3 Fakta Unik di Balik Kekalahan Liverpool dari Leeds United

Rekor 29 laga tanpa kalah Liverpool di Anfield tercoreng

Jakarta, IDN Times - Liverpool meraih hasil buruk dalam laga pekan 14 Premier League 2022/23. Bersua Leeds United di Anfield, Minggu (30/10/2022) dini hari, 'Si Merah' tumbang dengan skor tipis 1-2.

Gol-gol dari Rodrigo Moreno dan Crysencio Summerville membawa Liverpool pada kekalahan di laga ini. Hasil minor lawan Leeds ini juga meneruskan catatan buruk Liverpool di ajang Premier League. Sebelumnya, mereka tumbang dari Nottingham Forest.

Dari kekalahan ini pula, hadir beberapa catatan minor yang menyeruak ke permukaan bagi Liverpool. Apa sajakah catatannya itu?

1. Kekalahan perdana Virgil van Dijk di Anfield

3 Fakta Unik di Balik Kekalahan Liverpool dari Leeds UnitedVirgil van Dijk (express.co.uk)

Kekalahan Liverpool dari Leeds di Anfield ini memberikan dampak buruk bagi Virgil van Dijk. Lazimnya, sosok asal Belanda itu tidak pernah menderita kekalahan bersama Liverpool di Anfield. Namun, masa indah itu akhirnya harus berakhir juga.

Untuk pertama kalinya, Van Dijk merasakan kekalahan di Anfield bersama Liverpool. Sebelumnya, dalam 70 laga, dia tak pernah kalah dengan rincian menang 59 kali dan imbang 11 kali. Di laga ke-71-nya, Van Dijk justru tumbang.

Baca Juga: Hasil Premier League Tadi Malam: Chelsea dan Liverpool Keok

2. Akhirnya, Liverpool kalah juga di Anfield

3 Fakta Unik di Balik Kekalahan Liverpool dari Leeds UnitedLiverpool lawan Leeds United. (ANTARA FOTO/Reuters-Peter Powell)

Tidak cuma berlaku untuk Van Dijk, kekalahan dari Leeds ini juga memberikan efek negatif bagi Liverpool sebagai tim. Sebelumnya, dalam 29 laga, Liverpool tak pernah kalah di Anfield dengan rincian 29 kemenangan dan tujuh hasil imbang.

Gara-gara hasil lawan Leeds ini, Liverpool pun merasakan kekalahan perdana mereka di Anfield sejak Maret 2021 silam. Pada akhirnya, Leeds sukses meruntuhkan benteng Anfield yang dikenal sulit ditembus lawan.

3. Liverpool jadi lebih sering kalah musim ini

3 Fakta Unik di Balik Kekalahan Liverpool dari Leeds UnitedFulham bersua Liverpool di Premier League. (ANTARA FOTO/Action Images via Reuters/Peter Cziborra)

Pada musim 2021/22, Liverpool sejatinya jarang kalah. Dalam 63 laga, di semua ajang tercatat mereka hanya kalah empat kali. Musim ini, kekalahan justru jadi sesuatu yang akrab dengan skuad asuhan Juergen Klopp tersebut.

Tercatat, dari 18 laga di semua ajang yang sudah dilalui Liverpool, mereka sudah kalah lima kali, termasuk dengan kekalahan dari Leeds United. Di Premier League, 'Si Merah' kalah empat kali, sedangkan di Liga Champions, mereka kalah sekali.

Baca Juga: 5 Kekalahan Liverpool pada Musim 2022/2023, Saatnya Ganti Pelatih?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya