4 Negara yang Berpotensi Jadi Tempat TC Timnas U-20 Indonesia

Ada Spanyol dan Belanda

Jakarta, IDN Times - Sebagai bagian persiapan menuju Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023, Timnas U-20 akan melakoni pemusatan latihan (TC) kembali. Ada empat negara yang berpeluang jadi tempat TC, yaitu Spanyol, Turki, Portugal, atau Belanda.

"TC bisa jadi ke Spanyol atau Portugal. Bisa juga ke Belanda, karena bisa lihat pemain keturunan. STY minta juga ke Portugal atau Turki karena banyak lawan kita yang ke sana, mungkin Oktober akhir ke sana," ujar Iriawan.

Baca Juga: PSSI Siapkan Lawan Peringkat 60 FIFA untuk Timnas Indonesia

1. Ajang mengecek calon pemain naturalisasi

4 Negara yang Berpotensi Jadi Tempat TC Timnas U-20 IndonesiaDuel Timnas U-20 versus Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. (dok. PSSI)

Nantinya, ajang TC ke Eropa ini juga jadi momenuntuk mengecek langsung kualitas dari calon pemain naturalisasi. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyebut sedang menjajaki kemungkinan menaturalisasi dua nama untuk Timnas U-20.

"Besok (Rabu (28/9/2022)) Indra Sjafri akan ke Belanda. Pemainnya masih pendekatan dan penjajakan. Ada dua nama yang sudah oke sisanya masih pendekatan," ujar Iriawan, Selasa (27/9/2022) malam.

Baca Juga: PSSI Jajaki Naturalisasi 2 Nama untuk Timnas U-20 Indonesia

2. PSSI akan mengadakan pembicaraan dengan keluarga pemain

4 Negara yang Berpotensi Jadi Tempat TC Timnas U-20 IndonesiaKetua umum PSSI, Mochamad Iriawan (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Iriawan juga mengungkapkan, nantinya PSSI akan mengadakan pembicaraan dengan keluarga dari para pemain tersebut. Untuk namanya sendiri, dia masih merahasiakan siapa yang akan dinaturalisasi kelak.

"Mungkin nanti kita akan coba bicara juga ke keluarganya. Namun, kalau dia naturalisasi harus lebih baik dari pemain kita dan harus jadi pemain inti. Untuk namanya tunggu dulu, nanti kita lihat," tutur Iriawan.

3. Shin memang minta pemain naturalisasi untuk Piala Dunia U-20

4 Negara yang Berpotensi Jadi Tempat TC Timnas U-20 IndonesiaShin Tae Yong dalam konferensi pers. (IDN Times/Tino)

Shin mengungkapkan, Piala Dunia U-20 merupakan turnamen yang levelnya jauh berbeda ketimbang Piala AFF. Lawan yang akan dihadapi adalah tim yang sangat kuat, Inggris, Spanyol, dan Prancis misalnya.

Maka dari itu, Shin membutuhkan kedalaman skuad yang kualitasnya merata di semua lini. Itu sangat dibutuhkan agar tak menelan malu, mengingat Indonesia berstatus sebagai tuan rumah.

"Khusus untuk Timnas U-20 membutuhkan pemain baru termasuk program naturalisasi. Ini harus dilakukan karena persaingan di Piala Dunia U-20 akan berjalan keras, ketat, dan berat sehingga dibutuhkan pemain yang benar-benar siap dari sisi apa pun," kata Shin.

Baca Juga: Shin Tae Yong Buat Kejutan di Timnas saat Lawan Curacao Jilid 2

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya