3 Fakta Unik Jelang Pertemuan Inggris Lawan Senegal

Inggris akan jumpa Senegal

Jakarta, IDN Times - Inggris akan bersua lawan yang merepotkan dalam babak 16 besar Piala Dunia 2022. Bertempat di Al Bayt Stadium, Senin (5/12/2022) dini hari, tim 'Tiga Singa' akan bersua Senegal.

Inggris lolos dari Grup B dengan status juara grup, dan torehan tujuh poin hasil dari dua kali menang dan sekali imbang. Sedangkan Senegal, mereka lolos sebagai runner-up Grup A, di bawah Belanda dengan catatan enam poin.

Jelang pertemuan kedua tim kelak, berikut "IDN Times" menyajikan fakta-fakta unik terkait kedua tim. Apa sajakah itu?

1. Pertemuan perdana di laga internasional resmi

3 Fakta Unik Jelang Pertemuan Inggris Lawan SenegalStriker Senegal, Boulaye Dia, usai menjebol gawang Qatar di Piala Dunia 2022 (Twitter @FIFAWorldCup)

Bagi Inggris dan Senegal, ini adalah pertemuan keduanya di laga internasional resmi. Whoscored mencatat, sebelumnya kedua negara tidak pernah bertemu, baik itu di laga persahabatan maupun di laga Piala Dunia.

Namun, sejatinya Inggris sudah rutin bertemu tim asal Afrika di berbagai ajang. Pun dengan Senegal, mereka beberapa kali bersua dengan tim Eropa di berbagai laga, termasuk Piala Dunia maupun laga persahabatan.

Baca Juga: 6 Pemain Inggris Cetak Gol di Babak Fase Grup Piala Dunia 2022

2. Inggris punya catatan apik, Senegal beda cerita

3 Fakta Unik Jelang Pertemuan Inggris Lawan SenegalPemain Senegal melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang tuan rumah Qatar dalam laga Grup A Piala Dunia 2022 itu, Senegal menang 3-1 (Twitter/@WorldCup2022)

Tercatat, Inggris memiliki catatan apik setiap kali bertemu tim asal Afrika di berbagai ajang. Terbaru, pada Maret 2022, mereka menang atas Pantai Gading dengan skor 3-0. Total, sudah 21 kali Inggris bersua tim asal Afrika di laga internasional.

Dalam 21 laga itu, Inggris tak pernah mencatatkan kekalahan dari tim Afrika. Khusus di Piala Dunia, Inggris tak terkalahkan dalam tujuh pertemuan terakhir dengan tim Afrika, dengan rincian empat kemenangan dan tiga hasil imbang.

Sedangkan Senegal, catatan mereka saat bersua tim Eropa terbilang berwarna. Khusus di ajang Piala Dunia, mereka sudah enam kali bersua tim asal Eropa, dengan rincian tiga kemenangan, imbang sekali, dan kalah dua kali.

Inggris tentu ingin mempertahankan catatan apik ini. Sedangkan Senegal, mereka sebisa mungkin akan memperbaiki torehannya saat bersua tim Eropa di Piala Dunia, apalagi pertemuan ini berlatar babak 16 besar.

Baca Juga: Senegal Terancam Tanpa Pelatihnya saat Bersua Inggris, Waduh!

3. Menanti pengaruh Rashford dan Kane

3 Fakta Unik Jelang Pertemuan Inggris Lawan SenegalMarcus Rashford mencetak dua gol untuk timnas Inggris di laga vs Wales babak penyisihan grup B Piala Dunia 2022 (Twitter.com/Squawka)

Ada dua pemain Inggris yang patut diwaspadai Senegal di laga nanti. Mereka adalah Harry Kane dan Marcus Rashford. Kane sudah menorehkan tiga asis selama fase grup Piala Dunia 2022. Dia menjelma pelayan bagi para pemain lain.

Sedangkan Rashford, dia menjadi pencetak gol terbanyak Inggris di fase grup, dengan torehan tiga gol. Kombinasi dari keduanya diharapkan dapat menembus pertahanan Senegal yang digawangi Kalidou Koulibaly dan Edouard Mendy.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya