3 Catatan Menarik Kemenangan Arsenal Atas Newcastle United

Beberapa pemain Arsenal tampil apik dan menjanjikan

Jakarta, IDN Times - Hasil positif didapatkan Arsenal dalam laga pekan ke-19 Premier League 2020/21. Menjamu Newcastle United di Emirates Stadium, Selasa (19/1/2021) dini hari, Arsenal menang dengan skor telak 3-0.

Gol-gol Arsenal di laga ini dicetak oleh Pierre-Emerick Aubameyang (dua gol) dan Bukayo Saka (satu gol). Berkat kemenangan ini, Arsenal akhirnya mampu menapaki lagi posisi 10 besar, setelah sekian lamanya terjerembab di papan tengah.

Selain membawa Arsenal naik ke 10 besar, ada beberapa catatan menarik yang patut diperhatikan dari kemenangan Arsenal ini. Berikut IDN Times merangkumnya buat Anda.

1. Arsenal torehkan clean sheet dalam lima laga

Di musim 2020/21 ini, gawang Arsenal rentan kebobolan oleh lawan. Catatan kebobolan mereka di ajang Premier League saja sudah mencapai angka 19. Namun, dalam lima laga terakhir, ada perubahan yang tampak. Meriam London tidak lagi gampang kecolongan lawan.

Menurut catatan Opta, Arsenal berhasil menorehkan clean sheet dalam lima laga terakhir di Premier League, mulai dari laga lawan Brighton and Hove Albion hingga lawan Newcastle. Ini jadi kali pertama Arsenal mencetak clean sheet beruntun. Terakhir, mereka menorehkan catatan serupa pada 2009 silam.

Baca Juga: Rating Pemain Terbaik Sampai Terburuk di Laga Arsenal vs Newcastle

2. Emile Smith Rowe jadi penyumbang assist terbanyak

Arsenal sempat dilanda kelimbungan. Ketiadaan gelandang kreatif, terutama setelah Mesut Oezil tidak masuk tim di semua kompetisi musim 2020/21, menjadikan lini serang mereka tumpul. Saat situasi kritis inilah, Emile Smith Rowe datang.

Dengan kemampuannya, Smith Rowe menjadi motor serangan baru Arsenal. Duetnya dengan Bukayo Saka di lini depan, plus Gabriel Martinelli, membuat serangan Arsenal lebih tajam. Hingga kini saja, Smith Rowe sudah mencetak tiga assist buat Arsenal dari lima penampilannya di Premier League.

Sekadar informasi, jumlah assist-nya itu kini jadi yang terbanyak di antara pemain Arsenal lain di ajang Premier League. Uniknya lagi, semua assist-nya itu ditujukan untuk Saka.

3. Pengaruh besar Bukayo Saka di usia yang masih muda

Usia Bukayo Saka memang masih muda, yakni 19 tahun. Di tengah usianya yang belum menginjak angka 20, ia sudah memberikan pengaruh besar buat permainan Arsenal. Ia banyak terlibat dalam gol-gol yang dicetak Arsenal di Premier League musim ini.

Opta mencatat, Saka sudah terlibat dalam 11 gol yang dicetak Arsenal di Premier League, dengan rincian lima gol dan enam assist. Torehannya ini membuat nama Saka sejajar dengan para pendahulunya seperti Nicolas Anelka, Cesc Fabregas, dan Theo Walcott.

Mereka merupakan pemain-pemain yang semasa mudanya sudah memberikan kontribusi signifikan buat Arsenal. Di masa depan nanti, andai Arsenal mampu mengasuh dan mempertahankannya, Saka bisa saja menjadi figur penting skuat Mikel Arteta di lini serang.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal yang Mengalami Peningkatan di Bawah Mikel Arteta

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya