Aksi Brutal Bek Bali United Pukul Lawan di Laga Uji Coba

Uji coba jadi ajang adu jotos

Jakarta, IDN Times - Laga uji coba yang sejatinya berlangsung santai, justru berjalan sedikit berbeda di Indonesia. Salah satunya tampak dalam laga uji coba yang berlangsung antara Bali United dan Persis Solo, Rabu (16/6/2021) sore tadi WIB.

Pertandingan itu yang digelar di Stadion Manahan tersebut dimenangkan oleh Bali United dengan skor 2-1. Fahmi Al-Ayyubi dan Ilija Spasojevic jadi pencetak gol kemenangan Bali United di laga itu, dan Persis hanya membalas sekali lewat Rivaldi Bawuo.

Namun, bukan hal itu yang jadi titik fokus laga. Salah satu momen yang menarik perhatian terjadi di tengah laga, ketika pemain senior Bali United, Leonard Tupamahu, kedapatan memukul kepala Delvin Rumbino.

Baca Juga: Promosi dan Degradasi Akhirnya Diberlakukan di Liga 1 dan Liga 2 

1. Delvin jadi korban jotos Leonard

Insiden yang melibatkan Leonard dan Delvin ini terjadi pada babak pertama. Saat itu, Persis tengah menggempur lini pertahanan Bali United. Delvin, yang notabene merupakan pemain depan, berusaha merangsek masuk kotak penalti setelah mendapatkan umpan lambung dari rekannya.

Ketika itu, Leonard yang kedapatan tengah menjaganya. Nahas, Delvin yang berusaha lepas dari pengawalan Leonard justru mendapatkan pukulan dari Leonard dari belakang. Wasit yang melihat kejadian tersebut hanya memberikan kartu kuning untuk Leonard.

Beruntung, pemain Persis tidak terpancing emosi sehingga pertandingan tetap berjalan. Namun, secara keseluruhan, laga memang berlangsung keras dan ketat, kendati hanya berstatus sebagai laga uji coba.

2. Persita vs Persipura sempat ribut pula

Aksi Brutal Bek Bali United Pukul Lawan di Laga Uji CobaPersipura berlatih. (Dok. Media Persipura)

Sebelumnya, insiden ricuh juga terjadi dalam laga uji coba yang melibatkan Persita Tangerang dan Persipura Jayapura, Minggu (13/6/2021) lalu. Bahkan, laga sampai dihentikan pada menit 70 karena pertikaian antar pemain kedua tim semakin panas.

Merespons hal ini, Jacksen F. Tiago berkomentar dalam akun YouTube Persipura, pertikaian yang terjadi di laga lawan Persita itu adalah hal yang memalukan. Lebih lanjut, dia juga berharap para pemainnya mampu menahan emosi saat main di Piala AFC kelak.

"Saya sampaikan secara pribadi, bukan bagian dari Persipura. Saya sangat kecewa. Karena, seandainya kami melakukan hal yang sama di kompetisi AFC, bisa terkena diskualifikasi seumur hidup," ujar Jacksen.

https://www.youtube.com/embed/i_B8W29T1tk

3. Pelanggaran keras pemain Tira-Persikabo

Aksi Brutal Bek Bali United Pukul Lawan di Laga Uji CobaLaga uji coba Persib Bandung. (persib.co.id)

Sebelumnya, di laga uji coba Tira-Persikabo melawan Persib Bandung, sempat juga terjadi pelanggaran keras yang dilakukan Gilang Ginarsa kepada pemain Persib, Frets Butuan. Akibat pelanggaran itu, Frets sempat terkapar di atas lapangan.

Gilang akhirnya meminta maaf atas pelanggaran yang dilakukannya terhadap Frets ini. Dia tidak melihat Frets yang berlari ke arah bola, sehingga tidak sadar ketika kakinya tahu-tahu sudah mengenai kepala Frets.

"Jadi, ketika Frets masuk, posisi kaki saya sudah di atas dan akhirnya kaki saya menabrak dia. Dari lubuk hati yang paling dalam, saya mohon maaf atas kejadian tadi di pertandingan. Saya tidak ada niat untuk mencederai," ujar Gilang.

Dari mulai laga uji coba Bali United vs Persis, hingga Tira-Persikabo lawan Persib ini, menyadarkan kita, masih ada yang perlu dievaluasi dari sepak bola nasional. Semestinya, laga uji coba tidak menjadi ajang adu jotos macam itu.

Baca Juga: LIB Bakal Adakan Pertemuan Lanjutan dengan Klub Liga 1 dan Liga 2

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya