5 Bintang Terhebat El Clasico, Ada Messi dan Ronaldo

El Clasico sering menelurkan pemain hebat

Jakarta, IDN Times - El Clasico adalah salah satu laga besar dalam sepak bola Spanyol dan termasuk rivalitas paling panas di dunia. Laga yang mempertemukan Real Madrid dan Barcelona ini juga kerap menjadi panggung pembuktian dan melahirkan sejumlah bintang.

Jelang El Clasico pada Senin (20/3/2023) dini hari WIB nanti, LaLiga merilis setidaknya lima bintang terbaik sepanjang sejarah El Clasico. Kelima bintang itu merupakan pemain yang rutin mentas di laga ini selama membela Madrid dan Barcelona. Berikut daftarnya.

1. Sergio Ramos

5 Bintang Terhebat El Clasico, Ada Messi dan Ronaldopotret Sergio Ramos (skysports.com)

Sergio Ramos adalah pemain yang rutin main di El Clasico. Tercatat, dia mentas di laga ini sebanyak 45 kali, menorehkan penampilan terbanyak kedua setelah Sergio Busquets di El Clasico.

Ramos juga sukses menorehkan lima gol sepanjang mentas di El Clasico. Tidak cuma itu, dia juga acap jadi pemantik tensi di laga ini lewat torehan lima kartu merah selama El Clasico.

Baca Juga: Hubungan Barcelona dan Real Madrid Memanas Jelang El Clasico

2. Luis Figo

5 Bintang Terhebat El Clasico, Ada Messi dan RonaldoLuis Figo (goal.com)

Luis Figo adalah pemain yang unik. Dia adalah satu dari segelintir pemain yang menyandang status "Judas", karena pernah membela Madrid dan Barcelona. Pada 2000-an, dia sempat jadi bintang sekaligus dicaci, baik itu oleh fans Madrid atau Barcelona.

Total, Figo sempat mentas sebanyak 13 kali untuk Barcelona di El Clasico pada kurun waktu 1995 hingga 2000. Selepas itu, dia pindah ke Madrid dan main di El Clasico  sebanyak 10 kali.

3. Alfredo Di Stefano

5 Bintang Terhebat El Clasico, Ada Messi dan Ronaldogoal.com

Jauh sebelum Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo bersinar, Alfredo Di Stefano pernah menjadi bintang di El Clasico. Dia bahkan menorehkan catatan gol yang luar biasa di El Clasico, yakni 18.

Di Stefano pernah mencetak dua gol saat Madrid menang 5-0 atas Barcelona. Perjalanan El Clasico-nya tuntas pada 1963, ketika membawa Madrid menang atas Barcelona dengan skor 4-0.

4. Cristiano Ronaldo

5 Bintang Terhebat El Clasico, Ada Messi dan Ronaldogoal.com

Pindah ke Real Madrid usai tampil apik bersama Manchester United membuat Cristiano Ronaldo akrab dengan El Clasico. Sejak 2009 hingga 2018, dia sudah sering tampil di El Clasico, dilengkapi torehan 18 gol.

Ronaldo juga acap membuat gol-gol penting di El Clasico. Contohnya pada final Copa del Rey 2011 serta gol di Camp Nou yang memastikan gelar LaLiga musim 2011/12. Torehan 18 golnya di El Clasico menyamai catatan Di Stefano.

5. Lionel Messi

5 Bintang Terhebat El Clasico, Ada Messi dan Ronaldohttps://www.fcbarcelona.com

Lionel Messi juga menjadi bintang yang tak boleh dilupakan di El Clasico. Selama membela Barcelona, dia sering beraksi dan membuat El Clasico kian menarik, termasuk solo run di semifinal Liga Champions.

Total, Messi menorehkan 26 gol dari 45 laga sepanjang El Clasico bersama Barcelona. Jangan lupa juga, aksi buka bajunya di Santiago Bernabeu, markas Real Madrid, yang membuatnya kian fenomenal.

Baca Juga: Sejarah di Balik Jersey Biru-Merah Khas Barcelona

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya