5 Pemain Top yang Didatangkan Liverpool dari AS Roma

Ada dua pemain yang berposisi sebagai kiper

Liverpool  adalah salah satu klub terbaik di Eropa. Hal tersebut dibuktikan dengan torehan gelar di Liga Champions. Tercatat, raksasa Liga Inggris tersebut telah memenangkan gelar Liga Champions sebanyak 6 kali. Terakhir Liverpool meraih gelar Liga Champions pada musim 2018/2019. Kala itu mereka mengalahkan klub senegaranya, Tottenham Hotspur 2-0.

Kejayaan Liverpool di Liga Champions musim 2018/2019 tak lepas dari kecemerlangan Mohamed Salah. Performa Mohamed Salah yang luar biasa mampu mengantarkan Liverpool meraih gelar Liga Champions untuk keenam kalinya. Hingga saat ini, pemain yang didatangkan dari AS Roma tersebut tetap menjadi andalan Liverpool untuk perburuan gelar, baik dikancah domestik maupun Eropa.

Liverpool sangat beruntung bisa mendatangkan Mohamed Salah dari AS Roma. Bisa dibilang, Mohamed salah merupakan salah satu pemain terbaik Liverpool sepanjang masa. Melihat sejarah, ternyata Liverpool pernah beberapa kali mendatangkan pemain dari AS Roma. Siapa saja pemain-pemain tersebut? Check this out!

1. Alberto Aquilani

5 Pemain Top yang Didatangkan Liverpool dari AS RomaAlberto Aquilani (belfasttelegraph.co.uk)

Liverpool mendatangkan Alberto Aquilani dar AS Roma pada bulan Agustus 2009 dengan biaya sebesar 20 juta euro atau sekitar Rp335 miliar. Aquilani merupakan jebolan tim akademi AS Roma. Ia promosi ke tim utama pada bulan Juli 2002. Ia berposisi sebagai gelandang tengah.

Selama 6 musim bersama AS Roma, Aquilani memainkan 149 pertandingan dengan torehan 15 gol dan 9 assist di semua kompetisi. Bersama AS Roma, Aquilani juga memenangkan 2 gelar Coppa Italia dan 1 gelar Piala Super Italia.

Bersama Liverpool, karier Alberto Aquilani malah meredup. Ia hanya bertahan semusim bersama Liverpool. Pria asal Italia tersebut hanya tampil sebanyak 28 kali dengan torehan 2 gol dan 6 assist di semua kompetisi. Aquilani juga tidak meraih satu gelar pun bersama Liverpool.

Alberto Aquilani sempat dipinjamkan ke Juventus dan AC Milan. Pada bulan Agustus 2012, Liverpool menjual Aquilani ke Fiorentina seharga 2 juta euro atau sekitar Rp33 miliar. Aquilani sudah pensiun sebagai pemain sepak bola. Klub terakhir yang ia bela adalah Las Palmas. Saat ini, ia sedang bekerja  sebagai pelatih tim akademi Fiorentina.

2. Doni

5 Pemain Top yang Didatangkan Liverpool dari AS RomaDoni (skysports.com)

Pada bulan Juli 2011, Liverpool mendatangkan Doni dari AS Roma secara bebas transfer. Doni merupakan kiper berkewarganegaraan Brasil. Tercatat, Doni telah memainkan 10 caps bersama Timnas Brasil.

Bersama AS Roma, Doni mampu mengemas 74 clean sheet. Ia kebobolan sebanyak 217 kali dalam 199 pertandingan. Selama 6 musim bersama AS Roma, Doni meraih 2 gelar Coppa Italia dan 1 gelar Piala Super Italia.

Sayangnya, Doni tidak menjadi pilihan utama ketika memutuskan untuk pindah ke Liverpool. Bahkan, Doni hanya tampil sebanyak 4 kali bersama Liverpool. Ia kebobolan sebanyak 3 kali dan mengemas 1 clean sheet.

Meskipun begitu, Doni tergabung dalam skuad Liverpool ketika menjuarai Piala Liga 2012. Saat ini Doni sudah pensiun sebagai pemain sepak bola. Klub terakhir yang ia bela adalah Botafogo.

Baca Juga: AS Roma, AC Milan, dan Napoli Berbagi Tahta Serie A

3. Fabio Borini

5 Pemain Top yang Didatangkan Liverpool dari AS RomaFabio Borini (skysports.com)

Berikutnya ada Fabio Borini. Penyerang asal Italia ini didatangkan Liverpool dari AS Roma pada bulan Juli 2012. Liverpool harus merogoh kocek sebesar 13,3 juta euro atau sekitar Rp222 miliar. Fabio Borini termasuk pemain yang sering bergonta-ganti klub.

Ia hanya semusim bersama AS Roma sebelum memutuskan pindah ke Liverpool. Bersama AS Roma, Borini memainkan 26 pertandingan dengan torehan 10 gol di semua kompetisi.

Karier Fabio Borini bersama Liverpool bisa dibilang tidak sukses. Selama 3 musim bersama Liverpool, Borini tampil sebanyak 38 kali dengan torehan 3 gol dan 3 assist di semua kompetisi.

Liverpool sempat meminjamkan Borini ke Sunderland sebelum menjualnya dengan harga sebesar 10,7 juta euro atau sekitar Rp179 miliar pada klub berjuluk The Black Cats tersebut. Saat ini, Borini masih aktif sebagai pemain sepak bola. Ia sedang membela klub Turki, Fatih Karagumruk.

4. Mohamed Salah

5 Pemain Top yang Didatangkan Liverpool dari AS RomaMohamed Salah (thisisanfield.com)

Liverpool mendatangkan Mohamed Salah dari AS Roma pada bulan Juli 2017. The Reds harus merogoh kocek sebesar 42 juta euro atau sekitar Rp703 miliar untuk mendapatkan pemain asal Mesir tersebut. Liverpool sangat tertarik dengan performa Salah saat masih membela AS Roma.

Di Liga Italia, Salah menjadi salah satu penyerang sayap yang sangat berbahaya. Selama 2 musim bersama AS Roma, Salah memainkan 83 pertandingan dengan torehan 34 gol dan 22 assist di semua kompetisi.

Karier Mohamed Salah semakin moncer ketika bersama Liverpool. Kepiawaiannya sebagai penyerap sayap membuat bek-bek Liga Inggris kocar-kacir. Salah benar-benar menjadi andalan Liverpool.

Hingga saat ini, Mohamed Salah sudah memainkan 208 pertandingan dengan torehan 129 gol dan 49 assist di semua kompetisi. Salah juga telah memenangkan 1 gelar Liga Inggris dan 1 gelar Liga Champions untuk The Reds. Selain itu, Salah tercatat 2 kali meraih gelar top skor Liga Inggris.

5. Alisson Becker

5 Pemain Top yang Didatangkan Liverpool dari AS RomaAlisson (bleacherreport.com)

Alisson juga termasuk kiper yang didatangkan Liverpool dari AS Roma. Pemain berkebangsaan Brasil tersebut dibeli dengan harga yang cukup mahal, yakni 62,5 juta euro atau sekitar Rp1 triliun.

Penjualan Alisson ke Liverpool membuat AS Roma meraih keuntungan besar. Sebelumnya, AS Roma membeli Alisson dari klub asal Brasil, Internacional, dengan harga 8 juta euro atau sekitar Rp134 miliar. Bersama AS Roma, Alisson mencatatkan  64 pertandingan. Ia kebobolan sebanyak 66 kali dan mampu mengemas 26 clean sheet.

Alisson tak meraih satu gelar pun bersama AS Roma. Namun, ia meraih banyak kesuksesan ketika menjadi pemain Liverpool. Bersama Liverpool, Alisson memenangkan 1 gelar Liga Inggris dan 1 gelar Liga Champions.

Saat ini Alisson masih tergabung dalam skuad Liverpool. Alisson merupakan salah satu kiper terbaik di Liga Inggris saat ini. Tercatat, ia mampu mengemas 62 clean sheet. Ia kebobolan sebanyak 107 kali dalam 135 pertandingan bersama Liverpool.

 

Itulah deretan pemain Liverpool yang didatangkan dari AS Roma. Liverpool kabarnya juga sedang mengincar pemain dari AS Roma, yakni Lorenzo Pellegrini. Bahkan, Liverpool bisa mendapatkannya secara gratis karena kontrak sang pemain tersisa tak sampai satu tahun.

Baca Juga: Kisah Sedih di Balik Tandukan Super Alisson Becker

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya