3 Catatan Unik dari Kemenangan Jepang Atas Spanyol

Jepang sukses bekuk Spanyol

Jakarta, IDN Times - Jepang meraih hasil sensasional dalam laga terakhir fase grup Piala Dunia 2022. Menghadapi Spanyol di Khalifa International Stadium, Jumat (2/12/2022) dini hari, tim Samurai Biru menang dengan skor 2-1.

Sempat tertinggal via gol Alvaro Morata, Jepang membalas dua kali lewat gol-gol yang dicetak Ritsu Doan dan Ao Tanakan. Kemenangan ini mengantarkan Jepang ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Tidak cuma itu, dari laga ini juga, hadir beberapa catatan menarik yang bisa dibahas. Apa sajakah itu?

1. Pengaruh besar Ritsu Doan

3 Catatan Unik dari Kemenangan Jepang Atas SpanyolRitsu Doan, penggawa Timnas Jepang, selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022 Qatar, Jumat (2/12/2022). (twitter.com/FIFAWorldCup)

Di laga lawan Spanyol ini, Ritsu Doan memang bermain tidak lama. Dia baru masuk di babak kedua menggantikan seorang Takefusa Kubo. Namun, pengaruh yang diberikan Doan begitu besar untuk skuad Jepang.

Selain mencetak satu gol, Doan juga menghidupkan lini serang Jepang dengan pergerakan-pergerakannya. Tercatat, Doan menorehkan 16 kali sentuhan terhadap bola dan satu umpan kunci. Mini, tetapi sarat akan pengaruh.

Baca Juga: Jepang Nilai Peran Indonesia Makin Penting di Dunia 

2. Alvaro Morata masih ciamik

3 Catatan Unik dari Kemenangan Jepang Atas SpanyolAlvaro Morata, striker Timnas Spanyol, mencetak gol dengan menyundul bola ke gawang Timnas Jepang di Piala Dunia 2022 Qatar, Jumat (2/12/2022). (twitter.com/FIFAWorldCup)

Di laga lawan Jepang ini, Alvaro Morata masih menunjukkan kemampuannya. Dia mencetak satu gol dan sempat membawa Spanyol unggul. Berkat torehannya ini, Morata pun menunjukkan diri bahwa dia masih layak diperhitungkan.

Morata berhasil menyamai catatan Bruno Fernandes dan Kylian Mbappe, yang terlibat dalam empat gol yang dicetak tim masing-masing selama fase grup Piala Dunia 2022. Rinciannya, Morata mencetak tiga gol dan satu asis.

3. Jepang ke 16 besar lagi

3 Catatan Unik dari Kemenangan Jepang Atas SpanyolTimnas Jepang di Piala Dunia 2022 (Instagram.com/japanfootballassociation)

Jepang akhirnya mencicipi babak 16 besar lagi. Ini bukan sesuatu yang langka memang, lantaran sejak 2002, tercatat Jepang sudah tiga kali lolos ke babak 16 besar. Kelolosan di edisi 2022 ini jadi yang keempat kalinya bagi Jepang. Lebih menarik lagi, Jepang lolos sebagai juara grup.

Biasanya, setelah babak 16 besar, Jepang tidak berkutik dan tumbang dari lawan-lawannya. Kini, di Piala Dunia 2022, mampukah Ritsu Doan dan kolega memutus kutukan dan melaju ke babak perempat final? Namun, sudah ada Kroasia yang menunggu.

Baca Juga: Imbang Kontra Kroasia, Belgia Tersingkir dari Piala Dunia 2022

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya