Ada Kontribusi Luhut di Balik Gelaran Liga 1 2021/22

Luhut memberi izin kepada PSSI soal pelaksanaan Liga 1

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyebut ada keterlibatan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, dalam bergulirnya Liga 1 2021/22. Iriawan menyebut, PSSI meminta rekomendasi Luhut.

Langkah PSSI ini tidak salah. Luhut juga menjabat sebagai Wakil Komite Penanganan COVID-19. Setelah memaparkan soal rencana Liga 1 2021/22, Luhut akhirnya memberi lampu hijau. Alhasil, berkat lampu hijau Luhut ini, izin kompetisi turun dari Polri.

"Setelah meminta rekonendasi dari Menkes, Menpora, dan Satgas COVID-19, setelah itu kita kasih paparan kepada Menko Marves (Luhut) soal Liga 1. Kita paparkan kepada beliau, dan beliau pun memberi izin, silakan liga diputar," ujar Iriawan dalam jumpa pers virtual, Jumat (27/8/2021).

Baca Juga: PSSI Sepakat Laga Kualifikasi Piala Asia Diundur ke Oktober

1. PeduliLindungi juga saran dari Luhut

Ada Kontribusi Luhut di Balik Gelaran Liga 1 2021/22Tampilan awal aplikasi PeduliLindungi - IDN Times/Rijalu Ahimsa

Iwan Bule, sapaan akrab Iriawan, mengungkapkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi di gelaran Liga 1 2021/22 juga merupakan saran yang diberikan Luhut. Selain itu, dia juga memberikan saran soal vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat di liga.

"Beliau memberi saran soal vaksinasi dan prokes, lalu memakai aplikasi PeduliLindungi. Jadi intinya, kita paparkan semua depan Menko Marves, beliau mengerti, dan berpesan semoga tidak ada klaster COVID-19 di Liga 1 2021/22," ujar Iwan.

2. Luhut ingatkan bahaya varian Delta

Ada Kontribusi Luhut di Balik Gelaran Liga 1 2021/22IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Lebih lanjut, Luhut mengingatkan kepada PSSI tentang bahaya varian Delta. Jadi, penerapan protokol kesehatan di Liga 1 harus lebih ketat lagi, bahkan lebih ketat daripada di Piala Menpora 2021. Apalagi, varian Delta ini lebih cepat menular.

"Menurut Pak Menko (Luhut), sekarang ada varian Delta, jadi beliau berpesan agar prokesnya keta. Alhadulillah sekarang ada tambahan juga PCR di hotel, lalu ada swab antigen juga sebelum masuk lapangan. Alhamdulillah semua negatif," tutur Iwan Bule.

3. Harapan Ketum PSSI agar liga terus bergulir

Ada Kontribusi Luhut di Balik Gelaran Liga 1 2021/22Liga-Indonesia.id

Jalan panjang sudah ditempuh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator untuk menjalankan liga. Sekarang, liga sudah terlaksana dan semua sudah berjalan. Mereka berharap, ke depannya semua pihak dapat membantu kesuksesan gelaran Liga 1 2021/22 ini.

"Sekali lagi, terima kasih semuanya, kompetisi BRI Liga 1 2021/22 bergulir lagi, semoga bisa terus kita laksanakan dengan aman, tertib, lancar, dan doakan hingga tahun depan, liga terus bergulir, sampai April 2022," ujar Iwan Bule.

Baca Juga: Lawan COVID-19, Luhut: Tidak Ada yang Boleh Merasa Lebih Pintar 

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya