Comscore Tracker

Akhirnya! Suporter Arsenal Bisa Nonton Langsung di Stadion 

Ada 2 ribu suporter hadir di Emirates

Jakarta, IDN Times - Penantian itu akhirnya usai sudah. Dalam laga Arsenal vs Rapid Wina, suara dukungan suporter sudah tidak lagi menggunakan pengeras suara, melainkan langsung berasal dari suporter yang datang ke stadion.

Setidaknya ada dua ribu orang menyaksikan langsung laga yang dihelat di Emirates Stadium, Jumat (4/12/2020) dini hari. Cukup mengesankan, sebab sudah sembilan bulan suporter di Inggris tidak diperbolehkan menonton langsung di stadion.

1. Sesuai kebijakan pemerintah Inggris

Akhirnya! Suporter Arsenal Bisa Nonton Langsung di Stadion manutd.com

Diperbolehkannya suporter datang ke stadion ini memang sudah sesuai dengan kebijakan pemerintah Inggris. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengumumkan mulai 2 Desember, kebijakan lockdown yang diterapkan pemerintah Inggris selesai dilakukan.

Dengan begitu, pertandingan olahraga di Inggris, baik di dalam maupun luar ruangan, bisa dihadiri penonton. Meski begitu, pembatasan jumlah penonton tetap diterapkan oleh pemerintah Inggris, didasarkan pada situasi perkembangan kasus COVID-19 di setiap daerah di Inggris.

Baca Juga: Performa Jeblok, 5 Pelatih yang Tepat Gantikan Mikel Arteta di Arsenal

2. London masuk klasifikasi wilayah Tier 2

Akhirnya! Suporter Arsenal Bisa Nonton Langsung di Stadion Emirates Stadium. (Twitter.com/Arsenal)

Menyoal pembatasan jumlah penonton, pemerintah Inggris mengacu pada tiga klasifikasi wilayah, yakni Tier 1, Tier 2, dan Tier 3.

Pada wilayah Tier 1, jumlah penonton yang boleh hadir maksimal 4 ribu orang. Sedangkan, Tier 2, penonton yang diperkenankan hadir maksimal 2 ribu orang. Untuk Tier 3, acara olahraga masih akan dilaksanakan tanpa kehadiran penonton.

London, tempat Arsenal berkandang, masuk ke dalam wilayah Tier 2. Itu berarti, penonton yang diperbolehkan hadir di stadion berjumlah 2 ribu orang. Jumlah ini sudah sesuai dengan jumlah penonton yang hadir di Emirates pada laga Arsenal vs Rapid Wina ini.

3. Jadi dukungan moral buat pemain

Akhirnya! Suporter Arsenal Bisa Nonton Langsung di Stadion Arsenal di Liga Europa. (Twitter.com/Arsenal)

Kehadiran suporter secara langsung di stadion ternyata jadi dukungan moral tersendiri buat para pemain Arsenal. Di laga itu, mereka berhasil menggebuk Rapid WIna dengan skor telak 4-1, sekaligus memastikan diri lolos ke babak 2 besar Liga Europa sebagai pemuncak Grup B.

Selain itu, kehadiran suporter juga menghadirkan teror bagi para pemain Rapid Wina. Beberapa kali, mereka meneriaki para pemain Rapid Wina yang sedang membawa bola, sembari tentunya memberikan dukungan buat para pemain Arsenal.

Baca Juga: Per 2 Desember, Suporter Liga Inggris Boleh Menonton ke Stadion

Topic:

  • Sandy Firdaus
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya