Comscore Tracker

5 Pemain Portugal yang Tengah Bersinar di Premier League

Tanah Inggris jadi surga baru bagi para pemain Portugal

Jakarta, IDN Times - Premier League merupakan magnet bagi pesepak bola di seluruh dunia. Banyak sekali pesepak bola yang ingin bermain di kompetisi tersebut, tak terkecuali para pesepak bola yang berasal dari tanah Portugal.

Liga Inggris dinilai lebih kompetitif dan glamor dibandingkan liga-liga Eropa yang lain. Tak jarang, banyak kejutan tersaji tiap pekannya di liga ini, seperti tim kecil mengalahkan tim papan atas, atau pesta gol dalam sebuah laga. Tak heran hal itu membuat pemain asal Portugal tergiur tampil di sana.

Menilik sejarahnya, sudah banyak pemain Portugal yang pernah mencicipi atmosfer Premier League, mulai dari Cristiano Ronaldo, Luis Nani, Deco, Ricardo Carvalho, Paulo Ferreira, hingga Raul Meireles pernah mencoba peruntungan di kompetisi paling elite di Inggris itu.

Hingga kini, masih banyak pemain Portugal yang mencoba peruntungan di Premier League. Beberapa ada yang gagal, namun tak sedikit juga yang mereguk keberhasilan.

Berikut adalah lima pemain asal Portugal yang kini tengah bersinar di Premier League 2020/2021.

1. Pedro Neto (Wolverhampton Wanderers)

Pedro Neto didatangkan oleh Wolverhampton Wanderers dari Lazio pada awal musim 2019/20. Menjalani musim pertamanya bersama Wolves, Neto sempat kesulitan beradaptasi. Alhasil, ia cuma mencetak lima gol dan lima assist dari 44 laga bersama Wolves di semua ajang.

Memasuki musim 2020/21, Neto mulai menunjukkan taji. Sejauh ini, dari 15 laga bersama Wolves di semua ajang, pemain berusia 20 tahun itu sudah menorehkan empat gol dan satu assist. Salah satu golnya ia cetak saat Wolves bertemu Chelsea, 15 Desember 2020 lalu. Gol itu membawa Wolves menundukkan Chelsea dengan skor 2-1.

2. Diogo Jota (Liverpool)

5 Pemain Portugal yang Tengah Bersinar di Premier LeagueDiogo Jota, pemain Liverpool FC/ IG @liverpoolfc

Satu lagi pemain Portugal yang moncer di Premier League, ia adalah Diogo Jota. Sosok yang kini berusia 24 tahun itu memang sudah mencuri perhatian tatkala masih membela Wolves. Bersama Wolves, Jota berhasil mencetak 44 gol dan 19 assist dari 131 laga yang ia jalani di semua kompetisi.

Catatan ini pula yang turut mengantarkannya hijrah ke Liverpool di musim 2020/21. Bersama Si Merah, ketajaman Jota tidak berkurang. Malah, ia jadi opsi tambahan manakala Roberto Firmino, Mohamed Salah, atau Sadio Mane mengalami cedera.

Total, sejauh ini Jota sudah mencetak sembilan gol dari 17 laga bersama Liverpool. Sayang, Jota belum mampu menambah lagi pundi-pundi golnya lantaran kini ia tengah berkutat dengan cedera.

3. Ruben Dias (Manchester City)

Talenta muda Portugal lain yang mencuri perhatian di Premier League adalah Ruben Dias. Direkrut Manchester City dari Benfica pada awal musim 2020/21, Dias langsung menjelma jadi figur penting di lini pertahanan Manchester City.

Salah satu penampilan Dias yang paling mencolok terjadi ketika City menghadapi Arsenal di ajang Premier League. Di laga tersebut, ia mencatatkan sentuhan bola terbanyak (102 sentuhan), umpan sukses terbanyak (89 umpan), serta menang duel udara terbanyak (empat kali). Ia membuat lini pertahanan City aman dari gempuran Arsenal.

Dias sejauh ini sudah tampil sebanyak 18 kali untuk City di semua kompetisi. Dengan penampilannya yang ciamik, tak heran jika ia akan terus jadi pilihan utama Pep Guardiola di lini pertahanan.

Baca Juga: 10 Pemain Premier League dengan Kenaikan Banderol Terbesar Saat Ini

4. Rui Patricio (Wolverhampton Wanderers)

Pemain Portugal lain yang juga menarik perhatian musim ini adalah Rui Patricio. Sejak direkrut Wolves dari Sporting CP pada musim 2018/19 silam, Patricio telah meneguhkan namanya sebagai salah satu kiper hebat di Premier League.

Dari 104 penampilannya bersama Wolves, Patricio berhasil menorehlan 31 kali clean sheet. Ia juga tercatat banyak menghentikan tendangan penalti lawan di Premier League. Sejauh ini, ia juga sanggup mencatatkan rataan penyelamatan per laga sebanyak 2,1 kali di Premier League.

5. Bruno Fernandes (Manchester United)

5 Pemain Portugal yang Tengah Bersinar di Premier LeagueBruno Fernandes, pemain Manchester United (Twitter.com/ManUtd)

Fantasista-nya Portugal. Mungkin itu adalah salah satu julukan yang tepat untuk menggambarkan kemampuan Bruno Fernandes. Sejak hijrah dari Sporting CP ke Manchester United pada Januari 2020, Fernandes mampu membangkitkan United yang sempat terpuruk.

Sejauh ini, dari 42 laga yang Fernandes lalui bersama United, ia sukses menorehkan 25 gol dan 15 asis. Itu berarti, ia sudah terlibat dalam 40 gol yang dicetak United dalam rentang waktu akhir musim 2019/20 hingga awal musim 2020/21.

Bukan cuma itu, musim ini Fernandes juga masuk jajaran pemain-pemain paling kreatif di Premier League. Per Whoscored, Fernandes mampu mencetak rataan umpan kunci per laga sebanyak 3,2 kali. Jumlah ini hanya kalah dari Jack Grealish dan Kevin De Bruyne.

Tak heran, dengan semua catatan ini, Fernandes disebut-sebut sebagai pemain asal Portugal paling moncer di Liga Inggris (Premier League) saat ini.

Baca Juga: Performa Moncer, 7 Pemain Muda Terbaik di Premier League Saat Ini

Topic:

  • Hidayat Taufik

Berita Terkini Lainnya