Menang Setelah 13 Tahun, Ini 7 Fakta tentang Timnas Andorra

Luas negaranya tak lebih besar dari Jakarta!

Timnas Andorra berhasil mengalahkan Hungaria dengan skor 1-0 dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018 pada Jumat (9/6). Banyak pihak yang tak menyangka Andorra bakal meraih kemenangan. Pasalnya, timnas Andorra sendiri adalah tim kecil di belantara Eropa yang sering jadi bulan-bulanan negara besar lainnya.

Tak hanya torehan tiga poin, kemenangan itu juga menjadi rekor tersendiri bagi mereka. Sebab, ini merupakan kali pertama mereka menang dalam laga kompetitif sejak tahun 2004. Rasa emosional pun melanda pemain Andorra. Seperti yang diberitakan espnfc.com, beberapa pemain Andorra bahkan terlihat menitikkan air mata tanda haru. 

Menang Setelah 13 Tahun, Ini 7 Fakta tentang Timnas Andorrathesun.co.uk

Di balik kemenangan fenomenal Andorra, ternyata ada sejumlah fakta menarik yang berhasil dihimpun IDN Times. Apa saja?

1. Setelah 66 laga tanpa kemenangan.

Menang Setelah 13 Tahun, Ini 7 Fakta tentang Timnas Andorradailymail.co.uk

Kemenangan 1-0 atas Hungaria adalah kemenangan perdana Andorra sejak September 2004. Andorra terakhir kali meraih kemenangan dengan skor 1-0 saat bertanding melawan Makedonia dalam kualifikasi Piala Dunia. Andorra sebenarnya juga menang melawan San Marino pada Februari 2017 lalu, namun hal itu tidak dihitung sebab hanya pertandingan persahabatan. Kemenangan ini juga sekaligus mengakhiri rekor 66 kali tanpa kemenangan di laga resmi. 

2. Statistik yang tidak "istimewa".

Menang Setelah 13 Tahun, Ini 7 Fakta tentang Timnas AndorraEPA via thesun.co.uk

Hal lain yang mengejutkan dalam pertandingan ini adalah fakta statistik pertandingan. Dalam pertandingan ini Andorra 'hanya' mengemas 8 tembakan, 5 di antaranya tembakan ke gawang. Selain itu, pertandingan tampak dikuasai Hungaria dengan penguasaan bola hampir 74%. Namun ajaibnya,  kiper Andorra melakukan 7 penyelamatan yang menghindarkan gawangnya dari kebobolan.

3. Sering jadi bulan-bulanan tim besar.

Menang Setelah 13 Tahun, Ini 7 Fakta tentang Timnas Andorrafifa.com

Seperti sudah menjadi kebiasaan, timnas Andorra kerap kali jadi lumbung gol bagi lawan. Salah satu kekalahan terbesar mereka adalah saat melawan Kroasia pada Oktober 2006 lalu. Saat itu, negara yang berada di eropa selatan ini digulung dengan skor 7-0. 

4. Kompetisi domestik yang "minimalis".

Menang Setelah 13 Tahun, Ini 7 Fakta tentang Timnas Andorraelconfidencial.com

Andorra bukanlah negara besar, luasnya hanya 467 km persegi, jauh lebih kecil dari Jakarta bahkan. Jumlah penduduknya pun tak banyak, hanya sekitar 85.000 jiwa. Mungkin ini salah satu faktor yang membuat Andorra hanya memiliki kompetisi yang "minimalis".

Andorra hanya memiliki dua kasta sepakbola profesional dalam liga domestiknya. Lucunya, kasta tertinggi, yaitu Primera Divisio hanya beranggotakan 8 klub. Sedangkan kasta divisi dua atau Segunda Divisio hanya diisi oleh 15 klub. 

Baca juga: Jadi Klub Terkaya, Ini yang Bisa Dibeli MU di Liga Indonesia

5. Klub FC Andorra bermain di liga tetangga.

Menang Setelah 13 Tahun, Ini 7 Fakta tentang Timnas Andorrayoutube.com

Hal yang menarik lagi adalah bahwa klub ibukota Andorra, FC Andorra, tidak bermain di liga domestik Andorra melainkan di Liga Spanyol. FC Andorra memang telah bergabung dalam Liga Spanyol sejak 1948.

FC Andorra kini mengikuti kompetisi kasta kelima Liga Spanyol atau yang disebut dengan Primera Catalana. Prestasi terbaik FC Andorra adalah juara Copa Catalunya pada tahun 1994. Hampir 70% pemain timnas Andorra berasal dari klub ini.

6. Stadionnya juga minimalis.

Menang Setelah 13 Tahun, Ini 7 Fakta tentang Timnas Andorraitv.com

Andorra hanya memiliki dua stadion bertaraf internasional, yaitu Municipal Stadium dan Estadi Comunal d'Andorra la Vella. Stadion yang paling sering digunakan untuk pertandingan internasional Andorra adalah Municipal Stadium atau yang disebut juga dengan Estadi Nacional. Stadion ini hanya berkapasitas 3.306 tempat duduk.

6. Kemenangan yang jadi trending.

Menang Setelah 13 Tahun, Ini 7 Fakta tentang Timnas Andorratwitter.com/swearimnotpaul

Kemenangan fenomenal Andorra ini juga mewarnai jagad twitter. Beberapa pengguna twitter menyoroti bagaimana bahagianya pemain Andorra ketika berhasil menang setelah 66 pertandingan sebelumnya tidak pernah menang. 

7. Tangisan haru bak juara.

Menang Setelah 13 Tahun, Ini 7 Fakta tentang Timnas Andorraballs.ie

Berhasil menang dari Hungaria di depan publiknya sendiri tentu sebuah pencapaian luar biasa. Hal ini yang membuat beberapa pemain Andorra menangis haru. Seperti ini ekspresi kegembiraan mereka yang berhasil diabadikan. 

Baca juga: Ini Bukti Kerasnya Lapangan Hijau, Daftar 16 Pemain Sepak Bola yang Meninggal Saat Bertanding

Topik:

Berita Terkini Lainnya