Comscore Tracker

4 Fakta Keberhasilan AC Milan Juara Serie A 2021/22

AC Milan akhirnya juara liga lagi

Jakarta, IDN Times - AC Milan akhirnya meraih trofi Serie A musim ini. Usai bersaing ketat dengan Inter Milan sepanjang musim, "Rossoneri" sukses merengkuh gelar Serie A 2021/22.

Kepastian juara Milan ini didapat setelah mereka menang 3-0 atas Sassuolo di laga pekan terakhir Serie A. Alhasil, meski Inter juga sama-sama menang atas Sampdoria di pekan pamungkas, selisih dua poin antara kedua tim tetap terjaga.

Dari keberhasilan Milan meraih gelar ini, ada empat fakta unik yang menyeruak ke permukaan. Apa sajakah itu?

1. AC Milan akhiri dahaga trofi

4 Fakta Keberhasilan AC Milan Juara Serie A 2021/22Pemain AC Milan melakukan selebrasi gol. (twitter.com/acmilan)

Kesuksesan Milan merengkuh trofi Serie A 2021/22 membuat dahaga mereka perkara gelar teratasi. Terakhir kali, Milan meraih gelar terjadi pada 2016. Saat itu, mereka sukses merengkuh trofi Supercoppa Italiana usai menumbangkan Juventus.

Terkhusus Serie A sendiri, Milan akhirnya kembali merengkuh Scudetto, sejak terakhir kali meraihnya pada 2010/11 silam. Uniknya, ketika itu Milan juga berhasil mengalahkan Inter dalam perebutan Scudetto.

Baca Juga: 5 Catatan Menarik Pekan ke-25 Serie A, AC Milan Kudeta Inter Milan!

2. Skuat muda AC Milan yang akhirnya juara

4 Fakta Keberhasilan AC Milan Juara Serie A 2021/22Pemain AC Milan melakukan selebrasi gol. (twitter.com/acmilan)

Dahulu kala, Milan pernah identik dengan tim yang berisikan pemain-pemain tua. Sejak musim 2019/20, Milan mulai menghilangkan imaji tersebut dan memilih untuk berinvestasi pada pemain muda. Investasi yang akhirnya berujung manis.

Opta mencatat, Milan jadi tim yang sukses meraih gelar Serie A dengan rataan usia skuad termuda, yakni 26 tahun 97 hari. Meski cuma berbekal nama-nama muda, Milan tampil spartan dan berhasil meraih gelar Serie A musim ini.

3. Mike Maignan yang cemerlang

4 Fakta Keberhasilan AC Milan Juara Serie A 2021/22potret Mike Maignan bersama AC Milan (acmilaninfo.com)

Kepergian Gianluigi Donnarumma rupanya tidak menjadi sebuah kehilangan yang sangat bagi Milan. Mereka berhasil menemukan sosok pengganti yang ciamik dalam diri Mike Maignan. Eks kiper Lille itu menjelma sosok penting di bawah mister.

Squawka mencatat, musim lalu dia jadi kiper dengan clean sheet terbanyak di Ligue 1, sekaligus mengantarkan Lille juara liga. Sekarang, Maignan juga jadi kiper dengan clean sheet terbanyak di Serie A, mengantarkan Milan jadi juara Serie A.

4. Duo veteran yang ciamik di AC Milan

4 Fakta Keberhasilan AC Milan Juara Serie A 2021/22AC Milan juara Serie A 2021/22. (ANTARA FOTO/Reuters-Flavio Lo Scalzo)

Kesuksesan Milan meraih gelar juara tak lepas dari hadirnya duo veteran di tim, yakni Olivier Giroud dan Zlatan Ibrahimovic. Mereka mengasuh skuad muda Milan dengan apik, sekaligus berkontribusi juga dalam momen-momen penting.

Musim ini, Giroud mencetak 11 gol di Serie A 2021/22, sedangkan Ibrahimovic menorehkan delapan gol. Jadi, tidak hanya mengasuh saja, mereka juga masih konsisten mencetak gol bagi AC Milan musim ini.

Baca Juga: 5 Catatan Menarik Pekan ke-25 Serie A, AC Milan Kudeta Inter Milan!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya