3 Fakta Unik di Balik Keberhasilan Liverpool Juara Piala FA

Liverpool sukses benamkan Chelsea

Jakarta, IDN Times - Liverpool menambah raihan trofi mereka musim ini. Dalam laga final Piala FA 2021/22 lawan Chelsea di Wembley, Sabtu (14/5/2022) malam, 'Si Merah' sukses meraih kemenangan lewat drama adu penalti dengan skor 6-5.

Berkat raihan trofi ini, Liverpool masih menjaga peluang mereka meraih quadruple musim ini. Tinggal trofi Premier League dan Liga Champions saja yang belum mereka amankan demi menyempurnakan raihan empat trofi musim ini.

Dari kemenangan Liverpool atas Chelsea ini, hadir beberapa catatan menarik yang layak untuk disimak. Apa sajakah itu?

1. Alisson Becker samai capaian Edouard Mendy

3 Fakta Unik di Balik Keberhasilan Liverpool Juara Piala FApotret Alisson Becker (skysports.com)

Di laga ini, baik itu Alisson Becker dan Edouard Mendy sama-sama tidak kebobolan sepanjang 2x45 menit, plus di masa perpanjangan waktu 2x15 menit. Mereka baru saling beradu aksi lagi di babak adu penalti, yang akhirnya dimenangi Alisson.

Berkat torehan ini, Alisson pun menyamai torehan Mendy dan Ray Clemence. Mereka jadi kiper yang tidak kebobolan di laga final Liga Champions dan juga Piala FA. Mereka rupanya punya riwayat yang baik dengan laga final turnamen domestik maupun Eropa.

Baca Juga: Mengingat Kembali Comeback Gila Liverpool di Final Piala FA 2006

2. Chelsea benar-benar belum berjodoh dengan Piala FA

3 Fakta Unik di Balik Keberhasilan Liverpool Juara Piala FAChelsea lawan Liverpool di final Piala FA 2021/22. (ANTARA FOTO/Action Images via Reuters/Peter Cziborra)

Chelsea sebenarnya memiliki catatan yang apik dengan Piala FA. Selama tiga musim beruntun, sejak musim 2019/20, mereka selalu melaju ke babak final. Sayang, dari ketiga final itu, tak ada satu pun yang berujung menjadi juara.

Pada musim 2019/20, mereka kalah dari Arsenal. Di musim 2020/21, mereka tumbang di tangan Leicester City. Berlanjut di musim 2021/22 ini, giliran Liverpool yang mengalahkan mereka. Mereka jadi tim pertama yang kalah di final Piala FA tiga kali beruntun.

Khusus musim 2021/22, ini jadi kali kedua Chelsea tumbang di tangan Liverpool. Di final Piala Liga Inggris 2021/22, mereka juga kalah dari 'Si Merah'. Sialnya lagi, mereka juga kalah lewat adu penalti kala itu.

3. Liverpool samai torehan Manchester City

3 Fakta Unik di Balik Keberhasilan Liverpool Juara Piala FAChelsea lawan Liverpool di final Piala FA 2021/22. (ANTARA FOTO/Action Images via Reuters/Peter Cziborra)

Berkat kemenangan di final Piala FA 2021/22 ini, Liverpool sukses menyamai torehan Manchester City. Pada 2019 lalu, City berhasil menggamit trofi Piala FA dan Piala Liga Inggris dalam satu musim yang sama.

Sekarang, torehan itu diulangi oleh Liverpool di musim 2021/22. Mereka memenangi Piala FA dan Piala Liga Inggris. Apiknya lagi, mereka mengalahkan lawan yang sama dengan cara yang sama, yaitu Chelsea di babak adu penalti.

Baca Juga: [BREAKING] Liverpool Juara Piala FA Usai Bekuk Chelsea

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya