3 Catatan Unik dari Kemenangan Iran Atas Wales

Iran sukses bungkam Wales

Jakarta, IDN Times - Iran meraih hasil apik dalam laga kedua fase grup Piala Dunia 2022. Bersua Wales di Ahmed bin Ali Stadium, Jumat (25/11/2022), skuad asuhan Carlos Queiroz itu menang dengan skor 0-2.

Berkat kemenangan ini, Iran membuka peluang mereka untuk lolos ke fase gugur. Padahal, sebelumnya mereka sempat tumbang dari Inggris dengan skor telak 2-6. Di sisi lain, peluang Wales untuk lolos pun menipis.

Dari laga ini juga, hadir beberapa catatan menarik yang layak untuk disimak. Apa sajakah catatan itu?

1. Segala hal yang pertama di Piala Dunia 2022

Laga Iran lawan Wales ini menghadirkan banyak hal yang pertama di Piala Dunia 2022. Kartu merah pertama di Piala Dunia 2022 hadir dalam laga ini, diterima oleh kiper Wales, Wayne Hennessey.

Selain itu, di laga ini juga tercipta gol pertama dari luar kotak penalti di Piala Dunia 2022, via sepakan Roozbeh Cheshmi. Laga ini juga menghadirkan drama pertama di menit akhir dalam laga Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Injury Time Dramatis, Iran Sikat Wales!

2. Apiknya performa Mehdi Taremi

3 Catatan Unik dari Kemenangan Iran Atas WalesMehdi Taremi kala bermain untuk Timnas Iran (teammelli.com)

Mehdi Taremi memang tidak mencetak gol di laga ini. Namun, penampilan apik yang dia pertontonkan di laga lawan Inggris rupanya tetap bertahan di laga lawan Wales ini.

Squawka mencatat, di laga ini Taremi menorehkan delapan umpan kunci. Torehan umpan kuncinya ini jadi yang terbanyak sepanjang gelaran Piala Dunia dua edisi terakhir, mengungguli torehan Mesut Oezil, Neymar, dan Kieran Trippier.

3. Kemenangan pertama Iran setelah 2018

3 Catatan Unik dari Kemenangan Iran Atas WalesPemain Iran berhadapan dengan kiper Wales dalam laga Grup B Piala Dunia 2022 yang digelar pada Jumat (25/11/2022). (Twitter/@WorldCup2022)

Kemenangan lawan Wales ini jadi hasil positif pertama mereka, usai hasil-hasil buruk yang mereka dapat sejak 2018. Terakhir kali Iran meraih kemenangan terjadi pada Piala Dunia 2018, dalam laga lawan Maroko.

Setelahnya, Iran kalah tiga kali beruntun dalam gelaran Piala Dunia, tepatnya di tangan Spanyol, Portugal, dan Inggris. Kemenangan lawan Wales ini membuat Iran pecah telur di ajang Piala Dunia.

Baca Juga: Bela HAM, Bomber Ini Rela Dibuang Timnas Iran

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya