5 Pemain Belgia yang Pernah Dijual Chelsea dengan Harga Mahal

Ada yang menembus harga 100 juta euro!

Belgia merupakan salah satu negara Eropa yang memiliki segudang pemain sepak bola andal. Tak ayal jika timnas Belgia selalu diperhitungkan di setiap pagelaran kompetisi Eropa atau dunia. Prestasi tertinggi Belgia ketika meraih peringkat 3 besar Piala Dunia 2018 lalu.

Para pemain Belgia pun tersebar di lima liga top Eropa, salah satunya Liga Inggris. Hingga saat ini, ada sekitar 68 pemain asal Belgia yang pernah malang melintang di Liga Inggris. Chelsea sebagai salah satu klub besar Liga Inggris juga pernah dibela oleh pemain yang berasal dari Belgia. Chelsea pun meraih keuntungan besar karena berhasil menjual pemain-pemain tersebut dengan harga yang mahal. Siapa saja mereka? Check this out!

1. Eden Hazard - 115 juta euro

5 Pemain Belgia yang Pernah Dijual Chelsea dengan Harga MahalEden Hazard (bleacherreport.com)

Hingga saat ini Eden Hazard masih menjadi pemain Belgia yang dijual Chelsea dengan harga yang paling mahal. Hazard dilepas ke Real Madrid pada bulan Juli 2019 dengan harga sebesar 115 juta euro atau sekitar Rp1,9 triliun. Sebelumnya, Chelsea membeli Hazard dari Lille pada bulan Juli 2012 dengan biaya transfer sebesar 35 juta euro atau sekitar Rp580 miliar.

Bersama Chelsea, Eden Hazard menunjukkan performa yang luar biasa. Ia menjadi pemain yang paling diandalkan oleh Chelsea. Hazard sukses membawa Chelsea meraih 2 gelar Liga Inggris, 1 gelar Piala FA, 1 gelar Piala FA, dan 2 gelar Liga Europa. Berdasarkan data Transfermarkt, Hazard mencatatkan 352 pertandingan bersama Chelsea dan berhasil mencetak 110 gol serta 92 assist di semua kompetisi.

Berposisi sebagai penyerang sayap, Eden Hazard masih belum bisa tampil maksimal bersama Real Madrid akibat badai cedera yang melanda dirinya. Musim ini, Kondisi fisik Hazard sudah jauh lebih baik jika dibandingkan dengan musim-musim sebelumnya bersama Real Madrid. Saat ini, Eden Hazard masih berjuang untuk membuktikan kualitasnya bersama Los Blancos.

2. Romelu Lukaku - 35,36 juta euro

5 Pemain Belgia yang Pernah Dijual Chelsea dengan Harga MahalRomelu Lukaku (skysports.com)

Romelu Lukaku merupakan pemain berkewarganegaraan Belgia yang mengawali karier sepak bola di tim akademi Anderlecht. Lukaku berhasil promosi ke tim utama Anderlecht pada bulan Juli 2009. Bersama Anderlecht, Lukaku tampil sangat memukau. Ia sudah menjadi andalan Anderlecht meskipun usianya masih sangat muda. Berdasarkan data Transfermarkt, Lukaku mencatatkan 98 pertandingan bersama Anderlecht dan berhasil menorehkan 41 gol dan 18 assist di semua kompetisi.

Romelu Lukaku pun menjadi buruan klub-klub besar Eropa. Pada bulan Agustus 2011, Chelsea berhasil mendapatkan tanda tangan dari Lukaku. The Blues harus membayar dana transfer sebesar 15 juta euro atau sekitar Rp248 miliar kepada Anderlecht. Lukaku diproyeksikan untuk menggantikan Didier Drogba yang sudah semakin berumur.

Sayangnya, Romelu Lukaku tidak bisa berkembang bersama Chelsea. Lukaku sempat dipinjamkan ke West Bromwich Albion dan Everton dan berkembang pesat ketika dipinjamkan ke Everton. Pihak Everton pun tertarik untuk mempermanenkan status Lukaku. Pada bulan Juli 2014, Chelsea akhirnya memutuskan untuk menjual Lukaku ke Everton seharga 35,36 juta euro atau sekitar Rp585 miliar. 

Musim ini, Chelsea memutuskan untuk membawa pulang Romelu Lukaku ke Stamford Bridge. The Blues membeli Lukaku dari Inter Milan dengan biaya transfer senilai 115 juta euro atau sekitar Rp1,9 miliar. Chelsea beranggapan bahwan permain yang juga pernah bermain untuk Manchester United tersebut telah menjadi salah satu penyerang terbaik dunia saat ini.

Baca Juga: 7 Pemain Terkuat di FIFA 22, Romelu Lukaku Hingga Akinfenwa!

3. Thibaut Courtois - 35 juta euro

5 Pemain Belgia yang Pernah Dijual Chelsea dengan Harga MahalThibaut Courtois (bleacherreport.com)

Berikutnya ada Thibaut Courtois. Pemain asal Belgia yang berposisi sebagai kiper ini dibeli Chelsea dari KRC Genk pada bulan Juli 2011. Ia dibeli dengan harga 8,95 juta euro atau sekitar Rp148 miliar. Namun, Courtois tak langsung mendapat kesempatan memperkuat Chelsea. Saat itu Chelsea masih diperkuat oleh Petr Cech. Pihak Chelsea pun memutuskan untuk meminjamkan Courtois ke Atletico Madrid.

Bersama Atletico Madrid, Thibaut Courtois menunjukkan penampilan yang sangat luar biasa. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Courtois mampu mengemas 76 clean sheet dan kebobolan sebanyak 125 kali dari 154 pertandingan di semua kompetisi bersama Atletico Madrid.

Pada bulan Juni 2014, Thibaut Courtois kembali ke Stamford Bridge untuk menjadi kiper utama Chelsea menggantikan Petr Cech. Courtois pun menunjukkan performa yang gemilang sama seperti ketika masih dipinjamkan ke Atletico Madrid. Berdasarkan catatan Transfermarkt, ia mampu mengemas 58 clean sheet dan kebobolan sebanyak 152 gol dari 154 pertandingan di semua kompetisi bersama Chelsea. 

Penampilan konsisten yang ditunjukkan oleh Thibaut Courtois membuat Real Madrid tertarik untuk mendapatkannya. Pada bulan Agustus 2018, Chelsea memutuskan untuk menerima pinangan raksasa Spanyol tersebut. Courtois pun dijual dengan harga sebesar 35 juta euro atau sekitar Rp580 miliar. Saat ini, Courtois menjadi kiper andalan di Real Madrid meskipun sempat tampil buruk di awal kariernya bersama Real Madrid.

4. Kevin De Bruyne - 22 juta euro

5 Pemain Belgia yang Pernah Dijual Chelsea dengan Harga MahalKevin De Bruyne (skysports.com)

Kevin De Bruyne merupakan gelandang Belgia yang dibeli Chelsea dari KRC Genk pada bulan Januari 2012 dengan biaya transfer sebesar 8 juta euro atau sekitar Rp132 miliar. De Bruyne juga tidak langsung mendapat kesempatan untuk memperkuat Chelsea. Ia dipinjamkan terlebih dahulu ke KRC Genk.

Pada bulan Agustus 2012, Kevin De Bruyne lagi-lagi dipinjamkan ke klub lain. Kali ini, ia dipinjamkan ke klub Liga Jerman, Werder Bremen. Pada musim 2013/2014, De Bruyne baru mendapat kesempatan untuk memperkuat Chelsea. Sayangnya, ia hanya bermain setengah musim bersama Chelsea dan jarang mendapatkan menit bermain. 

Pada  bulan Januari 2014, Kevin De Bruyne dijual ke klub Liga Jerman, Wolfsburg dengan harga sebesar 22 juta euro atau sekitar Rp364 miliar. Bersama Wolfsburg, Kevin De Bruyne tampil sangat luar biasa. Ia berhasil memecahkan rekor assist terbanyak di Bundesliga pada musim 2014-2015.

Saat itu, Kevin De Bruyne berhasil mencetak 10 gol dan 21 assist dari 34 penampilannya sepanjang musim di Bundesliga. Kini, De Bruyne bermain untuk Manchester City. Bersama The Citizens, De Bruyne sedang menikmati masa keemasannya. Ia sudah meraih banyak gelar bergengsi bersama Manchester City.

5. Thorgan Hazard - 8 juta euro

5 Pemain Belgia yang Pernah Dijual Chelsea dengan Harga MahalThorgan Hazard (edenhazard.es)

Thorgan Hazard juga termasuk pemain Belgia yang pernah dijual Chelsea. Adik kandung dari Eden Hazard tersebut dibeli Chelsea dari Lens dengan harga yang sangat murah, yakni 500 ribu euro atau sekitar Rp8,2 miliar. Meskipun dibeli Chelsea, Thorgan belum pernah bermain bersama tim utama Chelsea. Bahkan, ia hanya sekali bermain bersama tim akademi Chelsea.

Pihak Chelsea lebih sering meminjamkan Thorgan Hazard ke klub lain, di antaranya Zulte Waregem dan Borussia Monchengladbach. Thorgan mengalami perkembangan pesat ketika dipinjamkan ke Borussia Monchengladbach. Klub Liga Jerman tersebut akhirnya tertarik untuk mempermanenkan status kepemilikan Thorgan Hazard.

Pada bulan Juli 2015, pihak Borussia Monchengladbach memutuskan untuk membeli Thorgan Hazard senilai 8 juta euro atau sekitar Rp132 miliar. Bersama Die Fohlen, Thorgan menjadi salah satu gelandang terbaik di Liga Jerman. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Thorgan telah mencatatkan 182 pertandingan bersama Borussia Monchengladbach dan berhasil mencetak 46 gol serta 44 assist di semua kompetisi.

Saat ini Thorgan Hazard sudah tidak bermain bersama Borussia Monchengladbach lagi. Thorgan sudah dijual ke Borussia Dortmund pada bulan Juli 2019 seharga 25,5 juta euro atau sekitar Rp372 miliar dengan durasi kontrak hingga bulan Juni 2024.

 

Itulah deretan pemain Belgia yang pernah dijual Chelsea dengan harga mahal. Saat ini, Chelsea masih memiliki dua pemain Belgia di tim utama. Mereka ialah Romelu Lukaku yang baru saja dibeli dari Inter Milan dan juga Michy Batshuayi yang sedang dipinjamkan ke Besiktas. Seandainya mereka dijual, berapa banyak uang yang akan didapat Chelsea?

Baca Juga: Eden atau Thorgan Hazard: Siapa yang Lebih Baik?

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya