3 Fakta Menarik Witan Sulaeman, Rekrutan Anyar Persija

Persija Jakarta rekrut Witan Sulaeman

Jakarta, IDN Times - Sebuah kejutan terjadi di penutupan bursa transfer pertengahan musim Liga 1 2022/23. Persija Jakarta mendatangkan penggawa Timnas Indonesia, Witan Sulaeman, untuk melengkapi skuadnya.

Kehadiran Witan diumumkan tidak lama setelah kompatriotnya di Timnas, Egy Maulana Vikri, memutuskan untuk pulang ke Indonesia dan bergabung ke Dewa United. Setelah berkelana di Eropa, keduanya memutuskan untuk kembali.

Dari transfer Witan ini, ada beberapa fakta unik yang layak disimak. Apa sajakah itu?

1. Persija bukan klub lokal pertama Witan

3 Fakta Menarik Witan Sulaeman, Rekrutan Anyar PersijaWitan Sulaeman (instagram.com/witansulaiman_)

Persija ternyata bukan klub lokal pertama yang pernah dibela Witan. Pada Agustus 2019 silam, Witan pernah membela PSIM Yogyakarta di Liga 2. Dia juga pernah mencatatkan debut bersama PSIM.

Kala itu, PSIM bersua dengan Persiba Balikpapan. Bersama klub asal Yogyakarta itu, Witan menorehkan tujuh penampilan, sebelum akhirnya pada 2020, Witan berlabuh di Radnik Surdulica, klub asal Serbia.

Baca Juga: Profil Witan Sulaeman, Pemain Baru Persija Jakarta 

2. Witan lebih sibuk di Eropa

3 Fakta Menarik Witan Sulaeman, Rekrutan Anyar PersijaWitan Sulaeman tengah melakukan pergerakan saat sepak pojok.(facebook.com/astrencin)

Pada Februari 2020, Witan memulai karier di Eropa ketika membela Radnik Surdulica. Sempat tidak mentas karena pandemik COVID-19, Witan akhirnya mencatatkan debut bersama Radnik pada Juni 2020, melawan Radnicki Nis.

Bermain di Radnik hingga 2021, Witan kemudian melanjutkan perjalanannya di Eropa dengan membela Lechia Gdansk, mantan klub Egy Maulana Vikri. Di sana, dia bermain hingga Juli 2022, sebelum akhirnya dipinjamkan ke Senica.

Setengah musim main bareng Senica, Witan melanjutkan perjalanannya ke Trencin. Witan sempat mencetak gol di klub ini, sampai akhirnya memutuskan main di Persija. Total, Witan bermain di Eropa selama dua tahun.

3. Pernah membawa Timnas U-22 juara

3 Fakta Menarik Witan Sulaeman, Rekrutan Anyar PersijaInstagram/witansulaiman_

Sejak U-19, Witan sudah rutin membela Timnas Indonesia. Dia pernah mentas di Piala AFF U-19 2017 dan 2018, pun mentas di ajang SEA Games 2019 dan 2021 bersama Timnas U-23.

Witan Sulaeman pernah membawa Timnas U-22 juara, tepatnya pada gelaran Piala AFF U-22 2019. Nah, pengalamannya mengantarkan Timnas juara ini bisa jadi sesuatu yang berharga bagi Persija Jakarta.

Baca Juga: Witan Sulaeman Resmi Gabung Persija, Susul Egy ke Liga 1

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya