Comscore Tracker

Aduh, Bali United dan Persipura Batal Tampil di AFC Cup 2021

AFC membatalkan laga Grup G, H, dan I

Jakarta, IDN Times - Bali United dan Persipura Jayapura, dua perwakilan Indonesia, dipastikan batal berlaga di AFC Cup 2021. Hal itu diketahui setelah AFC membatalkan penyelenggaraan laga fase grup zona ASEAN, yang terdiri dari Grup G, H, dan I.

Dilansir dari situs resminya, pembatalan ini dilakukan AFC lantaran status kahar (force majeure). AFC tidak bisa menemukan negara yang bisa menjadi tuan rumah terpusat laga Grup G, H, dan I, seiring meningkatnya kasus COVID-19 di kawasan Asia Tenggara.

"AFC mengonfirmasi laga-laga zona ASEAN, yang meliputi Grup G, H, dan I, dan play-off, dibatalkan seiring meningkatnya kasus COVID-19. Kami juga sulit menemukan negara yang bisa menjadi tuan rumah," tulis pernyataan resmi AFC.

Baca Juga: [BREAKING] Persipura Lepas Legendanya Boaz Solossa

1. Laga-laga AFC Cup 2021 di zona lain tetap berjalan

Aduh, Bali United dan Persipura Batal Tampil di AFC Cup 2021the-afc.com

Sementara itu, laga-laga fase grup AFC Cup 2021 di zona lain, seperti di Asia Barat, Asia Tengah, maupun Asia Timur, sudah rampung terlaksana. Mereka tinggal menunggu jadwal berlaga di fase gugur.

Sedangkan untuk zona Asia Selatan, baru akan digelar pada pertengahan Agustus 2021. AFC sebelumnya memang menegaskan AFC Cup 2021 akan terus berjalan sampai partai final yang dihelat 5 November 2021 mendatang.

2. AFC Cup 2021 berpotensi lanjut tanpa Bali United dan Persipura

Aduh, Bali United dan Persipura Batal Tampil di AFC Cup 2021Liga-Indonesia.id

Sebelumnya, AFC memang sudah menyebut kompetisi kasta kedua antar klub Benua Kuning itu berpotensi dilanjutkan tanpa kehadiran perwakilan Asia Tenggara, termasuk Bali United dan Persipura. Hal itu dikarenakan pandemik COVID-19 yang masih ganas di Asia Tenggara.

"Diputuskan kompetisi harus dilanjutkan dengan sebanyak mungkin laga dari fase grup yang telah berlangsung. Kemudian, pertandingan yang tidak dapat digelar lantaran peningkatan kasus COVID-19 akan dibatalkan dan dinyatakan sebagai keadaan kahar (force majeure)," tulis AFC di situs resminya.

3. Bali United dan Persipura dijadwalkan main akhir Juni

Aduh, Bali United dan Persipura Batal Tampil di AFC Cup 2021Liga-Indonesia.id

Sebelumnya, Bali United dan Persipura selaku wakil Indonesia di AFC Cup 2021 dijadwalkan akan bertanding di fase grup pada 29 Juni sampai 6 Juli 2021. Namun, laga tak kunjung bergulir karena tidak ada negara yang siap jadi tuan rumah.

Singapura sempat ditunjuk AFC untuk menjadi tuan rumah fase grup zona ASEAN AFC Cup 2021. Namun, mereka menolak lantaran peningkatan kasus COVID-19 di Singapura. PSSI sempat menawarkan kepada Bali United dan Persipura jadi ruan rumah, tetapi belum ada kelanjutan dari tawaran tersebut.

Baca Juga: Aksi Brutal Bek Bali United Pukul Lawan di Laga Uji Coba

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya