4 Fakta Menarik Usai Liverpool Jadi Juara Piala Liga Inggris

Liverpool benamkan Chelsea di final

Jakarta, IDN Times - Liverpool berhasil meraih gelar Piala Liga Inggris 2021/22. Bersua Chelsea di Wembley, Minggu (27/2/2022) malam, The Reds harus susah payah menang melalui babak adu penalti dengan skor 11-10.

Kedua tim sama-sama tak bisa mencetak gol di waktu normal. Hal itu berlanjut hingga babak tambahan waktu. Sayang, pada babak adu penalti, salah satu pemain Chelsea gagal menjalankan tugasnya sebagai algojo.

Gelar ini membuktikan, Liverpool dan Juergen Klopp mampu menghapus mimpi buruk yang pernah terjadi pada final Piala Liga Inggris 2015/16 silam. Dari kemenangan ini juga, hadir beberapa fakta yang menarik untuk disimak. 

Berikut adalah fakta-fakta yang berhasil dihimpun IDN Times.

1. Dua manajer Jerman bertemu di final

4 Fakta Menarik Usai Liverpool Jadi Juara Piala Liga Inggriswsj.com

Hampir satu dekade lalu, dua manajer asal Skotlandia harus bertarung di final Piala Liga Inggris. Mereka adalah Malky Mackay dan Kenny Dalglish.

Setelah sekian lama, hal serupa kembali terjadi di final Piala Liga Inggris edisi musim ini. Bedanya, ajang itu mampu mempertemukan keduanya, yakni Thomas Tuchel dan Juergen Klopp.

Dua manajer asal Jerman itu sebelumnya sempat bersua di final Piala Liga Inggris 2022. Apiknya lagi, ini adalah kali pertama dua manajer non-Inggris Raya bersua di final Piala Liga Inggris. Luar biasa memang.

2. Edouard Mendy clean sheet di tiga laga final

4 Fakta Menarik Usai Liverpool Jadi Juara Piala Liga InggrisEdouard Mendy. (skysports.com)

Chelsea memang menderita kekalahan di laga ini. Namun, secara individu, Edouard Mendy tetap layak diberikan jempol. Sebelum digantikan Kepa Arrizabalaga jelang babak kedua perpanjangan waktu tuntas, Mendy sukses menjaga gawang Chelsea tetap perawan.

Squawka mencatat, Mendy jadi kiper yang berhasil menjaga clean sheet di tiga laga final, yakni Liga Champions, Piala Afrika, dan sekarang Piala Liga Inggris. Sayang, dia gagal menggamit gelar Piala Liga Inggris.

Baca Juga: 5 Klub yang Paling Sering Kalah di Final Piala Liga Inggris, Sial!

3. Liverpool yang akrab dengan Piala Liga Inggris

4 Fakta Menarik Usai Liverpool Jadi Juara Piala Liga InggrisTim Liverpool, (Twitter/LFC)

Liverpool adalah tim yang akrab dengan trofi Piala Liga Inggris. Tercatat, sudah sembilan kali mereka memenangi trofi ini, mulai dari 1981 sampai 2022 sekarang.

Liverpool pun jadi tim pertama yang berhasil mengumpulkan sembilan trofi sepanjang sejarah Piala Liga Inggris. Mereka mengungguli Manchester City (delapan trofi), serta Aston Villa, Manchester United, dan Chelsea (lima trofi).

4. Adu penalti yang ketat

4 Fakta Menarik Usai Liverpool Jadi Juara Piala Liga Inggris(premierleague.com)

Laga final Piala Liga Inggris 2022 antara Liverpool dan Chelsea ini benar-benar ketat. Tidak cuma nihilgol di waktu normal. Mereka juga melakukan jual beli serangan, terutama saat perpanjangan waktu.

Opta mencatat, skor 11-10 dalam babak adu penalti antara Liverpool dan Chelsea ini jadi skor tertinggii. Sebelumnya penalti dengan jumlah kos terbesar pertama antara kedua tim papan atas di Liga Inggris. Semua pemain outfield kedua tim sukses melaksanakan tugasnya dengan baik, kecuali Arrizabalaga.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya