Comscore Tracker

3 Negara Eropa Jadi Tempat TC Timnas U-19 Indonesia

Belanda jadi opsi TC karena ada pemain keturunan

Jakarta, IDN Times - Timnas U-19 Indonesia tidak berdiam diri selepas Piala AFF U-19 2022. Mereka berencana menggelar pemusatan latihan (TC) di Eropa dalam rangka persiapan menuju Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, berujar bahwa ada tiga negara yang akan jadi tujuan TC skuad Garuda Nusantara. Tiga negara itu adalah Spanyol, Portugal, dan Belanda.

"Kami sedang memilih saja, apakah (TC Timnas U-19) digelar di Spanyol, Portugal, atau Belanda. Kenapa ke Belanda? Karena dari pengajuan Shin Tae Yong 'kan pemain keturunan itu di Belanda semua," kata Iriawan di Kemenpora, Selasa (19/7/2022).

1. Shin ingin pantau pemain keturunan asal Belanda

3 Negara Eropa Jadi Tempat TC Timnas U-19 IndonesiaShin Tae Yong di sesi jumpa pers Timnas U-19. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Iriawan berkata, alasan kenapa Shin ingin mengadakan TC di Belanda adalah karena para pemain keturunan yang akan dinaturalisasi Timnas U-19 berasal dari Belanda. Jadi, Shin ingin memantau langsung kualitas dari para pemain tersebut.

"Ini (rencana TC ke Belanda) bakal kami bicarakan dalam rapat ya. Sebelum pulang, kami bakal rapat dengan Shin, supaya Shin bisa melihat pemain-pemain yang akan diambil. Di sana, kami juga akan latihan dengan tim-tim kuat," ujar eks Plt Gubernur Jawa Barat itu.

Baca Juga: Gagal Juara Piala AFF U-19 2022, Timnas U-19 Tetap yang Terbaik

2. Timnas U-19 akan TC di Eropa selama 50 hari

3 Negara Eropa Jadi Tempat TC Timnas U-19 IndonesiaPotret Timnas U-19 di Piala AFF 2022 (IDN Times/Tata Firza)

Shin memang merencanakan akan menggelar TC di Eropa selama 50 hari. Awalnya, akan ada dua negara yang dikabarkan jadi tempat tujuan TC dari Ronaldo Kwateh dan kolega ini pada awal September mendatang.

"Dengan dukungan penuh dari Ketum PSSI, kami akan berangkat ke Eropa, kemungkinan ke dua negara di awal September. Kami bakal menggelar TC selama 50 hari di Eropa nanti," ujar Shin dalam sesi jumpa pers selepas laga lawan Myanmar, Minggu (10/7/2022).

3. Timnas U-19 siap tampil apik di Kualifikasi Piala Asia U-20

3 Negara Eropa Jadi Tempat TC Timnas U-19 IndonesiaAksi para pemain Timnas U-19 saat berhasil mengalahkan Brunei Darussalam di babak penyisihan Piala AFF U-19 2022, Senin (4/6/2022). (IDN Times/Tata Firza)

Lebih lanjut, Shin menjanjikan skuad Timnas U-19 akan kembali tampil maksimal di ajang tersebut. Dari ajang Piala AFF U-19 2022 ini, dia merasa ada peningkatan kualitas yang ditunjukkan oleh anak-anak asuhnya.

"Saya akan berusaha semaksimal mungkin agar tim bisa lolos Kualifikasi Piala Asia U-20, dan mempersiapkan maksimal juga untuk Piala Dunia U-20," tutur eks pelatih Timnas Korea Selatan itu.

Merunut jadwal, Kualifikasi Piala Asia U-20 ini akan digelar pada 10 sampai 18 September mendatang. Indonesia jadi salah satu negara yang ditunjuk sebagai tuan rumah oleh AFC untuk ajang kualifikasi ini.

Timnas U-19 tergabung di Grup F bersama Hong Kong, Timor Leste, dan negara yang sekarang tengah jadi perbincangan, yakni Vietnam. Skuad Garuda Muda bakal bersua lagi dengan tim Bintang Emas di kualifikasi nanti.

Baca Juga: Pelatih Malaysia Prihatin Timnas U-19 Gagal ke Semifinal

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya