3 Hal Penting di Balik Kemenangan Italia atas Bosnia-Herzegovina

Italia sukses lolos ke semifinal UEFA Nations League

Jakarta, IDN Times - Timnas Italia meraih kemenangan dalam laga pamungkas Grup 1 Liga A UEFA Nations League 2020/2021. Menghadapi Bosnia-Herzegovina di Stadion Grbavica, Kamis (19/11/2020) dini hari WIB, Italia menang dengan skor 2-0 lewat gol Andrea Belotti dan Domenico Berardi.

Kemenangan ini membuat Gli Azzurri sukses melaju ke babak semifinal UEFA Nations League, bersama dengan Prancis, Spanyol, dan Belgia.

Selain menentukan kelolosan ke semifinal, ada catatan lain yang bisa ditelisik dari kemenangan Italia.

Berikut adalah beberapa catatan penting yang bisa dilihat dari kemenangan Italia atas Bosnia-Herzegovina.

1. Persembahan buat Roberto Mancini

3 Hal Penting di Balik Kemenangan Italia atas Bosnia-HerzegovinaTwitter.com/Azzurri

Alih-alih menemani tim, Roberto Mancini, pelatih Italia, justru tidak ikut serta dalam rombongan tim ke Sarajevo. Mancini diketahui terpapar virus corona. Ia pun diwajibkan menjalani masa karantina di rumahnya.

Alhasil, kemenangan ini jadi persembahan khusus buat Mancini. Asisten pelatih Timnas Italia, Alberico Evani, yakin bahwa sang pelatih akan puas atas hasil yang sudah diraih oleh anak asuhnya.

"Para pemain telah memberikan hadiah yang hebat buat Mancini. Saat ini, saya juga yakin ia sudah merasa puas. Kini, kami tinggal menunggu bertemu dengan tim-tim terbaik Eropa di putaran final," ujar Evani, dilansir Rai Sport.

"Ada Belgia, Prancis, dan Spanyol di sana. Kami ingin melihat sejauh apa level permainan yang sudah kami capai. Saya yakin kualitas kami tidak jauh dengan mereka," tambahnya.

Baca Juga: Inilah 4 Negara yang Lolos ke Semifinal UEFA Nations League

2. Timnas Italia torehkan rekor positif sepanjang 2020

3 Hal Penting di Balik Kemenangan Italia atas Bosnia-HerzegovinaTimnas Italai melakukan selebrasi usai memsatikan lolos ke Euro 2020 figc.it

Sejak ditukangi oleh Mancini, Timnas Italia mengalami peningkatan dari segi permainan. Selain cara bermain yang lebih atraktif, Italia juga main dengan lebih terorganisasi. Hal ini pun membawa efek positif pada tim.

Italia sudah memastikan satu tempat di Piala Eropa 2020 mendatang. Tidak cuma itu, catatan mereka sepanjang tahun 2020 juga terbilang gemilang. Mereka belum tersentuh kekalahan dalam setiap laga internasional yang telah diikuti.

Total, dalam delapan laga internasional pada 2020, Italia mampu membukukan lima kemenangan dan tiga kali hasil imbang. Torehan positif ini meneruskan apa yang sudah mereka catatkan pada 2019.

Ketika itu, dari 10 laga internasional yang Italia jalani, mereka menyapu bersih semua laga itu dengan kemenangan. Revolusi, tampaknya, tengah terjadi di tubuh Timnas Italia saat ini.

3. Bosnia-Herzegovina tidak diperkuat para bintangnya

3 Hal Penting di Balik Kemenangan Italia atas Bosnia-HerzegovinaTwitter.com/EURO2020

Timnas Bosnia-Herzegovina sejatinya punya kekuatan buat menyulitkan Italia. Tercatat, pada pertemuan pertama kedua tim awal September 2020 lalu, mereka mampu menahan imbang Italia dengan skor 1-1.

Sayangnya, perubahan skuat terjadi di tubuh Bosnia-Herzegovina. Bintang-bintang mereka seperti Edin Dzeko dan Sead Kolasinac tak bisa membela tim karena terpapar COVID-19.

Praktis, hanya Miralem Pjanic, Amer Gojak, dan Rade Krunic saja para pemain bintang yang mampu tampil. Alhasil, hal itu membuat kekuatan tempur Bosnia-Herzegovina turun, sehingga mereka kesulitan meladeni permainan Italia.

Baca Juga: UEFA National League: Tim-tim Kuda Hitam Bikin Kejutan!  

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya