5 Pemain Liverpool yang Dijual ke Klub Liga Inggris dengan Harga Mahal

Ada yang dijual saat berusia 20 tahun

Dalam dunia sepak bola, sebuah klub kadang terpaksa menjual pemainnya untuk menyelamatkan keuangan klub. Padahal, pemain tersebut masih sangat dibutuhkan tenaganya untuk bersaing dengan klub-klub lainya. Bahkan, pihak klub rela menjual ke kompetitor sesama liga demi mendapatkan uang yang dibutuhkan.

Liga Inggris merupakan liga yang paling aktif dalam aktivitas transfer pemain. Anggaran yang dikeluarkan oleh klub-klub Liga Inggris juga sangat besar. Bahkan, nilai transfer untuk sesama klub Liga Inggris juga sangat fantastis.

Liverpool sebagai salah satu klub raksasa Liga Inggris juga sering melakukan transfer pemain ke sesama klub Liga Inggris. Tercatat, Liverpool pernah menjual beberapa pemainnya ke klub sesama Liga Inggris dengan harga yang cukup mahal. Siapa saja mereka? Check this out!

1. Raheem Sterling - 63,7 juta euro

5 Pemain Liverpool yang Dijual ke Klub Liga Inggris dengan Harga MahalRaheem Sterling (bleacherreport.com)

Hingga saat ini, Raheem Sterling menjadi penjualan termahal Liverpool ke sesama klub Liga Inggris. Liverpool menjual Sterling ke Manchester City pada bulan Juli 2015 dengan harga sebesar 63,7 juta euro atau sekitar Rp1 triliun.

Saat itu, Raheem Sterling masih berusia 20 tahun. Meskipun berusia muda, kontribusinya bersama Liverpool begitu nyata. Menurut catatan Transfermarkt, Sterling telah memainkan 129 pertandingan dengan torehan 23 gol dan 25 assist di semua kompetisi.

Liverpool terpaksa menjual Raheem Sterling ke Manchester City karena pemain keturunan Jamaika itu ditawari gaji berkali-kali lipat dengan gajinya di Liverpool. Raheem Sterling pun menunjukkan ketertarikan dengan tawaran Manchester City tersebut.

Pihak The Reds tidak bisa menahan Raheem Sterling lebih lama lagi. Suatu saat, Sterling akan segera pindah. Liverpool tentunya tidak ingin kepergian Sterling tak menghasilkan apa pun alias bebas transfer. Akhirnya, Liverpool menerima tawaran dari Manchester City. Saat ini, Sterling menjadi salah satu pemain yang diandalkan oleh Manchester City.

2. Fernando Torres - 58,5 juta euro

5 Pemain Liverpool yang Dijual ke Klub Liga Inggris dengan Harga MahalFernando Torres (skysports.com)

Berikutnya ada pemain asal Spanyol, Fernando Torres. Liverpool menjual Torres pada bulan Januari 2011 dengan harga sebesar 58,5 juta euro atau sekitar Rp977 miliar. Transfer tersebut benar-benar mengejutkan semua pihak, tak terkecuali Jamie Carragher, kapten Liverpool kala itu.

Menurut Jamie Carragher, performa Torres sedang menurun beberapa bulan terakhir. Keputusan Chelsea untuk membeli Torres dengan harga selangit benar-benar membuat dirinya terkejut. Ia pun merasa Liverpool mendapatkan keuntungan yang sangat besar atas penjualan Torres.

Fernando Torres memang memiliki catatan yang luar biasa selama membela Liverpool. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Torres telah memainkan 142 pertandingan dengan torehan 81 gol dan 20 assist di semua kompetisi bersama Liverpool.

Penilaian Jamie Carragher tentang performa Torres ternyata sangat tepat sekali. Torres benar-benar tidak bisa menunjukkan performa terbaiknya ketika membela Chelsea. Catatan Transfermarkt menyebutkan Torres telah memainkan 172 pertandingan dengan torehan 45 gol dan 35 assist di semua kompetisi bersama Chelsea. Saat ini, Torres sudah pensiun sebagai pemain sepak bola. Klub terakhir yang ia bela adalah Sagan Tosu.

Baca Juga: Daftar Pencetak 100 Gol untuk Liverpool

3. Christian Benteke - 31,2 juta euro

5 Pemain Liverpool yang Dijual ke Klub Liga Inggris dengan Harga MahalChristian Benteke (bleacherreport.com)

Pada bulan Agustus 2016, Liverpool menjual Christian Benteke ke Crystal Palace dengan nilai transfer sebesar 31,2 juta euro atau sekitar Rp521 miliar. Benteke merupakan penyerang berkewarganegaraan Belgia.

