Comscore Tracker

Akankah Ferran Torres Jadi Pengganti Sepadan Sergio Aguero?

Ferran Torres punya potensi

Jakarta, IDN Times - Hasil apik didapatkan oleh Manchester City dalam laga pekan 36 Liga Inggris 2020/21. Menghadapi Newcastle United di St. James Park, Sabtu (15/5/2021) dini hari, mereka menang dengan skor 4-3. Ferran Torres tampil ciamik di laga ini.

Sebenarnya, Newcastle mampu memberikan perlawanan apik buat City di pertandingan ini. Tiga gol mampu mereka cetak ke gawang City lewat Emil Krafth, Joelinton, dan Joe Willock. Namun, pada akhirnya City tetap keluar sebagai pemenang.

Ferran Torres keluar sebagai pahlawan City di pertandingan ini lewat hat-trick yang ia lesakkan. Torehan hat-trick ini pun jadi yang perdana bagi sosok asal Spanyol itu setelah ia direkrut oleh City pada awal musim 2020/21 silam.

Catatan apik Torres ini juga memunculkan sebuah harapan baru, bahwa ia kelak bisa jadi pengganti Sergio Aguero. Aguero sendiri sudah dipastikan tidak akan berseragam City lagi musim depan, setelah kontraknya bersama City habis.

Apakah memang Torres sudah pantas disebut sebagai pengganti Aguero? Mari kita telisik lebih dalam.

1. Torres punya insting mencetak gol yang baik

Akankah Ferran Torres Jadi Pengganti Sepadan Sergio Aguero?Pemain Manchester City Ferran Torres (kanan) membobol gawang Newcastle United pada pertandingan Liga Premier di Stadion St James Park, Newcastle, Inggris, Jumat (14/5/2021) waktu setempat. Hat-trick Ferrran Torres bawa The Citizens menang 4-3 atas tuan rumah Newscastle United. ANTARA FOTO/Stu Forster/Pool via REUTERS

Sebagai pemain depan di tim sebesar City, Torres tentu diberi tuntutan yang sama seperti pemain depan City lainnya. Selain harus bisa menciptakan peluang buat diri sendiri dan kawan, ia juga harus memiliki insting mencetak gol yang baik. Aguero sudah membuktikan itu selama berkostum City.

Sejauh ini, Aguero sudah mencetak 258 gol dari 388 penampilannya bersama City di semua kompetisi. Nah, bicara Ferran Torres, apakah ia memiliki insting gol yang sama seperti Aguero?

Memang, Torres saat ini baru mencetak 13 gol untuk City di semua ajang, masih kalah dari Ilkay Guendogan yang menorehkan 16 gol, serta dari Phil Foden, Raheem Sterling, dan Riyad Mahrez yang sudah mencetak 14 gol.

Namun, manajer City, Pep Guardiola, mengungkapkan bahwa Torres memiliki insting mencetak gol yang baik. Dengan usia yang masih muda, yakni 21 tahun, Guardiola yakin Torres bisa jadi penyerang yang menakutkan di masa depan.

"Musim pertamanya di Premier League ini berjalan luar biasa. Saya melihat ia (Torres) begitu klinis. Mungkin, ke depannya saya akan coba banyak memainkannya sebagai penyerang tengah," ujar Guardiola, dilansir BBC.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Pernah Dilatih oleh Jurgen Klopp dan Pep Guardiola

2. Perbandingan Torres dengan para pemain City yang lain

Akankah Ferran Torres Jadi Pengganti Sepadan Sergio Aguero?forbes.com

Sejak melatih City di musim 2016/17, Guardiola senang dengan pakem false nine. Pakem ini masih ia gunakan musim ini, dan beberapa pemain City sudah menjalankan peran tersebut, tak terkecuali Torres.

Nah, di antara pemain-pemain City lain yang berperan sebagai false nine, macam Foden, Sterling, Mahrez, Gabriel Jesus, Guendogan, dan Kevin De Bruyne, Torres memiliki torehan paling gemilang. BBC mencatat, persentase akurasi tembakan Torres jadi yang tertinggi.

Torres mampu menorehkan persentase akurasi tembakan sebesar 60%. Persentase apik ini diikuti oleh persentase konversi tendangan jadi gol-nya yang juga tinggi, yakni 28%. Dari persentase tersebut, Torres mampu mencetak tujuh gol buat City di Premier League

Catatan ini tak luput dari pandangan Guardiola. Ia semakin yakin akan potensi Torres saat City berhadapan dengan Crystal Palace di Premier League, 1 Mei silam. Di laga itu, Guardiola melihat Torres punya potensi jadi penyerang tajam City.

"Ferran (Torres) sudah mencetak banyak gol, namun hari ini (lawan Palace) adalah pertama kalinya saya melihat ia mampu berhadapan dengan permainan fisik khas Premier League. Ia sudah menjadi pria dewasa, dengan ketangguhan yang ia perlihatkan ini," ujar Guardiola.

3. Respons Torres disebut-sebut sebagai calon pengganti Aguero

Akankah Ferran Torres Jadi Pengganti Sepadan Sergio Aguero?skysports.com

Digadang-gadang sebagai pengganti Aguero agaknya tidak membuat Torres besar kepala. Ia mengungkapkan, banyak pelajaran yang ia dapat ketika membela City, termasuk kenikmatan bermain di posisi berbeda-beda di lini serang. Itu membuatnya berkembang.

"Memang, saya biasa bermain sebagai winger kanan. Namun, saya belajar bahwa di musim ini, ternyata saya nyaman juga bermain di banyak posisi berbeda di lini depan. Saya juga enak bermain dengan peran "false nine", dan saya mampu bikin tiga gol," ujar Torres.

Guardiola memang akan merasakan kehilangan besar seiring hengkangnya Sergio Aguero dari City musim depan. Namun, gemilangnya penampilan Ferran Torres ini setidaknya membuat eks pelatih Bayern Muenchen itu tidak perlu mencari pengganti Aguero dari klub lain.

Baca Juga: 5 Klub Inggris yang Paling Sering Dibobol Sergio Aguero, Tajam!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya