Tiga Negara Ini Daftarkan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Bersaing dengan Inggris dan Tiongkok

Tiga negara Amerika Latin, yakni Argentina, Uruguay, dan Paraguay sepakat mendaftarkan diri dalam bursa calon tuan rumah Piala Dunia 2030. Rencananya ketiga negara akan menjadi tuan rumah bersama dalam ajang empat tahunan tersebut. Kepastian majunya tiga negara ini diperoleh setelah presiden dari masing-masing negara mengumumkan rencana tersebut di Buenos Aires pada hari Rabu (4/10) kemarin. 

Tiga Negara Ini Daftarkan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030mirror.co.uk

Dilansir dari bbc.com, ketiga negara tersebut akan menindaklanjuti hal ini segera. "Pertemuan pertama (persiapan penawaran) akan diselenggarakan pada minggu pertama bulan November," kata Presiden Paraguay, Horacio Socrates. 

Mendapat saingan negara-negara Eropa dan Asia.

Tiga Negara Ini Daftarkan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030fifa.com

Kendati pembukaan pendaftaraan untuk edisi tahun 2030 masih sekitar empat tahun lagi, namun ketiga negara memutuskan untuk mengumumkan pencalonan diri mereka saat ini. "Hari ini kami di sini untuk meratifikasi komitmen ini," kata Presiden Argentina Mauricio Macri seperti dikutip dari espnfc.com. 

Hal yang sama diucapkan Presiden Uruguay Tabares Vazquez. Dia menyatakan bahwa kerjasama tiga negara sebagai tuan rumah adalah bentuk komitmen mereka dalam sepak bola.

Sebelumnya, asosiasi sepak bola Eropa, UEFA, juga mengatakan akan mendukung jika Inggris atau negara-negara Eropa mencalonkan diri sebagai tuan rumah. Kandidat terkuat lain berasal dari Asia yaitu Tiongkok yang akan dikabarkan juga akan mengajukan diri.

Baca juga: Stadion Piala Dunia 2018 Ini Miliki Desain Aneh!

Akan jadi seratus tahun penyelenggaraan.

Tiga Negara Ini Daftarkan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030fifa.com

Optimisme lain adalah momen seratus tahun penyelenggaraan Piala Dunia. Kala itu, Uruguay adalah tuan rumah pertama Piala Dunia pada tahun 1930. "Kami telah berbicara dengan presiden FIFA dan kami akan mendapat dukungan dari CONMEBOL (Federasi Sepak Bola Amerika Selatan) yang percaya bahwa Amerika Selatan pantas menjadi tuan rumah Piala Dunia ini karena pentingnya peringatan 100 tahun edisi pertama di Uruguay," ujar Vazquez.

Sebelumnya presiden FIFA Gianni Infantino juga berkunjung ke kantor asosiasi sepak bola Argentina, AFA. "Luar biasa berada di sebuah negara dan di kota yang banyak menulis cerita yang paling menarik, tidak hanya sejarah sepak bola, tapi juga mitosnya. Argentina telah berkontribusi dalam membuat sepakbola seperti sekarang ini," ujarnya.

Rencana untuk menggelar Piala Dunia di tiga negara bukanlah yang pertama kali. Sebelumnya, Amerika Serikat, Kanada, dan Mexico juga telah mencalonkan diri untuk menjadi tuan rumah pada tahun 2026 mendatang. 

Baca juga: Persiapan Piala Dunia, Rusia Diduga Eksploitasi Pekerja

Topik:

Berita Terkini Lainnya