Sebelumnya, Liverpool mendapatkan Christian Benteke dari Aston Villa dengan harga yang sangat mahal, yakin 46,5 juta euro atau sekitar Rp776 miliar. Liverpool tertarik dengan ketajaman Benteke selama 3 musim bersama Aston Villa. Menurut catatan Transfermarkt, Benteke berhasil mengemas 49 gol dan 12 assist di semua kompetisi bersama Aston Villa.

Sayangnya, Christian Benteke meredup bersama Liverpool. Benteke hanya bertahan satu musim di Liverpool. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Benteke hanya mencetak 10 gol dan 6 assist dalam 42 pertandingan bersama The Reds di semua kompetisi.

Beruntungnya, The Reds masih bisa menjual Benteke ke Crystal Palace dengan harga yang cukup mahal juga. Saat ini, Benteke masih aktif sebagai pemain Crystal Palace dan menjadi andalan di sana.

4. Mamadou Sakho - 28,2 juta euro

5 Pemain Liverpool yang Dijual ke Klub Liga Inggris dengan Harga MahalMamadou Sakho (liverpoolecho.co.uk)

Mamadou Sakho juga termasuk pemain yang dijual Liverpool dengan harga mahal ke sesama klub Liga Inggris. Liverpool sempat meminjamkan Sakho terlebih dahulu ke Crystal Palace pada bulan Januari 2017. Akhirnya Crystal Palace mempermanenkan status Sakho pada bulan Agustus 2017 dengan menggelontorkan dana sebesar 28,2 juta euro atau sekitar Rp471 miliar.

Mamadou Sakho sempat menjadi bek andalan Liverpool di era Brendan Rodgers. Namun, performanya semakin meredup ketika masa kepelatihan Jurgen Klopp. Menurut catatan Transfermarkt, Sakho telah memainkan 80 pertandingan dengan torehan 3 gol di semua kompetisi bersama Liverpool.

Mamadou Sakho dinilai tak punya koordinasi bagus di lini pertahanan Liverpool. Bahkan, Sakho kerap melakukan hal-hal sembrono yang membahayakan pertahanan Liverpool. Hal tersebut membuat Liverpool rela melepas bek tengah berkewarganegaraan Prancis tersebut ke Crystal Palace.

Saat ini, Mamadou Sakho juga sudah tidak bermain untuk Crystal Palace. Ia meninggalkan klub berjuluk The Eagles tersebut untuk menuju Montpellier pada bulan Juli 2021 kemarin dengan status bebas transfer.

5. Danny Ings - 25,1 juta euro

5 Pemain Liverpool yang Dijual ke Klub Liga Inggris dengan Harga MahalDanny Ings (skysports.com)

Selanjunya ada Dani Ings, pemain asal Inggris yang berposisi sebagai penyerang. Liverpool sempat meminjamkan Ings ke Southampton pada bulan Agustus 2018 sebelum akhirnya menjualnya secara permanen pada klub berjuluk The Saints tersebut. Penjualan Ings ke Southampton terjadi pada bulan Juli 2019 dan menghasilkan dana sebesar 25,1 juta euro atau sekitar Rp419 miliar.

Selama berkarier untuk Liverpool, Dani Ings tidak menunjukkan performa yang gemilang. Menurut catatan Transfermarkt,  Ings hanya memainkan 25 pertandingan dengan torehan 4 gol dan 1 assist di semua kompetisi bersama Liverpool.

Performa Dani Ings justru meningkat ketika bermain bersama Southampton. Catatan Transfermarkt menyebutkan selama membela Southampton, Ings mencatatkan 100 pertandingan dengan torehan 46 gol dan 10 assist di semua kompetisi.

Hal tersebut membuat Dani Ings menjadi incaran klub-klub Liga Inggris, termasuk Manchester United. Dari berbagai tawaran yang ditujukan kepada Ings, pihak Southampton akhirnya melepas Ings ke Aston Villa pada bulan Agustus 2021 kemarin dengan harga sebesar 29,42 juta euro atau sekitar Rp491 miliar.

 

Itulah deretan pemain yang dijual Liverpool ke klub sesama Liga Inggris. Saat ini, pemain Liverpool yang memiliki nilai pasar yang paling tinggi ialah Sadio Mane dan Mohamed Salah. Apakah Liverpool juga akan menjualnya ke klub sesama liga Inggris bila ada tawaran yang menggiurkan?

Baca Juga: 10 Potret Keren Danny Ings, Striker Andalan Southampton

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya