Comscore Tracker

5 Pemain Asal Belgia yang Pernah Berseragam Leicester City

Ada yang juara Liga Inggris bersama Leicester City!

Leicester  City merupakan klub Liga Inggris yang bersinar akhir-akhir ini. Klub yang berjuluk The Foxes tersebut menjadi klub yang ditakuti oleh klub-klub Liga Inggris lainnya. Bahkan, pada musim 2015/2016 lalu, Leicester City berhasil menjuarai Liga Inggris untuk pertama kalinya. Tak hanya itu, Leicester City juga berhasil menjuarai Piala FA musim 2020/2021 dengan mengalahkan Chelsea di Stadion Wembley. Youri Tielemens menjadi pahlawan kemenangan Leicester City saat menjuarai Piala FA pada musim tersebut.

Youri Tielemens mencetak gol semata wayang kemenangan Leicester City pada menit ke-63. Pemain asal Belgia tersebut mencetak gol dari tembakan jarak jauh yang tidak bisa dibendung oleh kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga. Pemain-pemain asal Belgia memang sangat bisa diandalkan. Banyak pemain Belgia yang menjadi bintang di klub-klub besar Eropa. Tielemens bukan satu-satunya pemain asal Belgia yang pernah berseragam Leicester City. Penasaran siapa saja pemain asal Belgia yang pernah berseragam Leicester City? Check this out!

1. Franck Moussa

5 Pemain Asal Belgia yang Pernah Berseragam Leicester CityFranck Moussa (skysports.com)

Leicester City mendatangkan Franck Moussa dari Southend United pada bulan Agustus 2013 dengan biaya bebas transfer. Saat itu Leicester City masih berada di Divisi Championship alias kasta kedua Liga Inggris. Moussa merupakan pemain Belgia yang berposisi sebagai gelandang serang.

Bersama Leicester City, Moussa mencatatkan 15 pertandingan dengan torehan 1 gol di semua kompetisi. Selama menjadi pemain sepak bola, Moussa lebih sering menghabiskan kariernya di League One atau kompetisi kasta ketiga Liga Inggris. Moussa sudah pensiun sebagai pemain sepak bola sejak bulan Juli 2018 lalu. Klub terakhir yang ia bela ialah Gillingham FC.

2. Ritchie De Laet

5 Pemain Asal Belgia yang Pernah Berseragam Leicester CityRitchie De Laet (90min.com)

Ritchie De Laet direkrut Leicester City dari Manchester United pada bulan Juli 2012. Pemain Belgia tersebut dibeli dengan biaya transfer sebesar 1,25 juta euro atau sekitar Rp21 miliar. Ritchie De Laet berperan sebagai bek tengah di klub berjuluk The Foxes tersebut. Ritchie De Laet sudah membela Leicester City sejak berada di Divisi Championship. Tercatat, Ritchie De Laet sudah memainkan 129 pertandingan bersama Leicester City dengan torehan 5 gol dan 10 assist di semua kompetisi.

Prestasi Ritchie De Laet bersama Leicester City juga sangat mentereng. Setelah berhasil membawa Leicester City promosi ke Liga Inggris musim 2014/2015, ia juga berhasil membawa The Foxes memenangkan gelar juara Liga Inggris untuk pertama kalinya, yakni pada musim 2015/2016. Leicester City sempat meminjamkan Ritchie De Laet ke Middlesbrough pada bulan Februari 2016. Pemain Belgia tersebut akhirnya dijual ke Aston Villa pada bulan Agustus 2016 dengan biaya transfer sebesar 2,5 juta euro atau sekitar Rp42 miliar. Saat ini, Ritchie De Laet bermain untuk klub Liga Belgia, Royal Antwerp.

Baca Juga: 10 Rekrutan Termahal Leicester City Sepanjang Sejarah, Ada Patson Daka

3. Youri Tielemans

5 Pemain Asal Belgia yang Pernah Berseragam Leicester CityYouri Tielemans (footballtransfers.com)

Pada bulan Januari 2019, Leicester City meminjam Youri Tielemans dari klub Liga Prancis, AS Monaco. Penampilan Tielemans selama menjadi pemain pinjaman sangatlah mentereng dan memikat manajemen Leicester City. Pemain Belgia tersebut akhirnya direkrut secara permanen pada bulan Juli 2019 dengan biaya transfer sebesar 45 juta euro atau sekitar Rp766 miliar.

Youri Tielemans benar-benar menjadi pemain andalan bagi Leicester City. Ia tampil ciamik di lini tengah Leicester City. Hal tersebut ia buktikan dengan membawa The Foxes memenangkan Piala FA musim 2020/2021 saat mengalahkan Chelsea di Stadion Wembley. Tielemans mencetak gol jarak jauh yang tidak bisa dibendung oleh Kepa Arrizabalaga. Hingga saat ini Tielemans telah bermain sebanyak 108 pertandingan bersama Leicester City dengan torehan 17 gol dan 19 assist di semua kompetisi.

4. Dennis Praet

5 Pemain Asal Belgia yang Pernah Berseragam Leicester CityDennis Praet (leicestermercury.co.uk)

Leicester City merekrut Dennis Praet dari Sampdoria pada bulan Agustus 2019 dengan biaya transfer sebesar 19,2 juta euro atau sekitar Rp327 miliar. Pemain asal Belgia tersebut berposisi sebagai gelandang tengah. Ketika masih menjadi pemain Sampdoria, Dennis Praet sempat menjadi incaran klub-klub besar Eropa, seperti AC Milan dan Arsenal. Namun, Leicester City yang berhasil mendapatkannya.

Dennis Praet juga menjadi bagian dari Leicester City saat menjuarai Piala FA musim 2020/2021. Hingga saat ini Dennis Praet sudah tampil sebanyak 60 kali bersama Leicester City dengan torehan 3 gol dan 5 assist di semua kompetisi. Kabar terkini adalah Dennis Praet berencana ingin pindah dari Leicester City.

5. Timothy Castagne

5 Pemain Asal Belgia yang Pernah Berseragam Leicester CityTimothy Castagne (foxesofleicester.com)

Timothy Castagne merupakan pemain asal Belgia yang berposisi sebagai bek kanan. Leicester City membeli Castagne pada bulan September 2020 dengan biaya transfer sebesar 20 juta euro atau sekitar Rp340 miliar. Leicester City membeli Castagne karena penampilan ciamiknya bersama Atalanta di Liga Champions.

Timothy Castagne termasuk bek yang serbaguna. Meskipun posisi utamanya sebagai bek kanan, ia juga bisa bermain sebagai bek kiri. Bersama Leicester City, Castagne berhasil memenangkan Piala FA musim 2020/2021. Sampai saat ini, Castagne telah bermain sebanyak 34 pertandingan bersama The Foxes dengan torehan 2 gol dan 4 assist di semua kompetisi.

 

Itulah deretan pemain asal Belgia yang pernah berseragam Leicester City. Dari semua pemain tersebut hanya Franck Moussa yang belum pernah tampil bersama timnas senior Belgia. Dari segi kualitas, pemain-pemain di atas tidak bisa dianggap remeh bahkan ada yang layak untuk bermain bersama klub sekelas Barcelona.

Baca Juga: 5 Rekrutan Leicester City yang Didatangkan dari Ligue 1, Siapa Saja?

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya