5 Pemain Muda Terbaik Portugal yang Kini Berkarier di Premier League

Ada titisan Lionel Messi

Portugal merupakan salah satu negara penghasil pemain sepak bola berkualitas. Liga seperti Premier League menjadi hunian bagi para pemain Portugal untuk membuktikan kualitas mereka.

Cristiano Ronaldo adalah contoh sukses pemain Portugal di Liga Inggris kasta tertinggi. Ia mulai berkarier di Premier League saat usianya masih sangat muda. Ronaldo pun berhasil mencatatkan diri sebagai salah satu pemain terbaik dunia.

Kesuksesan Ronaldo menjadi inspirasi para pemain Portugal lainnya. Ada banyak pemain Portugal yang berkarier di Liga Inggris saat ini.

1. Fabio Silva

5 Pemain Muda Terbaik Portugal yang Kini Berkarier di Premier LeagueFabio Silva (thisisfutbol.com)

Fabio Silva merupakan pemain Portugal yang berposisi sebagai penyerang tengah. Pemuda berusia 19 tahun ini merupakan jebolan akademi FC Porto. Ia berhasil promosi ke tim utama FC Porto pada musim panas 2019.

Saat ini, Silva berkarier di Liga Inggris bersama Wolverhampton Wanderers. Pihak Wolves membeli Fabio Silva dari FC Porto pada musim panas 2020 dengan harga tinggi, yakni sebesar 40 juta euro atau saat ini sekitar Rp649 miliar.

Fabio Silva sangat berbakat dalam menjalankan tugasnya sebagai penyerang tengah. Ia memiliki kemampuan teknis yang hebat serta kecerdasan di atas rata-rata. Ia dinilai bisa menjadi penyerang tengah top dunia pada masa depan.

2. Pedro Neto

5 Pemain Muda Terbaik Portugal yang Kini Berkarier di Premier LeaguePedro Neto (skysports.com)

Pedro Neto berposisi sebagai penyerang sayap kiri. Jebolan akademi Braga ini masih berusia 21 tahun. Ia berhasil promosi ke tim utama Braga pada musim panas 2017.

Sayangnya, Pedro Neto gagal berkembang bersama Braga. Ia pun dipinjamkan ke Lazio pada musim panas itu juga. Neto dipinjamkan selama dua tahun dengan kewajiban pembelian pada akhir peminjaman.

Ternyata Neto juga gagal berkembang bersama Lazio. Pihak Lazio memutuskan untuk menjualnya ke Wolverhampton Wanderers pada musim panas 2019 dengan harga sebesar 17,9 juta euro atau saat ini sekitar Rp290 miliar.

Bersama Wolves, Pedro Neto berkembang pesat. Ia sangat piawai dalam mengobrak-abrik pertahanan lawan. Ia bisa mencetak gol dan menciptakan assist.

Pedro Neto pun mulai diincar klub-klub besar, termasuk Manchester United. Sayangnya, ia belum bisa tampil musim ini karena mengalami cedera lutut parah. Neto masih sangat muda. Ia memiliki banyak waktu untuk mengembangkan kariernya setelah pulih.

Baca Juga: Deretan Pemain Muda yang Lebih Mahal dari Cristiano Ronaldo pada 2004

3. Nuno Tavares

5 Pemain Muda Terbaik Portugal yang Kini Berkarier di Premier LeagueNuno Tavares (arsenal.com)

Nuno Tavares merupakan pemain Portugal yang berposisi sebagai bek kiri. Saat ini, ia masih berusia 21 tahun.

Pada musim panas 2021, Tavares pindah ke Arsenal. Sebelumnya, ia merupakan pemain Benfica. Transfer Tavares dari Benfica ke Arsenal memakan biaya sebesar 8 juta euro atau saat ini sekitar Rp129 miliar.

Pihak Arsenal tertarik merekrut Nuno Tavares karena dinilai bisa bermain efektif dalam menyerang maupun bertahan. Tavares juga memiliki akurasi umpan yang cukup baik, berani  dalam melakukan tekel, serta piawai dalam memotong serangan lawan.

Usianya juga masih sangat muda. Ia dipercaya bakal menjadi salah satu bek kiri terbaik dunia pada masa depan.

4. Francisco Trincao

5 Pemain Muda Terbaik Portugal yang Kini Berkarier di Premier LeagueFrancisco Trincao (birminghammail.co.uk)

Ada pula nama Francisco Trincao, pemain Portugal yang berposisi sebagai penyerang sayap kanan. Pria berusia 22 tahun ini juga jebolan akademi Braga. Ia berhasil promosi ke tim utama Braga pada musim panas 2018.

Talenta yang dimiliki Trincao  tercium Barcelona. Pada musim panas 2020, ia direkrut Barcelona dari Braga dengan biaya transfer sebesar 31 juta euro atau saat ini sekitar Rp503 miliar.

Sayangnya, Francisco Trincao lebih sering menjadi penghangat bangku cadangan Barcelona. Pada 2021/2022 ini, Barcelona memilih untuk meminjamkan Trincao ke Wolverhampton Wanderers demi menjaga potensinya.

Pihak Barcelona masih percaya bahwa Trincao bisa menjadi pemain hebat pada masa depan. Trincao sendiri dianggap sebagai titisan Lionel Messi. Selain memiliki kreativitas, Ia piawai dalam melakukan penetrasi dan menggiring bola ke daerah pertahanan lawan.

5. Diogo Dalot

5 Pemain Muda Terbaik Portugal yang Kini Berkarier di Premier LeagueDiogo Dalot (skysports.com)

Diogo Dalot merupakan pemain Portugal yang berposisi sebagai bek kanan. Saat ini, ia berusia 22 tahun. Ia merupakan jebolan akademi FC Porto. Dalot berhasil promosi ke tim utama FC Porto pada musim dingin 2018.

Talenta Dalot ternyata menarik minat Manchester United. Pada musim panas 2018, Manchester United resmi merekrut Dalot dari FC Porto seharga 22 juta euro atau saat ini sekitar Rp357 miliar.

Sayangnya, Diogo Dalot tampil di luar ekspektasi. Ia gagal bersaing dengan Aaron Wan-Bissaka. Pada musim panas 2020, pihak Manchester United memutuskan untuk meminjamkan Dalot ke AC Milan.

Dalot mampu tampil cemerlang bersama AC Milan. Berdasarkan catatan Transfermarkt, ia mencatatkan 33 pertandingan bersama AC Milan dengan torehan 2 gol dan 3 assist di semua kompetisi. Musim ini, Dalot kembali ke Manchester United. Ia mulai mendapatkan tempat di tim utama Manchester United.

Itulah beberapa deretan pemain muda terbaik Portugal yang saat ini berkarier di Liga Inggris. Lantas, siapakah yang paling sukses pada masa depan?

Baca Juga: Crystal Palace Bidik Wonderkid Arsenal Jika Tak Jadi ke Jerman

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya