Aliou Cisse, Sukses Jadi Pelatih dan Pemain di Piala Dunia

Dulu pemain, kini sebagai pelatih

Jakarta, IDN Times - Jarang ada sosok yang bisa sukses sebagai pelatih dan pemain di Piala Dunia. Pengecualian bagi Franz Beckenbauer serta Didier Deschamps yang sukses antarkan Jerman serta Prancis juara Piala Dunia dalam dua peran tersebut.

Sisanya, belum tentu bisa sukses. Mungkin ada, tapi belum menjadi juara dunia dan itu sedang diukir oleh Aliou Cisse bersama Senegal. 

Cisse berhasil membawa Senegal lolos babak 16 besar Piala Dunia 2022. Usai kalah dari Belanda di laga perdana, mereka bangkit dan lolos ke fase gugur usai menumbangkan tuan rumah Qatar dan Ekuador.

Kelolosan Senegal ke babak 16 besar ini menjawab keraguan, sekaligus menghadirkan catatan tersendiri bagi Aliou Cisse.

1. Cisse sukses sebagai pelatih dan pemain

Aliou Cisse, Sukses Jadi Pelatih dan Pemain di Piala DuniaAliou Cisse (twitter.com/cbssportsgolazo)

Pada Piala Dunia 2002, Aliou Cisse selaku kapten tim memimpin skuad Senegal yang dihuni Papa Bouba Diop, El Hadji Diouf, dan Salif Diao. Kala itu, mereka sukses menembus babak 16 besar.

Tidak cuma sampai 16 besar, Senegal mampu melaju hingga perempat final kala itu. Sayang, mereka gagal ke semifinal usai ditumbangkan Turki. Sekarang, Cisse berupaya untuk mengulang capaian itu sebagai pelatih.

Cisse pun jadi orang Senegal pertama yang mampu membawa Timnasnya melaju ke fase gugur Piala Dunia 2022, baik itu sebagai pemain dan pelatih. Kini, dia berpotensi membawa Kalidou Koulibaly dan kolega melangkah lebih jauh lagi.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Senegal Bekuk Ekuador di Piala Dunia 2022

2. Senegal nyatanya aman-aman saja tanpa Mane

Aliou Cisse, Sukses Jadi Pelatih dan Pemain di Piala DuniaTimnas Senegal jelang laga vs Ekuador di penyisihan Grup A Piala Dunia 2022 (Twitter.com/FIFAWorldCup)

Sempat ada kekhawatiran di Senegal, absennya Sadio Mane akan membawa efek buruk di tim. Apalagi, Mane adalah kunci di balik keberhasilan Senegal meraih gelar Piala Afrika 2021, plus melaju ke Piala Dunia 2022.

Akan tetapi, kekhawatiran itu malah tidak terbukti sekarang. Sepanjang laga fase grup Piala Dunia 2022, Senegal tetap tampil ciamik. Mereka mengandalkan kolektivitas, dan akhirnya tidak terpatok pada satu sosok semata.

Koulibaly, Ismaila Sarr, dan Idrissa Gueye sukses memimpin Senegal di ajang ini. Tak pelak, mereka pun berhasil mengunci satu tempat di fase gugur Piala Dunia 2022.

3. Pekerjaan berat menanti Aliou Cisse

Aliou Cisse, Sukses Jadi Pelatih dan Pemain di Piala DuniaAliou Cisse (twitter.com/FootballSenegal)

Kini, tugas di fase grup sudah tuntas. Senegal sudah ditunggu lawan selanjutnya di fase gugur. Tidak tanggung-tanggung, mereka akan bersua Inggris, negara di mana banyak pemain Senegal mencari nafkah.

Cisse pun dihadapkan pada tugas berat. Apalagi, Inggris datang dengan status juara grup, berbalut pemain-pemain mumpuni. Namun, dengan kekuatan yang dimiliki Senegal saat ini, kejutan 2002 berpotensi besar mereka ulangi.

Baca Juga: Ekuador Dapat Keajaiban Jelang Duel Hidup-Mati Lawan Senegal

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya