5 Pemain Tua yang Mentas di Piala Dunia 2022, Ada Dani Alves!

Para pemain tua ini masih bisa bersaing

Jakarta, IDN Times - Panggung Piala Dunia 2022 tidak hanya jadi ajang bagi para pemain muda unjuk gigi. Di Qatar nanti, ada juga beberapa pemain tua yang masih berkesempatan menunjukkan kemampuannya. 

Para veteran ini menunjukkan diri, meski usia mereka sudah di atas 35 tahun, mereka masih bisa masuk skuad inti negara mereka masing-masing di Piala Dunia 2022. Nah, siapa saja pemain tersebut?

1. Dani Alves (39 tahun) - Brasil

5 Pemain Tua yang Mentas di Piala Dunia 2022, Ada Dani Alves!potret Dani Alves bersama Timnas Brasil (foottheball.com)

Dani Alves merupakan pemain Brasil yang sudah makan asam garam di dunia sepak bola. Siapa sangka, dengan usianya yang sudah 39 tahun, dia masih terpilih masuk skuad Selecao di Piala Dunia 2022.

Terbaru, Alves tercatat sebagai pemain Pumas, klub yang mentas di Liga Brasil. Di sana, Alves menorehkan penampilan yang lumayan, yakni 12 kali. Dari seluruh penampilan itu, dia sukses menorehkan empat assist.

Kendati kekuatannya sudah tidak sekuat dulu, pengalaman Alves diprediksi bakal memberi suntikan tersendiri bagi Brasil. Apalagi, dia juga berpengalaman main di Piala Dunia.

2. Pepe (39 tahun) - Portugal

5 Pemain Tua yang Mentas di Piala Dunia 2022, Ada Dani Alves!potret Pepe bersama Timnas Portugal(besoccer.com)

Brasil punya Alves, sementara Portugal punya sosok Pepe. Kendati sudah berusia 39 tahun, Pepe masih dipercaya oleh pelatih Portugal, Fernando Santos, untuk memperkuat Portugal di Piala Dunia 2022.

Kini, Pepe tercatat sebagai penggawa FC Porto. Bersama klub asal Portugal itu, Pepe mencatatkan 11 penampilan musim ini, tanpa gol dan satu asis pun.

Meski begitu, pengaruhnya di Porto masih terasa. Dia jadi sosok penting di lini belakang Porto, dan menjadi pengatur lini pertahanan Porto.

3. Atiba Hutchinson (39 tahun) - Kanada

5 Pemain Tua yang Mentas di Piala Dunia 2022, Ada Dani Alves!Atiba Hutchinson (turkishfootballnews.com)

Dari Kanada, ada sosok Atiba Hutchinson yang masih memperkuat tim. Kendati usianya sudah 39 tahun, dia masih jadi salah satu sosok kunci di lini tengah Kanada.

Usianya yang sudah 39 tahun memberikan sebuah pengalaman tersendiri bagi Kanada. Belum lagi, Hutchinson juga memiliki pengalaman mentas di beberapa klub Eropa.

Di skuad Kanada nanti, Hutchinson bisa jadi pembimbing bagi para pemain muda. Apalagi, ini jadi kali perdana Kanada mentas di Piala Dunia setelah 1986 silam.

Baca Juga: 10 Alumnus Piala Dunia yang Jadi Pelatih di Piala Dunia 2022

4. Eiji Kawashima (39 tahun) - Jepang

5 Pemain Tua yang Mentas di Piala Dunia 2022, Ada Dani Alves!Eiji Kawashima (theasiangame.net)

Dari skuad Jepang, ada nama Eiji Kawashima yang juga masih bisa bersaing. Meski sudah berusia 39 tahun, Kawashima menunjukkan diri bahwa dia bisa diandalkan di bawa mistar gawang Jepang di Piala Dunia 2022.

Sejak 2008, Kawashima sudah rutin memperkuat Timnas Jepang. Bukan cuma itu, dia juga lumayan malang melintang di Eropa, sehingga pengalamannya ini bisa membantu skuad Jepang di Qatar nanti.

Kawashima boleh saja kalah muda dari kiper Jepang lainnya. Namun, kualitas dan pengalamannya tetap jadi salah satu yang terbaik di skuad Jepang sekarang.

5. Alfredo Talavera (40 tahun) - Meksiko

Meksiko boleh saja dikenal karena sosok Guillermo Ochoa. Akan tetapi, ada satu nama yang juga layak diperhitungkan di Piala Dunia 2022 nanti. Dia adalah Alfredo Talavera.

Meski sudah berusia 40 tahun, Talavera tetap jadi andalan Meksiko di posisi penjaga gawang pada ajang Piala Dunia 2022 nanti. Pemain Juarez itu bisa menjadi back up jikalau kelak Ochoa mengalami sesuatu yang tak diinginkan.

Berikut adalah deretan para pemain gaek yang akan mentas di Piala Dunia 2022 nanti. Kehadiran mereka semua seolah jadi bukti, bahwa yang namanya usia memang hanya sebatas angka.

Baca Juga: 5 Alumnus Piala Dunia 2006 yang Tampil di Piala Dunia 2022 Qatar

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya