4 Fakta Matchday 1 Premier League yang Seru Banget!

Premier League jadi lebih menghibur

Jakarta, IDN Times - Pekan perdana Premier League 2021/22 sudah berlangsung. Sebanyak 10 laga dihelat pada pekan lalu, terselenggara sejak Sabtu (14/8/2021) hingga Minggu (15/8/2021) malam.

Dari laga-laga yang sudah terselenggara di pekan pertama Premier League, ada beberapa fakta menarik yang mencuat ke permukaan. Termasuk hadirnya sejumlah rekor baru.

Berikut IDN Times menyajikannya untuk kamu, dilansir dari BBC.

1. Stadion-stadion sudah kembali penuh

4 Fakta Matchday 1 Premier League yang Seru Banget!Manchester United vs Leeds United. (antaranews.com)

Premier League musim ini jauh lebih semarak dari musim sebelumnya. Ini tak lepas dari stadion-stadion yang sudah terisi penuh oleh fans. Tidak seperti musim lalu, ketika hanya 2.000 fans saja yang hadir, stadion jadi semarak lagi di sepanjang edisi 2021/22.

Di laga Manchester United lawan Leeds United, tercatat ada 72.732 fans hadir memadati Old Trafford. Ketika Brentford menundukkan Arsenal, sebanyak 16.479 fans hadir di stadion dan menjadi saksinya. Hal ini disambut bahagia oleh beberapa pihak.

"Benar-benar luar biasa. Kehadiran fans mengubah segalanya. Sesuatu yang hilang musim lalu telah kembali. Memang, pada akhirnya, sepak bola selalu melibatkan fans di dalamnya," tutur manajer Tottenham Hotspur, Nuno Espirito Santo.

2. Pertandingan yang menghibur

4 Fakta Matchday 1 Premier League yang Seru Banget!Tottenham vs Manchester City. (antaranews.com/REUTERS/David Klein)

Pekan perdana Premier League 2021/22 juga jadi momen banyaknya pertandingan yang menghibur. Squawka mencatat, pekan perdana musim ini jadi momen ketika tidak ada pertandingan yang berakhir imbang. Dari 10 laga yang tercipta, semuanya berakhir dengan kemenangan.

Gelontoran gol juga tercipta di pekan perdana musim ini, dengan total 34 gol. Jumlah ini hampir menyamai torehan di musim 2003/04 lalu, ketika pekan perdana Premier League melahirkan 36 gol.

3. Para underdog beraksi

4 Fakta Matchday 1 Premier League yang Seru Banget!Brentford. (Twitter.com/EFL)

Pekan perdana Premier League 2021/22 juga jadi momen ketika para underdog beraksi. Di laga pembuka, fans sudah disambut oleh aksi heroik Brentford yang mampu menumbangkan Arsenal. Kendati diperkuat pemain yang minim jam terbang di Premier League, Brentford mampu menang dua gol tanpa balas.

Sedangkan di laga lain, Watford yang juga baru promosi lagi musim ini berhasil mengalahkan Aston Villa dengan skor 3-2. Hanya Norwich City saja yang gagal meraih kemenangan di pekan pertama, setelah mereka tumbang di tangan Liverpool dengan skor 0-3.

4. Minim intervensi VAR

4 Fakta Matchday 1 Premier League yang Seru Banget!premierleague.com

Musim ini, Premier League melakukan modifikasi terkait aturan penggunaan VAR. Tayangan ulang tidak lagi digunakan untuk menghukum hal-hal yang bersifat remeh. Buah dari modifikasi ini, pekan pertama Premier League jadi minim intervensi VAR.

Modifikasi ini pun membuat banyak pihak senang. Ian Wright, pengamat yang merupakan eks pemain Arsenal, menyebut Bruno Fernandes mungkin tidak akan mencetak hattrick jika aturan VAR masih sama seperti musim lalu. Perubahan ini membuat laga jadi lebih menarik.

"Ketika garis pertahanan diangkat, maka keuntungan akan jadi milik tim yang menyerang. Keuntungan ini pasti akan didapat oleh sema tim, dan tidak akan ada lagi yang dibuat kesal karena VAR di Premier League," ujarnya.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya