Comscore Tracker

Jadi Klub Terkaya, Ini yang Bisa Dibeli MU di Liga Indonesia

Mencengangkan!

Manchester United (MU) dinobatkan sebagai klub sepakbola terkaya di dunia tahun 2017. Seperti dilansir dari Goal.com, MU menjadi tim paling kaya di dunia dengan nilai kekayaan sebesar US$ 3,69 miliar. Jika dirupiahkan, nilai kekayaan MU senilai dengan Rp 49 triliun.

Kekayaan MU ini mengalahkan Barcelona yang menempati peringkat kedua dengan total kekayaan  US$ 3,64 miliar. Sedangkan juara Liga Champions 2017, Real Madrid menempati urutan ketiga dengan total kekayaan US$ 2,77 miliar.

Jadi Klub Terkaya, Ini yang Bisa Dibeli MU di Liga Indonesiamirror.co.uk

Nilai ini memang kontras jika dibandingkan dengan sepakbola Indonesia. Tapi kira-kira dengan kekayaan MU bisa beli apa ya di sepakbola Indonesia?

1. Membiayai Persib 21 musim!

Jadi Klub Terkaya, Ini yang Bisa Dibeli MU di Liga Indonesiayoutube.com

Pada awal tahun lalu, Forbes merilis daftar klub Indonesia terkaya tahun 2017. Hasilnya, Persib menempati peringkat pertama klub terkaya Indonesia 2017. Penempatan Persib sebagai klub terkaya didasarkan pada pengeluaran Persib sebesar Rp 2,24 triliun rupiah. Jika kekayaan MU seluruhnya digunakan untuk dana pengeluaran Persib, maka setan merah mampu membiayai 21 musim pengeluaran Persib.

2. Membangun 40 stadion termahal di Indonesia.

Jadi Klub Terkaya, Ini yang Bisa Dibeli MU di Liga Indonesiabolaindo.com

Di luar renovasi Gelora Bung Karno yang menghabiskan biaya lebih dari Rp 2 triliun, rekor pembangunan stadion baru saat ini dipegang oleh Batakan, Balikpapan. Pembangunan stadion milik Persiba yang belum lolos verifikasi ini menelan biaya hingga Rp 1,2 triliun. Artinya, kekeyaan setan merah bisa digunakan untuk membangun 40 stadion sekelas Batakan. 

Baca juga: 5 Bintang Sepak Bola yang Layak Terima Ballon d'Or Selain Messi dan Ronaldo

3. Mensponsori Liga Indonesia lebih dari 2 abad!

Jadi Klub Terkaya, Ini yang Bisa Dibeli MU di Liga Indonesiabola.net

Liga 1 sebagai kompetisi kasta tertinggi sepakbola Indonesia menerima kontrak senilai Rp 180 miliar dari dua sponsor utama mereka. Jika dana kekayaan MU digunakan untuk membiayai Liga 1 maka dapat digunakan untuk membiayai 272 musim. Wow!

4. Akan ada 4 ribu lebih pemain seharga Essien bermain di Indonesia.

Jadi Klub Terkaya, Ini yang Bisa Dibeli MU di Liga Indonesiacnnindonesia.com

Dilansir dari fourfourtwo.com Michael Essien masih menjadi pemain dengan bayaran termahal di Indonesia. Nilai Essien diperkirakan berada di kisaran Rp 11 miliar untuk kontrak satu musim. Jika total kekayaan MU digunakan untukmembeli Essien maka akan setara dengan 4.454 orang Essien!

5. Setara 742 kali bantuan FIFA.

Jadi Klub Terkaya, Ini yang Bisa Dibeli MU di Liga Indonesiapanditfootball.com

Dalam kegiatan operasionalnya, PSSI tidak hanya mengandalkan dana APBN dan sponsor, namun juga menerima bantuan dari PSSI. Setiap tahun, PSSI mendapat bantuan dana operasional sekitar Rp. 66 miliar/tahun. Jika dana bantuan FIFA diambil dari kekayaan MU maka dapat digunakan untuk bantuan selama 742 tahun.

Baca juga: Kekayaan 4 Miliarder Indonesia Setara Harta 100 juta Warga Miskin!

Topic:

Berita Terkini Lainnya