Adidas Luncurkan Al Rihla, Bola untuk Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022 resmi punya bola baru

Jakarta, IDN Times - Adidas resmi meluncurkan bola yang akan dipakai untuk Piala Dunia 2022. Apparel asal Jerman itu menamai bola ini dengan sebutan 'Al Rihla', dan menjadi bola ke-14 yang dibuat sepanjang Piala Dunia.

Ada beberapa keunggulan dari Al Rihla dibandingkan dengan bola-bola Piala Dunia sebelumnya. Apa saja keunggulan dan fitur Al Rihla?

1. Al Rihla lebih cepat dibandingkan bola-bola lain

Adidas Luncurkan Al Rihla, Bola untuk Piala Dunia 2022Al Rihla, bola untuk Piala Dunia 2022. (Dok. Adidas)

Al Rihla, jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia berarti "perjalanan" dan terinspirasi oleh arsitektur, perahu ikonik, dan bendera Qatar. Peluncuran ini akan menandai awal perjalanan Al Rihla ke-10.

Design Director, Football Graphics and Hardwear Adidas, Franziska Loeffelmann, mengungkapkan Al Rihla dibuat untuk menopang permainan sepak bola yang makin cepat. Tidak hanya itu, pergerakan bola juga akan jadi lebih stabil.

"Desain baru memungkinkan bola mempertahankan kecepatannya lebih tinggi secara signifikan saat bergerak di udara. Kami membuat inovasi radikal dengan menciptakan bola Piala Dunia tercepat dan terakurat hingga saat ini," kata Franziska.

Baca Juga: Skandal Laser Mohamed Salah Iringi Kegagalan Mesir ke Piala Dunia

2. Fitur dan desain dari Al Rihla

Adidas Luncurkan Al Rihla, Bola untuk Piala Dunia 2022Al Rihla, bola untuk Piala Dunia 2022. (Dok. Adidas)

Dalam keterangan resminya, Adidas menjabarkan fitur dan desain dari Al Rihla. Dirancang secara kohesif, menggunakan data dari pengujian ketat di laboratorium Adidas, Al Rihla memberikan tingkat akurasi dan keandalan tertinggi di lapangan.

Ada dua fitur yang membuat akurasi tinggi tercapai, yakni CTR-Core, bagian inti bola yang didesain untuk meningkatkan akurasi dan konsistensi, mendukung permainan yang cepat dan tepat dengan retensi bentuk dan udara yang maksimum.

Lalu, ada juga Speedsheel, kulit polyurethane (PU) pada bola yang memiliki tekstur mikro dan makro, dengan fitur aerodinamika untuk meningkatkan akurasi, stabilitas, serta tembakan yang tajam.

Al Rihla adalah bola Piala Dunia pertama yang dibuat hanya dengan menggunakan tinta dan lem berbahan dasar air. Warna dan grafis yang cerah pada kulit bola yang berpendar seperti mutiara, mencerminkan kecepatan permainan yang terus meningkat.

3. Al Rihla akan diluncurkan di Qatar

Adidas Luncurkan Al Rihla, Bola untuk Piala Dunia 2022Al Rihla, bola untuk Piala Dunia 2022. (Dok. Adidas)

Dalam keterangan resminya juga, Adidas menyebut Al Rihla akan diluncurkan di Qatar. Nantinya, bola ini akan disumbangkan ke Challenge FC, tim wanita pertama yang menjuarai liga sepak bola wanita di Arab Saudi.

Al Rihla juga akan diarak keliling dunia, sebelum dipakai di ajang Piala Dunia 2022. Bola ini juga akan jadi sebentuk kontribusi Adidas, karena satu persen dari penjualannya akan disumbangkan untuk gerakan Common Goal.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya