5 Stadion yang Bisa Jadi Markas Indonesia di Piala AFF 2022

Enam stadion tengah direnovasi

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia tengah dilanda sebuah dilema. Enam stadion yang berpeluang jadi markas mereka di Piala AFF 2022, tengah dalam proses renovasi jelang Piala Dunia U-20 2023 dan tak bisa digunakan, sesuai dengan titah Kemenpora.

Keenam stadion itu adalah Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Manahan, Stadion Gelora Sriwijaya, Stadion Gelora Bung Tomo, Stadion I Wayan Dipta, dan Stadion Utama Gelora Bung Karno. Enam stadion ini bakal dipercantik jelang Piala Dunia U-20 2023.

"Itu (konser) pasti tidak boleh. Jadi semua stadion yang sudah terdaftar di FIFA dan disetujui FIFA, November ini akan dimulai direnovasi. Yang sudah selesai (renovasi), stadionnya tidak diizinkan digunakan untuk kegiatan-kegiatan lain," ujar Menpora Zainudin Amali.

Berkaca dari perkataan Amali, sudah dipastikan bahwa enam stadion di atas tak akan bisa jadi kandang Indonesia untuk Piala AFF 2022. Namun, skuad Garuda tidak perlu khawatir. Ada beberapa stadion yang bisa jadi markas mereka kelak.

Baca Juga: 9 Fakta Stadion San Siro, Stadion Markas AC Milan dan Inter Milan

1. Stadion Pakansari

5 Stadion yang Bisa Jadi Markas Indonesia di Piala AFF 2022antarafoto

Stadion Pakansari berpotensi besar jadi markas Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Berlokasi di Kabupaten Bogor, stadion ini sudah punya banyak pengalaman menggelar laga internasional, termasuk semifinal dan final Piala AFF 2016.

Teraktual, stadion ini juga jadi venue dari FIFA Matchday, yang mempertemukan Indonesia lawan Curacao pada 27 September silam. Gelaran Asian Games 2018 juga pernah dihelat di stadion yang berkapasitas 30 ribu penonton ini.

2. Stadion Patriot Candrabhaga

5 Stadion yang Bisa Jadi Markas Indonesia di Piala AFF 2022Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi/antarafoto

Selain Pakansari, Stadion Patriot Candrabhaga juga berpeluang menjadi kandang Indonesia di Piala AFF 2022. Stadion yang merupakan markas Persija Jakarta di Liga 1 2022/23 ini acap jadi langganan markas Indonesia dalam lima tahun terakhir.

Stadion ini pernah jadi venue Asian Games 2018, plus menjadi venua laga uji coba skuad Garuda lawan Fiji, Kamboja, dan Guyana pada 2017. Teraktual, stadion ini jadi venue dari gelaran Piala AFF U-19 2022, yang sukses dimenangi Malaysia.

Baca Juga: Menelisik 8 Stadion yang Bakal Dipakai di Piala Dunia 2022

3. Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA)

5 Stadion yang Bisa Jadi Markas Indonesia di Piala AFF 2022Foto udara Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/7/2020) (ANTARA Foto/Raisan Al Farisi)

Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Bandung juga berpeluang menjadi kandang Indonesia di Piala AFF 2022. Berkapasitas 38 ribu penonton, markas Persib Bandung ini punya fasilitas yang terbilang lengkap.

Terbaru, GBLA juga pernah jadi venue bagi Timnas Indonesia. Itu terjadi saat laga FIFA Matchday yang mempertemukan skuad Garuda lawan Curacao, 24 September 2022. Ketika itu, laga berjalan apik.

4. Stadion Maguwoharjo

5 Stadion yang Bisa Jadi Markas Indonesia di Piala AFF 2022Stadion Maguwoharjo (instagram.com/stadion_maguwoharjo)

Stadion Maguwoharjo juga bisa jadi kandang Timnas Indonesia. Markas dari PSS Sleman di Liga 1 2022/23 ini juga acap menggelar laga-laga berlevel internasional, baik itu uji coba maupun turnamen internasional.

Terbaru, pada akhir Juli sampai pertengahan Agustus silam, stadion ini pernah dipakai untuk menggelar Piala AFF U-16 2022. Stadion ini jadi saksi bisu keberhasilan Timnas U-16 menggamit gelar Piala AFF U-16 2022.

Baca Juga: Audit Stadion Surajaya Lamongan, PUPR Temukan Bangunan yang Keropos

5. Jakarta International Stadium (JIS)

5 Stadion yang Bisa Jadi Markas Indonesia di Piala AFF 2022Penampakan Jakarta International Stadium yang dipakai untuk IYC 2021. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Jakarta International Stadium, atau biasa disebut JIS, juga bisa jadi alternatif kandang Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2022. Kapasitas dari stadion ini sangat besar, yakni 82 ribu. JIS pernah dipakai menggelar turnamen internasional dan uji coba internasional.

Tidak cuma itu, kualitas rumput dan berbagai fasilitas penunjang JIS juga sudah memiliki standar yang apik. Dengan pengelolaan yang rapi, stadion yang berlokasi di Jakarta Utara ini bisa jadi kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya