2 Alasan Ilija Spasojevic Tak Masuk Timnas Indonesia

Tidak dipanggilnya Spasojevic berkaitan dengan taktik

Jakarta, IDN Times - Tidak ada nama Ilija Spasojevic di antara deretan pemain yang dipanggil Shin Tae Yong ke Timnas Indonesia. Hal itu jadi pertanyaan sendiri, mengingat Spasojevic tengah tampil impresif bersama Bali United di Liga 1 2021/22.

Sejauh ini, eks penyerang Bhayangkara FC tersebut sudah mengoleksi lima gol dari lima laga di Liga 1 2021/22. Shin memiliki alasan tersendiri kenapa tidak memanggil Spasojevic, dan itu berkaitan dengan alasan taktik.

"Memang sebelumnya beberapa kali dia pernah dipanggil untuk mengikuti TC. Saat ini juga performanya di kompetisi sedang positif, tetapi pergerakan yang saya inginkan dengan gaya permainan Spasojevic itu berbeda. Saya juga mengakui kemampuan Spaso, tetapi dia juga sudah berumur," tutur Shin di Lapangan G Gelora Bung Karno, Sabtu (2/10/2021).

Baca Juga: Timnas Indonesia Tidak Gentar Hadapi Taiwan

1. Skuad terbaik

2 Alasan Ilija Spasojevic Tak Masuk Timnas IndonesiaTC Timnas Indonesia di Senayan. (Sandy Firdaus/IDN Times)

Shin mengungkapkan pemain yang dipanggilnya ke Timnas sekarang adalah yang terbaik. Apalagi, selama dua bulan bergulirnya Liga 1 2021/22, dia juga sering berkeliling menonton pertandingan untuk mencari nama-nama yang berpotensi membela Pasukan Garuda.

"Jadi selama hampir dua bulan kompetisi bergulir, ada pemain yang dalam kondisi baik dan tidak. Selama kompetisi berlangsung, saya menonton langsung dan pilih pemain-pemain tersebut. Saya percaya kepada pemain yang sudah dipilih," ujar Shin.

2. Kushedya Yudo latihan terpisah

2 Alasan Ilija Spasojevic Tak Masuk Timnas IndonesiaKushedya Hari Yudo memilih menerima skema kontrak yang baru berdasar SK PSSI. IDN Times/ Alfi Ramadana

Dalam sesi pemusatan latihan di Lapangan G Gelora Bung Karno, Sabtu (2/10/2021), ada satu pemain yang berlatih terpisah. Dia adalah Kushedya Hari Yudo. Dia tampak melakukan jogging di pinggir lapangan. Shin menyebut, Yudo mengalami masalah di ototnya.

"Karena memang ada masalah otot, kalau lihat jadwal Liga Indonesia sangat padat, bisa terjadi dan itu wajar. Sekarang, saya fokus pemulihan Yudo sampai keberangkatan ke Thailand. Setelah sampai di Thailand, Yudo tetap ikut," ujar Shin.

3. Timnas Indonesia hadapi Taiwan di Thailand

2 Alasan Ilija Spasojevic Tak Masuk Timnas IndonesiaTC Timnas Indonesia di Senayan. (Sandy Firdaus/IDN Times)

Pemusatan latihan yang digelar Timnas Indonesia kali ini bertujuan untuk menyambut gelaran Kualifikasi Piala Asia 2023. Sesuai jadwal, Timnas bakal menghadapi Taiwan pada 7 dan 11 Oktober 2021 di Buriram, Thailand.

Untuk pemain Timnas Indonesia yang bermain di luar negeri, rencananya mereka akan bergabung ke skuad pada 3 dan 4 Oktober 2021 mendatang. Mereka akan langsung datang ke Thailand.

Baca Juga: Timnas Indonesia Siapkan 30 Pemain Lawan Taiwan

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya