5 Pemain Kroasia yang Pernah Berkarier Bersama Real Madrid

Ada yang berhasil memenangkan Ballon d'Or!

Pada gelaran Piala Dunia 2018 lalu, Kroasia secara mengejutkan bisa lolos ke babak final meskipun menelan kekalahan 2-4 atas Prancis. Hal tersebut menunjukkan bahwa perkembangan sepak bola di Kroasia semakin meningkat. Mereka tidak lagi dipandang sebelah mata. Indikasi peningkatan sepak bola Kroasia bisa kita lihat dari kiprah para pemainnya di klub-klub papan atas Eropa.

Luka Modric adalah salah satu pemain asal Kroasia yang sukses di kompetisi Eropa. Luka Modric memiliki peranan penting di Real Madrid. Ia adalah pengatur permainan bagi klub berjuluk Los Blancos tersebut. Modric masih tak tergantikan di Real Madrid meskipun usianya sudah menginjak 35 tahun.

Berbagai gelar sudah Modric persembahkan untuk Real Madrid, termasuk 2 gelar La Liga dan 4 gelar Liga Champions. Ternyata, Luka Modric bukan satu-satunya pemain asal Kroasia yang pernah berkarier bersama Real Madrid. Penasaran siapa saja pemain asal Kroasia yang pernah berkarier bersama Real Madrid? Check this out!

1. Robert Prosinecki

5 Pemain Kroasia yang Pernah Berkarier Bersama Real MadridRobert Prosinecki (besoccer.com)

Real Madrid mendatangkan Robert Prosinecki dari Red Star Belgrade pada bulan Juli 1991. Real Madrid merekrut Prosinecki karena tampil apik bersama Red Star Belgrade. Sebelum bergabung dengan Real Madrid, Prosinecki sukses mengantarkan Red Star Belgrade meraih gelar juara Liga Champions musim 1990/1991. Saat itu, Prosinecki diakui sebagai salah satu pemain terbaik di Eropa.

Sayangnya, Robert Prosinecki tidak bisa menunjukkan performa terbaiknya bersama Real Madrid. Berbagai cedera yang ia derita membuatnya tersingkir dari Real Madrid. Selama berkarier bersama Real Madrid, Robert Prosinecki memainkan 74 pertandingan dengan torehan 12 gol. Pada bulan Juli 1994, Robert Prosinecki dipinjamkan ke Real Oviedo. Prosinecki tampil cukup bagus besama Real Oviedo. Meskipun begitu, Real Madrid tidak ingin mempertahankannya. Ia akhirnya dijual ke Barcelona pada bulan juli 1995.

2. Davor Suker

5 Pemain Kroasia yang Pernah Berkarier Bersama Real MadridDavor Suker (thesun.ie)

Penampilan luar biasa Davor Suker saat masih membela Sevilla membuat pihak Real Madrid tertarik untuk merekrutnya. Pada bulan Juli 1996, Real Madrid membeli Davor Suker dari Sevilla dengan biaya sebesar 11 juta euro atau setara dengan Rp188 miliar.

Selama berkarier bersama Real Madrid, Suker juga menunjukkan penampilan yang luar biasa. Ia menjadi penyerang andalan Real Madrid. Puncak kesuksesannya terjadi pada tahun 1998, saat mengantarkan Real Madrid meraih juara Liga Champions. Dari 111 penampilan bersama Real Madrid, Suker berhasil mencetak 49 gol dan 2 assist. Davor Suker mengakhiri karier di Real Madrid pada bulan Juli 1999 dengan pindah ke klub Liga Inggris, Arsenal.

Baca Juga: Meski Kalah, 5 Pemain Kroasia Ini Bersinar di Piala Eropa 2020

3. Robert Jarni

5 Pemain Kroasia yang Pernah Berkarier Bersama Real MadridRobert Jarni (sportcom.hr)

Robert Jarni direkrut Real Madrid dari sesama klub La Liga, yakni Real Betis. Perekrutan tersebut dilakukan pada bulan Juli 1998. Pemain asal Kroasia tersebut berposisi sebagai bek kiri. Sayangnya, karier Robert Jarni tidak mentereng di Real Madrid.

