5 Calon Kuat Juara Piala Eropa 2020

Mereka diprediksi akan menguasai Piala Eropa 2020

Jakarta, IDN Times - Piala Eropa 2020 tinggal menghitung hari. Mulai Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB mendatang, 24 tim akan saling adu sikut untuk memperebutkan trofi Henri Delaunay tersebut.

Dari 24 tim yang turut serta, beberapa di antaranya ada yang begitu kuat dengan tradisi juara di sepak bola Eropa. Bukan cuma itu, berkat penambahan jumlah peserta menjadi 24, beberapa tim macam Makedonia Utara, Hungaria, hingga Austria, punya kesempatan untuk unjuk gigi.

Dalam tulisan ini, IDN Times akan memprediksi lima tim yang bakal menjadi juara Piala Eropa 2020. Berikut kami sajikan ulasannya untuk kamu.

1. Prancis

5 Calon Kuat Juara Piala Eropa 2020Prancis vs Ukraina. (Twitter.com/equipedefrance)

Bicara favorit juara Piala Eropa 2020, Prancis tentu tidak bisa disingkirkan. Status mereka sebagai juara Piala Dunia 2018 membuat Les Bleus jadi salah satu kandidat kuat peraih trofi Henri Delaunay. Prancis juga masih diperkuat talenta-talenta terbaiknya saat ini.

Pelatih Prancis, Didier Deschamps, memanggil sederet pemain yang memang sedang moncer di klubnya masing-masing untuk masuk skuad Piala Eropa 2020. Sebut saja Kylian Mbappe, Paul Pogba, N'Golo Kante, hingga Karim Benzema, yang kembali ke Timnas Prancis.

Sepanjang 2021, Prancis juga tidak terkalahkan dalam laga uji coba internasional. Total, dari empat laga, Prancis menang tiga kali dan imbang sekali. Terbaru, mereka menang 3-0 dalam laga uji coba yang dihelat di Nice.

Baca Juga: Rasa Penasaran Mancini Soal Trofi Bersama Italia

2. Portugal

5 Calon Kuat Juara Piala Eropa 2020ovasports.com

Jika Prancis adalah juara Piala Dunia 2018, Portugal datang ke Piala Eropa 2020 dengan status sebagai juara bertahan. Pada 2016 lalu, mereka sukses menggamit trofi ini. Kebetulan, mereka kala itu mengalahkan Prancis di partai final.

Dalam gelaran Piala Eropa 2020 ini, Portugal masuk sebagai kandidat juara. Berbeda dengan 2016 silam, Portugal di Piala Eropa 2020 berhias sejumlah bintang. Mereka tidak lagi mengandalkan sosok Cristiano Ronaldo semata.

Ada Bruno Fernandes, Diogo Jota, Joao Felix, Goncalo Guedes, serta nama-nama lain yang siap menopang Ronaldo. Sama seperti Prancis, Portugal juga tidak terkalahkan dalam empat laga uji coba internasional terakhir, dengan rincian dua kali imbang dan dua kali menang.

3. Italia

5 Calon Kuat Juara Piala Eropa 2020Timnas Italia jadi salah satu favorit juara Piala Eropa 2020. (football-italia.net).

Setelah kegagalan menembus Piala Dunia 2018, Italia mulai bangkit. Di bawah asuhan Roberto Mancini, Italia tidak cuma kuat dalam bertahan. Mereka jauh lebih kreatif saat menyerang.

Buktinya, dari 13 laga internasional yang sudah Italia lakoni sejak 2020 lalu, Italia sama sekali tidak tersentuh kekalahan, dengan rincian 10 kali menang dan tiga kali imbang. Mereka juga berhasil mencetak 34 gol dan hanya kemasukan tiga gol.

Oleh karenanya, jangan heran jika nanti di Piala Eropa 2020, Italia bisa keluar sebagai juara. Penampilan mereka yang meyakinkan ini dapat menjadi bekal tersendiri, sekaligus obat atas kekecewaan gagal masuk Piala Dunia 2018 lalu.

4. Inggris

5 Calon Kuat Juara Piala Eropa 2020Inggris vs San Marino (Twitter.com/England)

Dalam Piala Dunia 2018, Inggris membuktikan diri tidak lagi hanya sekadar penggembira di turnamen besar. Mereka tampil perkasa dan sukses menembus semifinal. Sayang, mereka kalah dari Kroasia, dan tumbang dari Belgia dalam perebutan tempat ketiga.

Alhasil, di gelaran Piala Eropa 2020, Inggris pun masuk kandidat sebagai salah satu tim juara. Berbekal pemain-pemain lokal yang tampil apik di level klub, Inggris siap bersaing dan menargetkan, minimal, lolos semifinal Piala Eropa 2020.

Sepanjang 2021, Inggris juga tampil sempurna di laga internasional. Total, dari lima laga yang dilakoni, mereka menyapu semua pertandingan tersebut dengan kemenangan. Akankah Harry Kane dan kolega kembali menampilkan kejutan?

5. Belgia

5 Calon Kuat Juara Piala Eropa 2020Belgia vs Belarusia, Kualifikasi Piala Dunia 2022. (ANTARA FOTO/REUTERS/Yves Herman)

Satu tim lagi yang juga layak masuk sebagai kandidat juara Piala Eropa 2020 adalah Belgia. Berstatus sebagai peraih tempat ketiga Piala Dunia 2018, Belgia tetap menyimpan potensi besar, bersama dengan para generasi emasnya yang masih bertahan.

Eden Hazard, Romelu Lukaku, Kevin De Bruyne, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, serta Thibaut Courtois tetap menjadi andalan dari skuad asuhan Roberto Martinez ini. Sejak Oktober 2020, Belgia juga tidak terkalahkan di laga internasional.

Dari sembilan laga internasional yang dilakoni Belgia, mereka menang tujuh kali dan hanya imbang dua kali. Ini jadi bekal apik untuk mereka jelang menghadapi Piala Eropa 2020 mendatang.

Baca Juga: Portugal Punya 4 Senjata Maut Selain Ronaldo di Piala Eropa

Topik:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya