Comscore Tracker

Koreografi Supporter Indonesia, dari Lapangan Hijau untuk Palestina

Sisi humanis sepak bola.

Pendukung klub sepak bola Indonesia memang terkenal dengan kreativitasnya yang luar biasa. Tak sekadar menyanyi di atas tribun, mereka kini semakin sering membuat aksi-aksi koreografi yang unik. Tak jarang, aksi koreografi dilakukan untuk menyampaikan aspirasi.

Koreografi Supporter Indonesia, dari Lapangan Hijau untuk Palestina instagram.com/pusamaniaidn

Seperti yang dilakukan kelompok-kelompok supporter ini. Mereka melakukan aksi koreografi sebagai bentuk dukungan bagi masyarakat Palestina yang sedang mengalami penindasan oleh militer Israel. Beberapa pekan ini memang kerap terjadi bentrokan yang memakan korban terjadi di area Masjid Al Aqsa. Warga Palestina memrotes langkah Israel yang melarang mereka salat di masjid tersebut. Sebaliknya, Israel membalas aksi protes tersebut dengan tindakan kekerasan. 

Berikut aksi-aksi dukungan supporter Indonesia yang berhasil dirangkum oleh IDN Times.

1. LA Mania-Persela Lamongan.

Koreografi Supporter Indonesia, dari Lapangan Hijau untuk Palestina instagram.com/perseladay

LA Mania, julukan bagi pendukung Persela Lamongan memberikan dukungan bagi rakyat Palestina dengan membuat koreografi bendera Palestina. Koreografi bendera Palestina bersanding cantik dengan bendera Merah Putih dalam lanjutan Liga 1 antara Persela Lamongan melawan Barito Putra di Stadion Surajaya Lamongan, Jumat (28/7) lalu. 

2. BCS-PSS Sleman.

Koreografi Supporter Indonesia, dari Lapangan Hijau untuk Palestina instagram.com/pssleman

Tak hanya di kasta teratas, di Liga 2 pun dukungan serupa terjadi. Kali ini dari Brigata Curva Sud alias BCS, pendukung setia PSS Sleman. Dilasir dari akun instagram @pssleman, kelompok suporter yang kerap membuat ide koreografi menarik ini kali ini dengan indah menyusun kolase warna membentuk bendera Palestina di tribun Selatan stadion Maguwoharjo.

Baca juga: Alasan Kenapa Fans Celtic Kibarkan Bendera Palestina di Kualifikasi Liga Champions!

3. Pusamania-PBFC.

Koreografi Supporter Indonesia, dari Lapangan Hijau untuk Palestina instagram.com/pusamaniaidn

Dari tanah Kalimantan, dukungan terhadap Palestina juga diserukan oleh Pusamania. Dikutip dari akun instagram @pusamaniaidn, tribun stadion Segiri, Samarinda nampak indah dengan koreografi bendera Palestina saat pertandingan antara PBFC melawan Perseru Serui. 

4. Bonek Mania-Persebaya.

Koreografi Supporter Indonesia, dari Lapangan Hijau untuk Palestina instagram.com/greennord.27

Dalam pertandingan Liga 2 antara Persebaya melawan Martapura FC, Kamis (27/7) lalu, Bonek Mania juga menyusun kertas berwarna membentuk bendera Palestina dan Indonesia berdampingan. Tak hanya satu, Arek-Arek Suroboyo ini bahkan membentangkan koreografi di tiga sisi tribun sekaligus.

5. K-conk Mania.

Koreografi Supporter Indonesia, dari Lapangan Hijau untuk Palestina instagram.com/passionmadura

Tak ketinggalan, pendukung dari pemuncak klasemen Liga 1 saat ini, Madura United juga melakukan koreografi sebagai dukungan terhadap warga Palestina. Sambil membentangkan lembaran kertas yang membentuk bendera Palestina, mereka juga meneriakkan beberapa yel dukungan. Aksi itu mereka lakukan saat mendukung Madura United melawan PSM Makasar, Sabtu (29/7) kemarin. 

6. The Jak

Aksi terbaru dilakukan oleh pendukung Persija Jakarta, The Jak. Mereka melakukan koregrafi dukungan terhadap Palestina di Stadion Patriot, semalam (29/7). Dalam pertandingan itu, Persija mampu menaklukkan Bhayangkara FC 1-0.

Baca juga: Komdis PSSI Larang Bobotoh Dukung Persib Selama 5 Laga

Topic:

Berita Terkini Lainnya