Comscore Tracker

5 Pemain Top yang Pernah Didatangkan AC Milan dari Klub Liga Prancis

Mike Maignan menjadi yang terbaru!

Liga Prancis merupakan salah satu dari lima liga top Eropa yang sering menjadi perhatian para pecinta sepak bola. Kualitas dari para pemain sepak bola yang merumput di Liga Prancis tidak bisa dianggap remeh. Ada banyak pemain top dunia yang mengawali karier sepak bolanya di Liga Prancis.

Pemain yang merumput di Liga Prancis banyak yang menjadi incaran klub-klub besar Eropa salah satunya AC Milan. Klub yang berjuluk Rossoneri itu beberapa kali mendatangkan pemain top dari klub Liga Prancis. Lantas, siapa saja pemain tersebut? Check this out!

1. George Weah

5 Pemain Top yang Pernah Didatangkan AC Milan dari Klub Liga PrancisGeorge Weah (goal.com)

George Weah didatangkan AC Milan dari Paris Saint Germain pada bulan Juli 1995. Penyerang tengah asal Liberia itu dibeli AC Milan dengan harga 6,9 juta Euro atau setara dengan Rp120 miliar. George Weah tampil sangat impresif bersama AC Milan. Ia terkenal sebagai striker yang lihai mengobrak-abrik pertahanan lawan. Bahkan, ia mampu memenangkan Ballon d'Or 1995.

Selama membela AC Milan, George Weah berhasil meraih 2 gelar Liga Italia musim 1995/1996 dan 1998/1999. Weah juga berhasil mencetak 58 gol dan 39 assist dari 147 pertandingan. Weah pensiun sebagai pemain sebak bola sejak bulan Juli 2003. Klub terakhir yang ia bela adalah Al-Jazira

2. Leonardo

5 Pemain Top yang Pernah Didatangkan AC Milan dari Klub Liga PrancisLeonardo (rossoneriblog.com)

Pemain top berikutnya yang didatangkan AC Milan dari klub Liga Prancis ialah Leonardo. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini didatangkan AC Milan dari Paris Saint Germain pada bulan Agustus 1997. AC Milan harus membayar biaya transfer sebesar 8,5 juta Euro atau setara dengan Rp148 miliar untuk mendapatkan jasa pemain asal Brasil tersebut.

Bersama AC Milan, Lenardo berhasil meraih 1 gelar Liga Italia pada musim 1998/1999 dan 1 gelar Piala Italia musim 2002/2003. Selama membela AC Milan, Leonardo berhasil mencetak 30 gol dan 18 assist dari 124 pertandingan. Leonardo pensiun sebagai pemain sepak bola pada bulan Maret 2003. AC Milan menjadi klub terakhir yang ia bela.

3. Yoann Gourcuff

5 Pemain Top yang Pernah Didatangkan AC Milan dari Klub Liga PrancisYoann Gourcuff (goal.com)

Yoann Gourcuff merupakan pemain asal Prancis yang berposisi sebagai gelandang serang. Gourcuff diboyong AC Milan dari Stade Rennais pada bulan Juli 2006 dengan harga 4,5 juta Euro atau setara dengan Rp78 miliar. Bersama AC Milan, Gourcuff gagal menunjukkan performa terbaiknya. Ia kemudian dipinjamkan ke Girondins Bordeaux pada bulan Juli 2008.

Yoann Gourcuff mampu menunjukkan performa terbaiknya bersama Girondins Bordeaux. Setelah masa peminjamannya habis, AC Milan memutuskan untuk menjual Gourcuff ke Girondins Bordeaux pada bulan Juni 2009 dengan biaya transfer sebesar 13,5 juta Euro atau setara dengan Rp235 miliar.

Selama membela AC Milan, Gourcuff hanya mampu mencetak 3 gol dan 7 assist dari 54 pertandingan di semua kompetisi. Meskipun begitu, Gourcuff ikut serta mengantarkan AC Milan meraih gelar Liga Champions musim 2006/2007. Saat ini, Gourcuff sedang berhenti sejenak dari dunia sepak bola.

Baca Juga: 5 Pemain yang Bisa Menggantikan Peran Hakan Calhanoglu di AC Milan

4. Rafael Leao

5 Pemain Top yang Pernah Didatangkan AC Milan dari Klub Liga PrancisRafael Leao (juvefc.com)

Rafael Leao merupakan striker muda asal Portugal yang sedang naik daun. AC Milan mendatangkan Rafael Leao dari LOSC Lille pada bulan Agustus 2019 dengan biaya transfer sebesar 29,5 juta Euro atau setara dengan Rp515 miliar. Rafael Leao merupakan aset masa depan AC Milan. Bersama AC Milan, Rafael Leao telah mencetak 13 gol dan 9 assist dari 73 pertandingan di semua kompetisi.

Pemain jebolan akademi Sporting Lisbon ini juga mencatatkan rekor langka bersama AC Milan. Pada bulan Desember 2020, ia berhasil mencetak gol cepat ke gawang Sassuolo. Rafael Leao mampu mencetak gol dalam waktu 6,2 detik setelah peluit babak pertama dimulai. Gol tersebut juga menjadi gol tercepat sepanjang sejarah Liga Italia Serie A.

5. Mike Maignan

5 Pemain Top yang Pernah Didatangkan AC Milan dari Klub Liga PrancisMike Maignan (onhike.com

Berikutnya ada Mike Maignan yang baru saja didatangkan AC Milan dari LOSC Lille dengan biaya transfer sebesar 13 juta Euro atau setara dengan Rp234 miliar. Mike Maignan akan tercatat sebagai pemain AC Milan pada bulan Juli 2021 nanti atau saat kontraknya dengan LOSC Lille resmi berakhir.

Mike Maignan merupakan kiper asal Prancis yang tampil apik musim 2020/2021 kemarin. Tercatat, Maignan mampu mengemas 21 clean sheet. Ia hanya kebobolan 23 kali dalam 38 pertandingan Liga Prancis yang ia lakoni musim 2020/2021 kemarin. Kemenangan LOSC Lille dalam perebutan gelar juara Liga Prancis tak lepas dari kontribusi dirinya.

Musim depan, AC Milan akan berkompetisi di Liga Champions. Untuk menghadapi kompetisi besar tersebut, AC Milan tentunya memerlukan banyak pemain baru untuk menambah kekuatan. Apakah AC Milan akan mendatangkan pemain baru dari klub Prancis lagi?

Baca Juga: Hengkang dari AC Milan, ke Mana Gianluigi Donarumma Berlabuh?

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya