Comscore Tracker

5 Pemain Lokal Liga 1 Ini Berpotensi Mentas di Luar Negeri Musim Depan

Lilipaly, Evan, bahkan Spasojevic yang diincar klub Malaysia

Jakarta, IDN Times - Kontrak para pemain Liga 1 kebanyakan habis pada Desember 2020. Tak lagi diikat kerja sama, ada banyak potensi yang bakal terjadi kepada pemain, termasuk hengkang ke luar negeri.

Hingga saat ini, kelanjutan Liga 1 masih abu-abu. Rencananya, PSSI selaku otoritas sepak bola Indonesia bakal mengadakan rapat dengan Komite Eksekutif (Exco) pada pertengahan Januari untuk membahas kelanjutan Liga 1.

Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengungkapkan, dari pertemuan itu bakal ada dua kemungkinan yang akan diambil PSSI. Pertama, melanjutkan kompetisi sesuai jadwal yang sudah disepakati, yaitu Februari 2021, atau bahkan menghentikan kompetisi.

Di tengah ketidakpastian itu, beberapa pemain sudah mengambil sikap dengan memutuskan hengkang ke klub luar negeri. Ada Todd Rivaldo Ferre yang hengkang ke Lampang FC, Ryuji Utomo yang hengkang ke Penang FC, serta Syahrian Abimanyu yang memutuskan pindah ke Johor Darul Ta'zim (JDT).

Selain ketiga pemain tersebut, masih ada beberapa sosok lain yang juga berpotensi untuk pindah ke negara lain. Tidak cuma itu, mereka juga bisa pindah secara gratis. Siapa sajakah mereka?

1. Stefano Lilipaly

5 Pemain Lokal Liga 1 Ini Berpotensi Mentas di Luar Negeri Musim DepanANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Kontrak Stefano Lilipaly bersama Bali United sejatinya sudah habis pada Desember 2020. Bali United sebenarnya sudah berupaya untuk menawarkan perpanjangan kontrak, apalagi Lilipaly merupakan salah satu aktor utama yang turut membawa Bali United juara Liga 1 2019.

Namun, hingga kini, belum ada tanda-tanda Lilipaly akan memperpanjang kontraknya bersama Serdadu Tridatu. Lilipaly diisukan sudah mendapat tawaran dari beberapa klub dari Malaysia. Jika Bali United tidak segera mengikat Lilipaly, serta kompetisi Liga 1 tidak kunjung jelas, bisa jadi eks pemain Telstar dan SC Cambuur itu hijrah ke Negeri Jiran.

2. Ilija Spasojevic

5 Pemain Lokal Liga 1 Ini Berpotensi Mentas di Luar Negeri Musim DepanDok. IDN Times/Istimewa

Sama seperti Lilipaly, kontrak Ilija Spasojevic juga sudah habis bersama Bali United pada Desember 2020. Penyerang naturalisasi tersebut juga menjadi bagian dari skuat 'Bali United yang sukses menjuarai Liga 1 2019.

Sayangnya, sampai saat ini,belum ada pembicaraan lebih lanjut mengenai kontrak Spasojevic dan Bali United. Jika tidak ada pembicaraan lebih lanjut, bisa jadi Spasojevic hengkang tahun ini. Ada beberapa klub dari Thailand yang sudah meminati eks penyerang Bhayangkara FC tersebut.

3. Hansamu Yama Pranata

5 Pemain Lokal Liga 1 Ini Berpotensi Mentas di Luar Negeri Musim DepanInstagram/yamaddictofc

Kontrak Hansamu Yama Pranata bersama Persebaya Surabaya sudah habis pada 31 Desember 2020. Selama membela Persebaya sejak 2019, Hansamu sudah menjadi salah satu sosok penting di lini pertahanan Persebaya. Ia juga menjadi langganan dipanggil Timnas Indonesia.

Namun, hingga kini belum ada pembicaraan antara Persebaya dan Hansamu mengenai perpanjangan kontrak. Jika tidak segera mengikat Hansamu, plus Liga 1 yang masih abu-abu, Hansamu bisa saja hengkang ke luar negeri. Kuala Lumpur FA kini meminati eks penggawa Timnas U-19 Indonesia itu.

Baca Juga: 5 Pemain Indonesia yang Sempat Gagal Tampil di Kompetisi Luar Negeri

4. Evan Dimas

5 Pemain Lokal Liga 1 Ini Berpotensi Mentas di Luar Negeri Musim DepanEvan Dimas (pssi.org)

Kontrak Evan Dimas bersama Persija Jakarta dikabarkan sudah habis pada Desember 2020. Namun, Macan Kemayoran memiliki opsi untuk memperpanjang kontrak Evan sampai tiga tahun lamanya.

Akan tetapi, kondisi liga yang masih tidak pasti, membuat Evan berpeluang hengkang pada tahun ini. Terlebih, beberapa klub dari Malaysia dan Thailand juga tertarik untuk menggunakan jasa eks pemain Selangor ini.

5. Febri Hariyadi

5 Pemain Lokal Liga 1 Ini Berpotensi Mentas di Luar Negeri Musim DepanPemain Timnas Indonesia, Febri Haryadi. (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib)

Kontrak Febri Hariyadi bersama Persib Bandung ternyata sudah habis sejak Desember 2020. Bahkan, sempat ada tawaran yang datang menghampiri Febri dari salah satu klub Thailand. Namun, Febri menolak tawaran tersebut karena masih ingin main untuk Maung Bandung.

Namun, dengan kejelasan kompetisi Liga 1 yang masih simpang siur, Persib bisa saja melepas Febri ke klub luar negeri. Semua tergantung pada negosiasi yang dilakukan Persib dengan klub luar negeri tersebut.

Baca Juga: 6 Pemain Lokal Liga 1 Ini Siap Merumput di Luar Negeri, Siapa Saja? 

Topic:

Berita Terkini Lainnya