Robert Jarni sering menjadi cadangan dan hanya bertahan satu musim di Real Madrid. Pada bulan Juli 1999, Real Madrid menjual Robert Jarni ke Las Palmas. Bersama Real Madrid, Robert Jarni hanya mampu tampil sebanyak 36 pertandingan dengan torehan 3 gol dan 4 assist.

4. Luka Modric

5 Pemain Kroasia yang Pernah Berkarier Bersama Real MadridLuka Modric (foxsports.com.mx)

Luca Modric bisa dibilang pemain Kroasia tersukses sepanjang sejarah. Ia berhasil memenangkan Ballon d'Or 2018. Prestasi tersebut tak lepas dari penampilan apiknya bersama Real Madrid dan Timnas Kroasia. Luka Modric adalah nyawa dari permainan Real Madrid maupun Kroasia. Saat ini peran Luka Modric masih sangat dibutuhkan meskipun usianya sudah menginjak 35 tahun.

Luka Modric merupakan salah satu pembelian terbaik Real Madrid dalam 10 tahun terakhir. Pemain asal Kroasia ini dibeli Real Madrid dari Tottenham Hotspur pada bulan Agustus 2012 dengan biaya sebesar 35 juta euro atau setara dengan Rp600 miliar. Sempat dicap pemain terburuk La Liga oleh para pendukung Real Madrid, Luka Modric tidak patah semangat. Ia sukses menunjukkan perannya sebagai salah satu pemain terpenting di Real Madrid.

Bersama Real Madrid, Luka Modric sudah tampil sebanyak 391 pertandingan dengan torehan 28 gol dan 61 assist di semua kompetisi. Saat ini, Luka Modric masih aktif sebagai pemain Real Madrd. Karier Luka Modric sebagai pemain sepak bola memang sudah memasuki usia senja dan masa pensiunnya pun semakin dekat. Namun, ia bertekad untuk terus mengerahkan seluruh kemampuan terbaiknya. Ia akan terus berjuang untuk membantu Real Madrid meraih banyak gelar. Ia ingin pensiun di Real Madrid dengan raihan berbagai gelar.

5. Mateo Kovacic

5 Pemain Kroasia yang Pernah Berkarier Bersama Real MadridMateo Kovacic (goal.com)

Mateo Kovacic tampil cemerlang ketika masih membela Inter Milan. Ia menjadi gelandang andalan Inter Milan meskipun usianya masih sangat muda. Selama 2,5 musim membela Inter Milan, Kovacic sudah memainkan 97 pertandingan dengan torehan 8 gol dan 11 assist di semua kompetisi.

Real Madrid sangat tertarik untuk merekrut Kovacic. Klub berjuluk Los Blancos tersebut ingin menjadikannya sebagai pelapis sekaligus penerus Luka Modric. Pada bulan Agustus 2015, Kovacic memutuskan untuk menerima pinangan Real Madrid dengan biaya transfer sebesar 38 juta euro atau setara dengan Rp651 miliar.

Mateo Kovacic sebenarnya sangat menjanjikan di Real Madrid. Namun, performa Luka Modric yang begitu apik membuat Kovacic tidak memiliki banyak kesempatan bermain. Ia hanya mampu tampil sebanyak 109 pertandingan dengan torehan 3 gol dan 8 assist di semua kompetisi. Untuk menjaga perkembangannya, Real Madrid terpaksa harus meminjamkan Kovacic ke Chelsea pada bulan Agustus 2018. Kovacic akhirnya memutuskan untuk bergabung ke Chelsea secara permanen pada bulan Juli 2019 dengan biaya transfer sebesar 45 juta euro atau setara dengan Rp771 miliar.

Itulah deretan pemain asal Kroasia yang pernah berkarier bersama Real Madrid. Saat ini, Luka Modric tetap menjadi andalan di Real Madrid. Ia baru saja memperpanjang kontraknya hingga tahun 2022. Apakah Luka Modric akan kembali meraih trofi bersama Real Madrid?

Baca Juga: 5 Kandidat Pengganti Luka Modric di Real Madrid, Siapa Saja Mereka?

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya