bermain bersama Arsenal. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Fabianski mengemas 26 clean sheet dan kebobolan sebanyak 86 gol dari 78 pertandingan bersama Arsenal di semua kompetisi.

Fabianski sempat memenangkan Piala FA bersama Arsenal pada tahun 2014. Kini, Fabianski bermain untuk West Ham United. Ia direkrut West Ham United dari Swansea City pada musim panas 2018.

2. Theo Walcott 

6 Mantan Pemain Arsenal yang Kini Bela Klub Medioker InggrisTheo Walcott (skysports.com)

Theo Walcott menghabiskan waktu cukup lama bersama Arsenal. Jebolan akademi Southampton tersebut bergabung dengan Arsenal pada musim dingin 2006. Saat itu, usianya masih 16 tahun. Pada musim dingin 2018, pemain sayap kanan asal Inggris tersebut berpisah dengan Arsenal untuk bergabung bersama Everton.

Theo Walcott termasuk pemain yang pernah menjadi andalan Arsenal. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Walcott memainkan 398 pertandingan bersama Arsenal dengan torehan 108 gol dan 78 assist di semua kompetisi. Bersama Arsenal, ia berhasil memenangkan 3 gelar Piala FA dan 2 gelar Piala Super Inggris.

Kini, Walcott kembali bermain untuk klub masa kecilnya, Southampton. Awalnya, ia dipinjam Southampton dari Everton pada musim panas 2020. Setahun berikutnya, ia resmi menjadi pemain permanen Southampton dengan status bebas transfer.

Baca Juga: 6 Mantan Pemain Arsenal yang Kini Main di Serie A, Banyak Nama Top!

3. Danny Welbeck 

6 Mantan Pemain Arsenal yang Kini Bela Klub Medioker InggrisDanny Welbeck (skysports.com)

Danny Welbeck berposisi sebagai penyerang tengah. Ia direkrut Arsenal dari Manchester United pada musim panas 2014. Sayangnya, Welbeck gagal menjadi pilihan utama di lini depan Arsenal karena sering dibekap cedera.

Pada musim panas 2019, pemain Inggris keturunan Ghana tersebut resmi berpisah dengan Arsenal usia kontraknya tidak diperpanjang. Ia pun melanjutkan kariernya bersama Watford.

Berdasarkan catatan Transfermarkt, Danny Welbeck memainkan 126 pertandingan bersama Arsenal dengan torehan 32 gol dan 15 assists di semua kompetisi. Selama berkarier bersama Arsenal, ia berhasil memenangkan 2 gelar Piala FA dan 1 gelar Piala Super Inggris.

Kini, ia bermain untuk Brighton & Hove Albion. Ia direkrut Brighton & Hove Albion dari Watford pada musim panas 2020 dengan status bebas transfer.

4. Alex Iwobi 

6 Mantan Pemain Arsenal yang Kini Bela Klub Medioker InggrisAlex Iwobi (skysports.com)

Ada pula Alex Iwobi, pemain sayap kiri asal Nigeria. Iwobi merupakan jebolan akademi Arsenal. Ia berhasil promosi ke tim utama Arsenal pada musim panas 2015.

Ia sempat dilabeli sebagai youngster Arsenal. Namun, ia bertekad untuk membesarkan namanya sendiri dengan bergabung ke klub lain.

Berdasarkan catatan Transfermarkt, selama berkarier bersama Arsenal, Iwobi mencatatkan 149 pertandingan dengan torehan 15 gol dan 27 assists di semua kompetisi. Ia berhasil memenangkan 1 gelar Piala FA dan 2 gelar Piala Liga Inggris.

Pada musim panas 2019, Alex Iwobi memutuskan untuk pindah ke Everton. Ia sangat tertarik dengan Everton karena klub tersebut telah memboyong banyak pemain hebat.

Ia pun yakin bisa sukses bersama Everton. Kini, ia terikat kontrak dengan Everton hingga bulan Juni 2024.

5. Emiliano Martinez 

6 Mantan Pemain Arsenal yang Kini Bela Klub Medioker InggrisEmiliano Martinez (skysports.com)

Emiliano Martinez merupakan penjaga gawang asal Argentina. Ia termasuk pemain jebolan akademi Arsenal. Ia berhasil ke tim utama pada musim panas 2012. Sayangnya, Martinez lebih sering dipinjamkan ke klub lain.

Tercatat, ia pernah dipinjamkan ke Sheffield Wednesday, Rotherham United, Wolverhampton Wanderers, Getafe, hingga Reading. Pada musim panas 2020, Arsenal resmi menjual Martinez ke Aston Villa.

Berdasarkan catatan Transfermarkt, Emiliano Martinez hanya memainkan 38 pertandingan bersama Arsenal. Ia kebobolan sebanyak 41 gol dan mengemas 16 clean sheets di semua kompetisi.

Bersama Arsenal, ia berhasil meraih 3 gelar Piala FA dan 2 gelar Piala Super Inggris. Kini, ia terikat kontrak dengan Aston Villa hingga bulan Juni 2024.

6. Joe Willock 

6 Mantan Pemain Arsenal yang Kini Bela Klub Medioker InggrisJoe Willock (skysports.com)

Berikutnya ada nama Joe Willock, gelandang tengah asal Inggris. Ia termasuk jebolan akademi Arsenal. Ia berhasil promosi ke tim utama Arsenal pada musim panas 2019.

Sayangnya, Willock gagal bersaing dengan pemain-pemain Arsenal lainnya. Ia pun dipinjamkan ke Newcastle United pada musim dingin 2021 kemarin. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Willock mencatatkan 78 pertandingan bersama Arsenal dengan torehan 11 gol dan 4 assist di semua kompetisi. 

Selama setengah musim sebagai pemain pinjaman, Joe Willock tampil sangat mengesankan bersama Newcastle United. Ia mencatatkan 14 pertandingan di Liga Inggris dengan torehan 8 gol.

Pada bursa transfer musim panas 2021 kemarin, Newcastle United memutuskan untuk mempermanenkan status kepemilikan Joe Willock. Kini, Willock terikat kontrak dengan Newcastle United hingga bulan Juni 2027.

 

Itulah deretan mantan pemain Arsenal yang kini membela klub medioker Liga Inggris. Dari deretan pemain di atas, Theo Walcott tentunya yang paling diingat oleh para penggemar Arsenal.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal yang Terbuang pada Era Mikel Arteta dan Nasibnya Kini

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya