4 Pemain Liga 1 yang Anggota TNI, Ada Langganan Timnas

Selain main bola, mereka juga jadi abdi negara

Jakarta, IDN Times - Dewasa ini, pesepak bola di Indonesia tidak cuma fokus saja dalam aktivitas kulit bundar sehari-harinya. Lebih dari itu, mereka bisa menjadi abdi negara, salah satunya dengan masuk ke jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Kehadiran pesepak bola yang berstatus TNI ini sejalan dengan lahirnya klub PS TNI pada kisaran 2016-2017 silam. Dari situ, banyak pesepak bola yang kemudian juga menjalani profesi sebagai TNI. Berikut adalah nama-nama tenar di dunia sepak bola Indonesia yang juga berprofesi sebagai TNI.

1. Abduh Lestaluhu

4 Pemain Liga 1 yang Anggota TNI, Ada Langganan TimnasPemain TIRA-Persikabo, Abduh Lestaluhu. Instagram/@abduhlestaluhu_3

Abduh Lestaluhu adalah pemain asal Tulehu, Kepulauan Maluku, yang biasa bermain di posisi bek sayap kiri. Dia juga pernah membela Timnas Indonesia pada gelaran Piala AFF 2016. Siapa sangka, Abduh ternyata berstatus sebagai tentara.

Sepanjang kariernya sebagai pesepak bola, Abduh membela beberapa klub seperti Persis Solo, Persija Jakarta, dan Tira-Persikabo. Tidak hanya jadi pesepak bola, Abduh juga merupakan anggota TNI aktif berpangkat Sersan Dua.

Baca Juga: Timnas Indonesia Tidak Gentar Hadapi Taiwan

2. Andy Setyo

4 Pemain Liga 1 yang Anggota TNI, Ada Langganan TimnasInstagram.com/Andysetyon

Andy Setyo adalah pemain yang berposisi sebagai bek. Dia juga adalah anggota Timnas, sama seperti Abduh. Andy sendiri memang sudah jadi bagian dari PS TNI pada 2016. Tetapi, dia sempat menimba ilmu sebentar di akademi Borneo FC pada 2017.

Seketika setelah bergabung dengan PS TNI, Andy bergabung dengan TNI di Kesatuan Komando Strategi Angkatan Darat (Kostrad). Sekarang, dia bermain di Tira-Persikabo dan memiliki pangkat Sersan Dua TNI AD.

3. Ahmad Nufiandani

4 Pemain Liga 1 yang Anggota TNI, Ada Langganan Timnasgoogle

Ahmad Nufiandani adalah eks penggawa Timnas U-23 Indonesia yang berstatus sebagai TNI AD. Nufiandani pernah mengikuti pelatihan dan pendidikan di Rindam III Siliwangi, Bandung, ketika masih membela Arema FC.

Ketika itu, Nufiandani mengikuti pelatihan dan pendidikan di Bandung bersama Manahati Lestusen, Dimas Drajad, Abduh Lestaluhu, dan Wawan Febrianto. Kini, Nufiandani masih berstatus sebagai prajurit TNI dan main untuk Tira-Persikabo.

4. Manahati Lestusen

4 Pemain Liga 1 yang Anggota TNI, Ada Langganan TimnasIDN Times/Galih Persiana

Sama seperti Abduh, Manahati juga berasal dari Maluku. Manahati juga pernah bermain di luar negeri bersama CS Vise, dan bermain di Indonesia bersama Barito Putera. Tidak cuma itu, Manahati juga berstatus sebagai prajurit TNI.

Hingga kini, Manahati tergabung di Komando Daerah Militer XVI/Pattimura, dengan tugas sebagai Polisi Militer, berpangkat Sersan Dua. Manahati juga memperkuat Tira-Persikabo.

Selain mereka, sebenarnya ada pemain lain yang juga jadi TNI seperti Miftah Anwar Sani, Ravi Murdianto, Teguh Amiruddin, hingga Ganjar Mukti.

Baca Juga: 2 Alasan Ilija Spasojevic Tak Masuk Timnas Indonesia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya