Comscore Tracker

5 Pemain yang Direkrut Real Madrid dari Klub Medioker Liga Inggris

Ada yang sudah menjadi pelatih!

Real Madrid merupakan klub salah satu klub terbesar dan kaya di Eropa. Klub yang bermarkas di Stadion Santiago Bernabeu tersebut terkenal dengan proyek ambisius yang bernama Los Galacticos, yakni sebuah proyek besar dengan mendatangkan pemain bintang yang memiliki harga selangit.

Pemain-pemain bintang seperti Zinedine Zidane, Cristiano Ronaldo, Gareth Bale, hingga Eden Hazard merupakan bagian dari dari proyek Los Galacticos. Meskipun sering membeli pemain bintang dengan harga mahal, ternyata Real Madrid juga beberapa kali merekrut pemain yang tidak begitu terkenal.

Bahkan pemain-pemain tersebut berasal dari klub medioker. Klub yang berjuluk Los Blancos tersebut pernah beberapa kali merekrut pemain yang berasal dari klub medioker Liga Inggris. Penasaran siapa saja mereka? Check this out!

1. Laurie Cunningham

5 Pemain yang Direkrut Real Madrid dari Klub Medioker Liga InggrisLaurie Cunningham (realtotal.de)

Pemain sayap kiri ini direkrut Real Madrid dari West Bromwich Albion pada bulan Juli 1979. Real Madrid membelinya dengan biaya transfer sebesar 1,17 juta euro atau sekitar Rp19 miliar. Cunningham hanya bertahan tiga musim di Real Madrid, yakni musim 1979/1980 hingga musim 1981/1982.

Bersama Real Madrid, Laurie Cunningham berhasil memenangkan 1 gelar La Liga dan 2 gelar Copa Del Rey. Pemain asal Inggris tersebut mampu tampil sebanyak 61 pertandingan bersama Real Madrid dengan torehan 19 gol di semua kompetisi. Laurie Cunningham telah meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas di Kota Madrid.

2. Jonathan Woodgate

5 Pemain yang Direkrut Real Madrid dari Klub Medioker Liga InggrisJonathan Woodgate (sportingnews.com)

Bek tengah asal Inggris ini direkrut Real Madrid dari Newcastle United pada bulan Agustus 2004. Pria yang memiliki nama lengkap Jonathan Simon Woodgate ini dibeli dengan harga sebesar 18,3 juta euro atau sekitar Rp312 miliar. Woodgate tampil sangat buruk bersama Real Madrid. Bahkan, Woodgate mencetak gol bunuh diri dan juga mendapat kartu merah di laga debutnya bersama klub berjuluk Los Blancos tersebut.

Selama berkarier di Santiago Bernabeu, Jonathan Woodgate hanya bermain sebanyak 14 kali dengan torehan 1 gol di semua kompetisi. Bisa dibilang, Woodgate merupakan salah satu pembelian terburuk Real Madrid. Pemain yang sering dibekap cedera ini belum pernah menyumbangkan trofi untuk Real Madrid.

Woodgate sudah pensiun sebagai pesepak bola sejak bulan Juli 2016. Klub terakhir yang ia bela ialah Middlesbrough. Saat ini, Woodgate berkerja sebagai caretaker alias pelatih sementara di klub Bournemouth.

Baca Juga: 6 Pemain Top yang Kariernya Menurun Setelah Gabung dengan Real Madrid

3. Thomas Gravesen

5 Pemain yang Direkrut Real Madrid dari Klub Medioker Liga InggrisThomas Gravesen (marca.com)

Real Madrid merekrut Thomas Gravesen dari Everton pada bulan Januari 2005. Gelandang bertahan asal Denmark ini dibeli dengan harga sebesar 3,4 juta euro atau sekitar Rp58 miliar. Real Madrid membutuhkan Gravesen untuk menggantikan peran Claude Makelele yang pindah ke Chelsea.

Thomas Gravesen hanya bertahan selama dua musim bersama Real Madrid. Kontribusinya tidak begitu banyak untuk klub berjuluk Los Blancos tersebut. Selama berkarier bersama Real Madrid, Gravesen tampil sebanyak 49 kali dengan torehan 1 gol.

Gravesen tidak meraih satu trofi pun bersama Real Madrid. Gravesen sudah pensiun sebagai pemain sepak bola. Ia menjadikan Celtic sebagai klub terakhirnya.

4. Lassana Diarra

5 Pemain yang Direkrut Real Madrid dari Klub Medioker Liga InggrisLassana Diarra (skysports.com)

Berikutnya ialah gelandang bertahan asal Prancis, Lassana Diarra. Real Madrid merekrut Diarra dari Portsmouth pada bulan Januari 2009. Los Blancos membeli Diarra dengan harga yang cukup mahal, yakni 20 juta euro atau sekitar Rp341 miliar. Diarra direkrut untuk menggantikan peran Mahamadou Diarra dan Ruben de la Red.

Bersama Real Madrid, Lassana Diarra berhasil memenangkan 1 gelar La Liga, 1 gelar Copa Del Rey, dan 1 gelar Piala Super Spanyol. Diarra tercatat telah memainkan 116 pertandingan bersama Real Madrid dengan torehan 1 gol dan 7 assist di semua kompetisi. Saat ini, Diarra sudah pensiun sebagai pemain sepak bola. Klub terakhir yang ia bela ialah Paris Saint-Germain.

5. Julien Faubert

5 Pemain yang Direkrut Real Madrid dari Klub Medioker Liga InggrisJulien Faubert (marca.com)

Real Madrid merekrut Julien Faubert dari West Ham United pada bulan Januari 2009 dengan status pinjaman. Permain berkewarganegaraan Martinik tersebut merupakan salah satu pembelian terburuk Real Madrid. Bahkan, Faubert pernah tertangkap kamera tertidur di bangku cadangan ketika Real Madrid sedang bermain.

Julien Faubert hanya memainkan dua pertandingan untuk Real Madrid. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan tersebut juga tidak pernah mencetak gol maupun assist. Meskipun begitu, Faubert tentunya bangga bisa tercatat sebagai salah satu pemain yang pernah membela Real Madrid.

 

Mereka semua memang bukan pemain yang memiliki nama besar. Bahkan mereka berasal dari klub medioker. Mereka tentunya tidak menyangka bisa bergabung dengan klub sekelas Real Madrid. Menurutmu, apakah Real Madrid akan kembali merekrut pemain dari klub medioker Liga Inggris?

Baca Juga: 5 Rekrutan Terburuk Real Madrid Satu Dekade Terakhir, Gagal Bersinar!

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya