Adu Balap Leicester City, Chelsea, dan Liverpool Menuju Empat Besar

Ketiganya akan berebut tiket ke Liga Champions

Jakarta, IDN Times - Sama seperti kompetisi Eropa lainnya, ajang Premier League atau Liga Inggris 2020/21 juga akan memasuki pekan terakhir pada Minggu (23/5/2021). Masih ada satu tiket yang akan diperebutkan Chelsea, Leicester City, dan Liverpool.

Setelah gelar juara Premier League dan tim yang akan terdegradasi dari Premier League ditentukan, kini, ada satu pos yang masih diperebutkan hingga akhir musim. Pos tersebut adalah posisi empat besar, atau zona Liga Champions.

Nah, setelah duo Manchester, yakni City dan United, memastikan satu tiket ke Liga Champions musim depan, sekarang ada Chelsea, Leicester, dan Liverpool yang akan memperebutkan dua tiket sisa ke Liga Champions. Berikut prediksi yang bisa terjadi.

1. Chelsea ke Liga Champions jika...

Adu Balap Leicester City, Chelsea, dan Liverpool Menuju Empat BesarPesepak bola Chelsea Marcos Alonso (kedua kanan menendang bola ke gawang Burnley dan berhasil mencetak gol untuk tim nya dalam laga lanjutan Liga Inggris, di Stadion Stamford Bridge, London, Inggris, Minggu (31/1/2021). Chelsea berhasil mengalahkan Burnley 2-0. ANTARA FOTO/Pool via Reuters-Julian Finney

Selepas kemenangan atas Leicester, posisi Chelsea setidaknya lebih unggul dibandingkan Liverpool dan Leicester. Kemenangan atas Aston Villa di laga pamungkas sudah pasti akan mengantarkan mereka ke Liga Champions musim depan.

Meski nanti Chelsea meraih hasil imbang, mereka tetap bisa ke Liga Champions, bahkan jika Liverpool dan Leicester menang. Khusus buat Leicester, jika Chelsea kalah dan mereka menang, setidaknya mereka harus menang dengan selisih tiga angka atas Tottenham Hotspur.

Jika Chelsea kalah, mereka tetap bisa lolos ke Liga Champions, asalkan Leicester tidak menang atas Tottenham atau Liverpool kalah dari Crystal Palace di pekan pamungkas.

Baca Juga: Resmi! Final Liga Champions 2020/21 Digelar di Portugal

2. Liverpool ke Liga Champions jika...

Adu Balap Leicester City, Chelsea, dan Liverpool Menuju Empat BesarPesepak bola Liverpool Jordan Henderson (kiri), Trent Alexander-Arnold (kedua kanan), dan Thiago Alcantara (kanan) terlihat kecewa setelah pertandingan usai meawan Brighton & Hove Albion dalam laga lanjutan Liga Inggris, di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Rabu (3/2/2021. Brighton & Hove Albion berhasil mengalahkan Liverpool 1-0 lewat gol yang dicetak oleh Steven Alzate. ANTARA FOTO/Pool via Reuters-Phil Noble

Mental Liverpool ternyata masih belum keok. Setelah sempat terdampar ke luar posisi empat besar, perlahan mereka merangkak naik dan sekarang mampu bersaing dengan Leicester dan Chelsea mengunci posisi di zona Liga Champions.

Tentu, Liverpool harus menang di laga pamungkas atas Palace agar bisa lolos. Imbang pun mereka tetap bisa lolos, asal Leicester gagal menundukkan Tottenham atau bermain imbang dengan Tottenham. Kendati punya poin sama, Liverpool unggul selisih gol atas Leicester.

Nah, jika kalah, Liverpool juga harus berharap Leicester tumbang di tangan Tottenham. Dengan syarat, Liverpool tidak kalah dengan selisih empat angka lebih dari Palace. Itu semata agar keunggulan selisih gol Liverpool tetap terjaga.

3. Leicester City ke Liga Champions jika...

Adu Balap Leicester City, Chelsea, dan Liverpool Menuju Empat Besarpremierleague.com

Kekalahan dari Chelsea membuat posisi Leicester serba sulit saat ini. Meski menang, mereka masih harus berharap Chelsea dan Liverpool tumbang dari lawan-lawannya agar bisa lolos ke Liga Champions musim depan.

Situasi akan jadi sulit jika di saat yang bersamaan, Leicester menang, tetapi mereka menang dengan selisih kurang dari empat angka atas Tottenham. Jika imbang dengan Tottenham, Leicester tetap bisa lolos, asal Liverpool kalah dari Palace.

Kalah sudah pasti bukan pilihan untuk Leicester City, karena mereka akan gagal mengejar raihan poin Liverpool dan Chelsea. Namun, mereka juga menghadapi Tottenham Hotspur, lawan yang notabene tidak mudah untuk mereka.

Baca Juga: Sultan Bebas, ManCity Bayarin Ribuan Fans Nonton Final Liga Champions

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya